Bugar

Ada 5 Penyebab Telapak Kaki Sakit, Wasapada Penyakit yang Menyertai

Ada 5 Penyebab Telapak Kaki Sakit, Wasapada Penyakit yang Menyertai

MOMSMONEY.ID. Intip penyebab telapak kaki sakit dan penyakit terkait yang jarang diketahui. Kondisi telapak kaki yang sehat tentu akan berpengaruh pada produktivitas seseorang.

Telapak kaki merupakan bagian bawah kaki manusia yang menghubungkan bagian depan kaki (jari kaki) dengan bagian belakang kaki (tumit).

Penampilan telapak kaki yang tidak terlihat memiliki fungsi kompleks yang terdiri dari jaringan otot, ligamen, tulang, dan kulit. Ini bekerja bersama untuk mendukung berbagai fungsi penting dalam bergerak, berdiri, dan menjalankan aktivitas sehari-hari.

Adanya Telapak kaki mendukung berat tubuh saat berdiri, berjalan, berlari, dan melakukan aktivitas lainnya. Tulang-tulang dan jaringan di dalam telapak kaki membantu menyeimbangkan beban tubuh dan mencegah tekanan yang berlebihan pada bagian-bagian tertentu.

Baca Juga: 5 Penyebab Utama Tangan Sering Kram yang Perlu Anda Waspadai

Jalan kaki pagi hari

Saat berjalan atau berlari, telapak kaki berfungsi sebagai penyerap guncangan. Struktur fleksibel di dalam telapak kaki, seperti lengkungan kaki dan lemak di bawah kulit, membantu meredam guncangan yang timbul akibat tubuh yang bergerak.

Nah, telapak kaki berkontribusi pada keseimbangan tubuh. Struktur lengkungan kaki membantu mempertahankan keseimbangan saat berdiri atau bergerak.

Namun, dari beberapa fungsi di atas, seseorang bisa saja mengalami gangguan yang bisa diakibatkan oleh beberapa faktor.

Alasan telapak kaki sakit

Berikut ini beberapa penyebab umum telapak kaki bisa terasa sakit.

  • Ketegangan Otot: Ketegangan otot pada telapak kaki bisa disebabkan oleh aktivitas fisik berlebihan, memakai sepatu yang tidak nyaman, atau postur tubuh yang buruk.
  • Kaki Rata atau Kaki Datar: Kondisi ini bisa menyebabkan tekanan yang tidak merata pada telapak kaki, menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan.
  • Ketidakseimbangan Otet Lutut: Kondisi ini bisa menyebabkan ketidakstabilan pada pergerakan kaki dan menyebabkan rasa sakit pada telapak kaki.
  • Pembengkakan atau Cedera: Cedera langsung, seperti memar atau keseleo pada telapak kaki, bisa menyebabkan rasa sakit.
  • Infeksi: Infeksi seperti kurap atau infeksi jamur pada kaki juga bisa menyebabkan rasa sakit dan gatal pada telapak kaki.
  • Penggunaan Sepatu yang Tidak Sesuai: Sepatu yang tidak nyaman atau tidak sesuai dengan bentuk kaki Anda bisa menyebabkan rasa sakit pada telapak kaki.
  • Stres Berlebihan: Aktivitas fisik yang intens atau jangka panjang bisa menyebabkan stres berlebihan pada kaki dan menyebabkan nyeri pada telapak kaki.

Nah, selain itu, ada penyakit yang menyertai rasa sakit pada telapak kaki yang patut diwaspadai.

Baca Juga: Wajib Tahu, Cek 7 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air dengan Benar

Penyakit terkait telapak kaki sakit

Simak penyakit terkait telapak kaki sakit saat berjalan dilansir dari Very Well Health.

1. Plantar fasciitis

Salah satu penyebab nyeri kaki yang paling umum adalah plantar fasciitis. Ini adalah peradangan pada jaringan yang disebut plantar fascia yang membentang dari tulang tumit ke pangkal jari kaki Anda.

Plantar fasciitis menyebabkan nyeri yang tajam dan menusuk di tumit dan/atau nyeri kaki di lengkungan. Gejala cenderung paling parah di pagi hari saat Anda pertama kali bangun dari tempat tidur.

Faktor risiko plantar fasciitis meliputi kondisi kaki rata atau lengkungan yang sangat tinggi hingga kelebihan berat badan atau mengalami obesitas.

2. Neuropati Perifer

Neuropati periferadalah rasa sakit yang disebabkan oleh kerusakan saraf yang terletak di luar otak dan sumsum tulang belakang (disebut saraf tepi). Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dan sensasi abnormal lainnya pada tangan dan kaki. 

Nyeri neuropati sering digambarkan sebagai kesemutan, terbakar, mengejutkan, atau menusuk. Rasa sakit sering memburuk dengan berjalan atau berdiri.

Kerusakan saraf tepi dari rasa sakit pada telapak kaki ini bisa berkaitan dengan gejala awal diabetes, penyalahgunaan alkohol, penyakit Lyme, hingga penyakit autoimun.

3. Neuroma

Neuroma adalah gumpalan sel saraf abnormal yang dapat terbentuk di antara jari kaki (biasanya setelah cedera). Gejalanya meliputi rasa sakit yang membakar di telapak kaki. Hal ini mungkin juga ada mati rasa dan kesemutan yang menjalar ke jari kaki Anda.

Neuroma bisa terasa seperti kerikil di sepatu Anda. Ini paling umum antara jari kaki kedua dan ketiga atau yang ketiga dan keempat.

Seseorang yang bisa saja mengalami Neuroma adalah salah satunya perempuan saat melahirkan.

4. Metatarsalgia

Metatarsalgia menggambarkan rasa sakit pada telapak kaki Anda di mana lima tulang metatarsal berada. Tulang panjang di kaki depan ini menghubungkan pergelangan kaki Anda ke kelima jari kaki Anda.

Metatarsal membantu membentuk lengkungan kaki, yang penting untuk aktivitas berjalan dan menahan beban.

Nyeri metatarsalgia sering digambarkan sebagai tajam, sakit, atau terbakar. Ini bisa memburuk saat Anda berdiri, berlari, berjalan, atau melenturkan kaki.

Metatarsalgia umum terjadi pada orang yang melakukan aktivitas berdampak tinggi, seperti berlari atau melompat.

5. Sesamoiditis

Sesamoiditis adalah peradangan pada dua tulang kecil yang terletak di bawah bantalan jempol kaki, yang disebut sesamoid. Tulang-tulang ini membantu menopang tendon yang melenturkan jari kaki ini.

Gejala sesamoiditis meliputi nyeri tumpul dan bengkak di pangkal jempol kaki. Fraktur stres dapat berkembang jika stres menahan beban yang berlebihan ditempatkan pada tulang-tulang ini.

Kapan penanganan harus dilakukan?

Saat telapak kaki kerap timbul rasa sakit hingga kehilangan sensasi atau sensasi abnormal seperti kesemutan atau terbakar, segera ke dokter spesialis.

Kondisi seperti perubahan bentuk atau deformitas kaki yang terlihat, tulang menonjol melalui kulit, luka robek parah yang menyebabkan pendarahan wajib Anda waspadai.

Tentu, langkah ini bisa menjadi awalan untuk mendeteksi penyakit lain yang terkait dengan rasa sakit pada telapak kaki.

Melalui informasi terkait penyebab telapak kaki sakit dan penyakit terkait lainnya yang perlu diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News