Santai

6 Rekomendasi Tanaman untuk Mandi yang Bantu Memulihkan Energi dan Relaksasi

6 Rekomendasi Tanaman untuk Mandi yang Bantu Memulihkan Energi dan Relaksasi

MOMSMONEY.ID - Ada beragam jenis tanaman yang memiliki manfaat. Salah satunya, tanaman untuk mandi. Ya, ada beberapa rekomendasi tanaman untuk mandi yang bantu memulihkan energi. 

Rekomendasi tanaman untuk mandi ini dapat Anda gunakan dan campurkan di air saat mandi. 

Tamanan untuk mandi berikut ini memiliki kandungan relaksasi sehingga akan menenangkan. 

Tanaman seperti kamomil, mint, atau lavendel disukai banyak orang karena berbagai alasan, terutama di pemandian dan air mancur.

Selain sifat tanaman yang menenangkan, merawatnya juga bisa menjadi terobosan besar bagi kesehatan mental Anda. Berfokus pada elemen alami selalu membantu Anda merasa lebih membumi dan terpusat.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Pot Terbaik untuk Bunga Mawar, Makin Terlihat Cantik

Mengutip Balcony Garden Web, berikut tanaman untuk mandi:

1. Papermint

Peppermint paling sering digunakan sebagai pereda stres. Menthol yang ada dalam daunnya dapat meredakan ketegangan otot, membantu meningkatkan kewaspadaan, dan melawan kelelahan.

Lain kali jika Anda menjalani hari yang melelahkan, potong daunnya dan masukkan ke dalam air panas. Gunakan air tersebut untuk mandi atau berendam sebentar. Aroma dan khasiat penyembuhannya akan membuat Anda langsung merasa lebih baik!

2. Chamomile

Dikenal karena sifat anti-kecemasannya, bunganya sangat cocok untuk membuat teh. Sering digunakan sebelum tidur, teh ini adalah obat tidur alami terbaik yang bisa Anda temukan.

Isi bak mandi dengan bunga kamomil, sedikit garam, dan air hangat – diamkan selama 15-20 menit. Berenang lama di air ini akan mengendurkan otot-otot Anda dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias untuk Kantor yang Membutuhkan Sedikit Perawatan, Cocok Jadi Dekorasi

3. Lavender

Lavender oil

Ramuan populer lainnya yang telah digunakan selama berabad-abad adalah Lavender. Aromanya digunakan dalam segala hal mulai dari sabun mandi cair hingga parfum dan disukai karena sifat anti-stresnya.

Hancurkan bunga Lavender kering dan rendam di dalam bak mandi. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak lavendel, kelapa, dan argan. Semua ini akan membantu Anda rileks sekaligus memberi Anda kulit lembut dan kenyal!

4. Melati

Dengan khasiat penyembuhan dan anti-stresnya yang ampuh, tanaman melati wajib dimiliki di sebagian besar rumah. Aroma bunga putihnya yang indah pasti akan membuat Anda mabuk!

Tambahkan bunga melati ke dalam bak mandi bersama dengan beberapa tetes minyak esensial melati dan minyak almond untuk pengalaman mandi yang menyegarkan.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Apa Saja?

5. Lidah Buaya

Dengan sifat anti-inflamasinya yang luar biasa, Aloe Vera adalah tambahan yang bagus untuk rumah mana pun. Tanaman yang sangat disukai ini terutama digunakan untuk tujuan penyembuhan. Ini juga memurnikan udara, membebaskan Anda dari beberapa penyebab stres.

Saat Anda mandi, rendam gel lidah buaya segar ke dalam handuk dan bungkus di lengan dan kaki Anda. Ini akan meredakan sengatan matahari dan juga membantu Anda melepas lelah dan rileks.

6. Mawar

Dikenal sebagai bunga cinta, bunga ini juga memiliki khasiat menenangkan. Aromanya yang aromatik menenangkan dan memulihkan pikiran seseorang.

Menanam tanaman Mawar Anda sendiri akan membantu Anda mendapatkan persediaan bunga segar secara teratur! Tambahkan kelopak bunga ke dalam air panas dan nikmati mandi santai dengan air mawar untuk merilekskan kulit dan tubuh Anda!

Nah, itulah beberapa rekomendasi tanaman untuk mandi yang dapat Anda gunakan. Coba dan rasakan sensasinya! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News