Santai

7 Fakta Soal GOAT Lionel Messi, Pemain Sepak Bola Terbaik, Cetak 97 Gol Selama Karir

7 Fakta Soal GOAT Lionel Messi, Pemain Sepak Bola Terbaik, Cetak 97 Gol Selama Karir

MOMSMONEY.ID - Setelah Argentina juara Piala Dunia 2022, Lionel Messi dapat julukan the GOAT. Sebuah julukan untuk atlet terbaik dunia, menurut banyak orang. 

GOAT merupakan singkatan dari Greatest of All Time. Istilah ini kerap digunakan sebagai gelar kehormatan bagi para atlet terbaik dunia di bidangnya.

Adalah petinju legendaris Muhammad Ali yang mempopulerkan FOAT saat kemenangannya melawan George Foreman di tahun 1974. 

Lionel Messi memberikan tujuh gol dan tiga assist di Piala Dunia 2022. Melansir laman FIFA, Lionel Messi juga banyak memecahkan rekor saat Argentina menjadi juara Piala Dunia untuk pertama kalinya setelah 36 tahun. 

Lionel Messi mencetak deretan rekor baru di Piala Dunia saat usinya 35 tahun. Kabar yang beredar, Piala Dunia 2022 juga akan jadi Piala Dunia terakhir baginya. 

Baca Juga: Waspada! Prakiraan Cuaca Ekstrem Hujan Lebat di Papua dan Papua Barat

Fakta lainnya soal Lionel Messi, The Goat, pemain sepak bola terbaik dunia 

1. Diego Maradona dan Lionel Messi sama-sama melakukan debut saat lawan Hungaria

Faktanya, saat melakukan debut di Piala Dunia, Maradona dan Messi sama-sama duduk di bangku cadangan. Namun akhirnya, mereka dimainkan oleh pelatih Argentina.

Maradona masuk ke lapangan di menit ke-62 melawan Hungaria. Sedangkan Lionel Messi masuk di menit ke-63 juga saat kontra Hungaria.

2. Gol pertama Lionel Messi di Piala Dunia Jerman 2006

Messi mencetak gol pertama saat bermain di Piala Dunia tahun 2006. Saat itu, dia membela Argentina melawan Serbia dan Montenegro.

Melansir situs FIFA, dalam 3 menit sejak masuk lapangan, Messi memberi umpan kepada Hernan Crespo untuk mencetak gol dan 10 menit kemudian dia membuat gol untuk menutup kemenangan 6-0. 

Faktanya, kemenangan Argentina atas Serbia dan Montenegro ini menjadi gabungan kemenangan terbesar Argentina di Piala Dunia. 

3. Lionel Messi masuk dalam daftar pencetak gol termuda di Piala Dunia

Lionel Messi mencetak gol pertamanya di Piala Dunia Jerman 2006 pada usia 18 tahun 358 hari. Hanya terpaut satu tahun saat Pele mencetak gol pertamanya di tahun 1958. Saat itu, Pele berusia 17 tahun 239 hari. 

4. Lionel Messi mencetak lima golazo terbaik

Faktanya, Lionel Messi telah mencetak lima golazi terbaik atau lima gol terindah dalam bahasa yang sering digunakan orang berdarah Amerika Latin. 

Lima golazo terbaik Lionel Messi terjadi di Copa America 2007, pertandingan persahabatan 2017, Piala Dunia Brasil, dan Piala Dunia 2018. 

5. Lionel Messi banyak meraih kejayaan

Lionel Messi mengantarkan Argentina juara di Piala Dunia FIFA U-20 dan Olimpiade. Setelah menjadi runner up tiga kali di Copa America dan satu kali Piala Dunia, Lionel Messi bisa meraih juara Copa America 2021 dan Piala Dunia 2022. 

6. Lionel Messi jadi pencetak gol terbanyak dalam satu tahun untuk Argentina

Lionel Messi mencetak 18 gol dalam 14 pertandingan di 2022. Dia juga mencetak 12 gol dalam 9 pertandingan di 2012. Rekor ini mengalahkan Gabriel Batistuta yang mencetak 12 gol dalam 12 pertandingan di tahun 1998. 

Baca Juga: Selamat Hari Ibu! 5 Cara Ibu Selalu Bahagia Saat Punya Anak Berkebutuhan Khusus

7. Lionel Messi masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Piala Dunia dan sepak bola internasional

Di Piala Dunia 2022, Lionel Messi tercatat telah mencetak 13 gol dalam 26 pertandingan. Namanya berada di urutan kelima setelah Miroslav Klose, Ronaldo, Gerd Muller, dan Just Fontaine. 

Di laga sepak bola internasional lainnya, Lionel Messi telah mencetak 97 gol dalam 172 pertandingan. Namanya berada di urutan ketiga setelah Cristiano Ronaldo dan Ali Daei. Adapun Cristiano Ronaldo telah mencetak 118 gol dalam 196 pertandingan. 

Demikian fakta soal Lionel Messi, The GOAT, pemaim sepak bola terbaik dunia menurut banyak orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News