Keluarga

6 Tanaman Hias Indoor Ini Bisa Menyerap Kandungan Berbahaya Asap Rokok lo

6 Tanaman Hias Indoor Ini Bisa Menyerap Kandungan Berbahaya Asap Rokok lo

MOMSMONEY.ID - Beberapa tanaman indoor bisa membantu Moms mendapatkan udara segar bebas racun asap rokok di dalam rumah.

Melansir Gardening Know How, ada sebuah penelitian yang menemukan, tanaman bisa menyerap kandungan nikotin dan racun lainnya dari asap rokok. Ini mengindikasikan, tanaman membuat udara di dalam rumah jadi lebih sehat. 

Dalam penelitian tersebut, peneliti menggunakan tanaman mint. Setelah dua jam, tanaman ini memiliki kadar nikotin yang tinggi. Tanaman tersebut menyerap nikotin melalui daun dan juga akarnya. 

Baca Juga: Terbilang Efektif, Inilah Makanan Penurun Gula Darah yang Layak Anda Coba

Ini artinya, Anda bisa menggunakan tanaman untuk menyerap racun dari asap rokok dan udara secara umum. Tangan mampu menjebak dan menahan nikotin di dalam tubuh mereka. 

Penelitian ini juga pernah dilakukan oleh NASA. Mereka melihat beberapa jenis tanaman apakah mampu menyerap bahan kimia seperti benzene, trichloroethylene, dan formaldehyde

Benzene adalah kandungan yang ada pada gas, tinta, minyak, plastik dan karet. Benzene bisa membuat kulit dan mata iritasi.

Sementara trichloroethylene merupakan bahan kimia yang digunakan untuk produk cat hingga perekat yang berbahaya bagi hati. 

Adapun formaldehyde adalah bahan kimia yang kerap ditemukan di dalam ruangan. Sumbernya adalah papan kayu, produk kertas dan tisu. 

Melansir FNP, ini 6 jenis tanaman hias indoor yang mampu menyerap racun dari asap rokok:

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Mengangkat Sel Kulit Mati dan Cara Membuatnya

Tanaman Karet Merah atau Karet Kebo

Salah satu kandungan utama yang dikeluarkan dari rokok adalah karbon monoksida. Nah, tanaman karet merah atau karet kebo ternyata bisa menyerap kandungan karbon monoksida sepenuhnya dan memberikan Anda udara yang bebas racun. 

Tanaman Laba-bala atau Lili Paris

Lili Paris
Tanaman mungil ini juga ternyata bisa menghilangkan 96% kandungan karbon monoksida dari udara. Cukup letakkan tanaman ini di rumah atau hadiahkan kepada teman dan saudara Anda yang merupakan perokok berat. 

Tanaman Lili Perdamaian

Bunga peace lily atau lili perdamaian
Tanaman hias indoor lainnya untuk menghilangkan racun dari udara adalah lili perdamaian. Daun hijau tanaman ini bisa menyerap racun berbahaya dari asap rokok juga menyerap benzene dan formaldehyde. 

Tanaman Bambu

Selain dianggap membawa keberuntungan, ternyata tanaman bambu bisa jadi tanaman indoor yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Ini adalah jenis tanaman hias yang paling sulit mati meski telah banyak menyerap racun dari asap rokok. 

Baca Juga: Ternyata, Ini Bagian yang Sering Lupa Dibersihkan pada Tumbler Starbucks Tahan Dingin

Chrysantemum

Selain bunganya bermanfaat menjadi minuman teh, ternyata Chrysantemum juga termasuk tanaman hias yang ampuh menyerap karbonmonoksida dan formaldehyde dai rokok. 

Tanaman Palem Kuning

Ini adalah salah satu tanaman hias paling baik diletakan di dalam maupun di luar rumah. Tanaman ini bisa menyerap kandungan formaldehyde dari asap rokok sehingga Anda bisa menghirup udara yang lebih segar. 

Tapi, terlalu banyak asap di ruangan yang kecil memberikan dampak yang buruk bagi tanaman Anda. Maka dari itu, ada baiknya merokok di luar ruangan untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga dan tanaman Anda.

Selanjutnya: Bukan Cuka atau Lemon, Ini Cara Terbaik untuk Membersihkan Panci Gosong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News