Keluarga

6 Manfaat Mengikuti Kelas Parenting untuk Para Orang Tua

6 Manfaat Mengikuti Kelas Parenting untuk Para Orang Tua

MOMSMONEY.ID - Inilah 6 manfaat mengikuti kelas parenting untuk para orang tua.

Kelas parenting atau parenting class bisa sangat bermanfaat bagi orang tua yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara membesarkan anak dengan efektif.

Berbagai gaya parenting, teknik komunikasi, keterampilan manajemen emosi, cara mengembangkan harga diri dan citra tubuh yang positif pada anak, alat dan teknik untuk menghadapi masa balita, fase remaja anak, hingga perilaku menantang anak sering dibahas dalam kelas parenting.

Sehingga, usai mengikuti kelas parenting, orang tua biasanya akan mengantongi banyak informasi yang berguna untuk membantu menciptakan lingkungan rumah yang positif serta sehat.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Anda, berikut MomsMoney paparkan 6 manfaat mengikuti kelas parenting untuk para orang tua sebagaimana dilansir dari Kosh Wellness dan Feeling Minds.

Baca Juga: Jangan Diabaikan! Ini Tanda-Tanda Anak Remaja Ingin Bunuh Diri

1. Membantu orang tua mengelola emosi dan stres

Sangat wajar jika orang tua merasa marah ketika anak-anak berperilaku buruk atau membuat pilihan yang salah.

Namun, menanggapi hal tersebut dengan kemarahan hanya akan membuat anak terpaku pada kemarahan Anda dan kemarahannya sendiri alih-alih belajar dari kesalahan.

Dengan mengikuti kelas parenting, itu dapat membantu orang tua untuk belajar bagaimana mengubah tanggapan mereka terhadap anak sehingga anak mampu belajar dan tumbuh dari pengalaman.

2. Membantu orang tua mengembangkan strategi pengasuhan berdasarkan usia anak

Ketika seorang anak tumbuh dan berkembang, orang tua dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kemampuan serta potensi yang dimiliki oleh anak.

Dan, selama proses ini berlangsung, orang tua harus mengadopsi strategi pengasuhan yang sesuai dengan usia anak guna mencegah harapan yang tidak masuk akal.

Nah, untuk membantu Anda merasa lebih siap dalam menghadapi semua transisi yang mungkin terjadi selama perkembangan anak, maka menghadiri kelas parenting layak untuk dipertimbangkan.

3. Membantu orang tua berkomunikasi dengan anak secara efektif

Hubungan saling percaya antara orang tua dan anak dibangun melalui komunikasi yang teratur dan jujur.

Melalui kelas parenting, orang tua akan dibantu dalam mengidentifikasi pola komunikasi yang negatif sekaligus mendapatkan bimbingan tentang kiat-kiat berkomunikasi dengan anak secara efektif.

Kelas parenting juga akan mengajarkan orang tua tentang bagaimana menggunakan terminologi yang benar ketika berbicara dengan anak serta bagaimana mengukur apakah sesuatu yang akan dikatakan kepada anak benar atau salah.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Didiskusikan Bersama Anak Saat Anak Pertama Kali Menstruasi

4. Membantu orang tua mengembangkan dinamika keluarga yang sehat dan bahagia

Meluangkan waktu untuk memahami diri sendiri merupakan bagian penting dari kelas parenting. Dengan mengikuti kelas parenting, orang tua akan belajar lebih banyak tentang kekuatan dan kelemahan sendiri serta bagaimana pengasuhan mereka berperan.

Mengikuti kelas parenting terutama bersama pasangan dapat mengajarkan bagaimana cara bekerja sama sebagai orang tua untuk meningkatkan kekuatan dan saling mendukung kelemahan satu sama lain.

Selain itu, kelas parenting juga dapat membantu meminimalkan kesalahan dalam proses mengasuh anak. Kelas ini akan memberikan orang tua kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk menjadi orang tua yang hebat bagi anak-anak.

Pada gilirannya, setiap pembelajaran yang diperoleh dari kelas parenting akan membantu menumbuhkan lingkungan yang sehat di rumah dan membesarkan generasi masa depan yang bahagia sekaligus sukses.

5. Membantu orang tua mengembangkan support system untuk anak

Kelas parenting sangat bisa membantu orang tua dalam memahami bagaimana mempersiapkan anak-anak sebelum memasuki dunia luar.

Saat anak memasuki masa remaja, mereka mungkin akan menghadapi berbagai masalah seperti tekanan teman sebaya dan intimidasi. Kemungkinan besar, anak pun akan mencari saran penanganan yang efektif dari orang tuanya untuk setiap permasalahan yang sedang mereka hadapi.

Pada akhirnya, orang tua harus berusaha untuk menciptakan ruang yang aman bagi anak untuk mendiskusikan masalah mereka tanpa takut dihakimi. Guna membantu Anda mengembangkan sistem pendukung yang sesuai dan dibutuhkan oleh anak, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mendaftarkan diri ke kelas parenting.

6. Membantu orang tua memahami psikologi anak

Program kelas parenting akan memandu orang tua dalam memahami psikologi anak dengan lebih baik.

Ini termasuk belajar memahami kekhawatiran emosional anak, kondisi mental, tekanan teman sebaya, kebutuhan sosial, prospek karir, dan masih banyak lagi.

Saat mengikuti kelas parenting secara teratur, bukan tidak mungkin jika Anda akan menguasai serangkaian keterampilan yang menjadikan Anda sebagai orang tua yang jauh lebih baik.

Demikian 6 manfaat mengikuti kelas parenting untuk para orang tua. Jadi, apakah Anda berminat untuk mengikuti kelas parenting mulai dari sekarang, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News