Bugar

6 Penyebab Mata Panda yang Harus Anda Tahu, Apa Saja?

6 Penyebab Mata Panda yang Harus Anda Tahu, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Mata panda bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Anda harus tahu beberapa penyebab mata panda yang mengganggu.

Mata panda ditandai dengan kantung mata yang tampak lebih gelap dari warna kulit wajah. Sehingga menyebabkan Anda terlihat  letih dan lebih tua dari usia sebenarnya.

Lebih jelasnya, berikut penyebab mata panda yang harus Anda tahu dikutip dari realfood.co.id, yaitu : 

Baca Juga: Kenali 4 Jenis Masker Mata yang Dapat Anda Coba

1. Faktor Usia

Penyebab mata panda pertama adalah faktor usia. Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi semakin tipis. Perlahan, kulit juga mulai kehilangan elestasitasnya. Saat kondisi ini terjadi, pembuluh darah di bawah mata akan semakin terlihat jelas sehingga muncul mata panda.

2. Genetik

Penyebab mata panda selanjutnya adalah faktor genetik. Mata panda juga bisa diturunkan dalam keluarga, misalnya dari orang tua ke anaknya. Selain itu, orang yang memiliki kulit lebih gelap juga lebih berisiko mengalami mata panda.

Baca Juga: 4 Manfaat Eye Mask untuk Kulit Area Mata, Wajib Tahu!

3. Kurang Tidur

Kemudian, kurang tidur bisa menjadi penyebab mata panda. Saat kurang tidur, darah tidak mampu mengalir dengan baik ke area sekitar mata.

Akibatnya, darah yang menumpuk di bawah mata dapat terlihat karena kulit di daerah ini sangat tipis. Selain mata panda, kurang tidur juga membuat mata tampak bengkak dan tampilan wajah menjadi kusam.

4. Kebiasaan Melihat Layar

Selain kurang tidur, kebiasaan melihat layar juga dapat menjadi penyebab mata panda. Menatap layar televisi, komputer, atau telepon genggam dalam waktu lama dapat mengakibatkan ketegangan pada mata.

Kondisi ini membuat pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata menjadi gelap.

Baca Juga: Cara Menambahkan Highlight Instagram Tanpa Muncul di IG Story, Intip Tipsnya

5. Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Penyebab mata panda berikutnya adalah kebiasaan merokok dan minum alkohol. Gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, juga dapat menyebabkan mata panda.

Efek mengonsumsi alkohol dan merokok, lama-kelamaan dapat membuat aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar sehingga lingkaran di sekitar mata pun terlihat lebih gelap menyerupai mata panda.

Selain itu, merokok juga dapat memicu kerusakan kolagen yang membuat kulit menjadi kendur dan lebih kusam.

6. Paparan Sinar Matahari

Penyebab mata panda lainnya adalah paparan sinar matahari. Karena dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen yang membuat kulit menjadi lebih gelap.

Paparan sinar matahari yang mengenai mata dapat menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

Jadi, itulah beberapa penyebab mata panda yang harus Anda tahu. Segera rawat kesehatan kulit mata dengan tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News