Santai

6 Cara Memperbaiki iPhone Terjebak dalam Mode Headphone

6 Cara Memperbaiki iPhone Terjebak dalam Mode Headphone

MOMSMONEY.ID - Berikut ini cara memperbaiki iPhone terjebak dalam mode headphone. 

Berurusan dengan iPhone yang terjebak dalam mode headphone bisa membuat frustasi, karena mencegah suara diputar melalui speaker. 

Padahal Anda sudah melepaskan headphone dari iPhone. Permasalahan iPhone terjebak dalam mode headphone ini tak jarang ditemui. 

Untungnya, tidak sulit untuk memperbaiki iPhone terjebak dalam mode headphone. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur StandBy Mode iOS 17 bagi Pengguna iPhone

Mengutip Make Use Of, berikut cara memperbaiki iPhone terjebak dalam mode headphone: 

1. Putuskan sambungan headphone Bluetooth Anda

IPhone Anda memungkinkan Anda memutuskan sambungan atau memutuskan pemasangan perangkat Bluetooth Anda, seperti headphone, melalui aplikasi Pengaturan.

Jika iPhone Anda tampaknya macet saat tersambung ke headphone Bluetooth, gunakan langkah-langkah berikut untuk memutuskan sambungannya:

- Buka aplikasi Pengaturan dan ketuk Bluetooth.

- Ketuk ikon Info (i) di sebelah headphone Bluetooth Anda.

- Pilih Putuskan. Alternatifnya, Anda dapat memilih opsi Lupakan Perangkat Ini untuk memutuskan sambungan headphone.

2. Pasang dan cabut headphone berkabel Anda

Headphone tenaga surya Adidas

Gangguan iOS sementara terkadang dapat mengacaukan mekanisme deteksi headphone iPhone Anda dan mencegahnya mendeteksi pelepasan headphone.

Jika ini hanya kesalahan satu kali, cukup mencolokkan dan mencabut headphone Anda akan membantu Anda memperbaiki masalah tersebut.

Colokkan headphone Anda ke port 3,5 mm atau Lightning iPhone, lalu putuskan sambungannya. 

Setelah itu, buka Pusat Kontrol di iPhone Anda dengan menggeser ke bawah dari pojok kanan atas (atau menggeser ke atas dari bawah jika Anda memiliki iPhone dengan tombol Beranda) dan periksa apakah ikon headphone masih muncul di penggeser volume.

Baca Juga: Kabar Terbaru! Apple Sedang Mengembangkan iPhone Lipat Mode Clamshell

3. Ubah keluaran audio

Saat mendengarkan musik atau menonton video, iPhone memungkinkan Anda memilih di antara perangkat output audio yang berbeda.

Buka Pusat Kontrol, lalu ketuk dan tahan ikon AirPlay di pojok kanan atas kartu pemutar musik. Pilih iPhone dari daftar untuk mengaturnya sebagai perangkat output audio.

4. Bersihkan port headphone

Akumulasi kotoran, debu, atau serat di dalam jack headphone 3,5 mm, Lightning, atau port USB-C iPhone Anda dapat menyebabkan perangkat salah mendeteksi headphone saat dicolokkan, meskipun sebenarnya tidak.

Periksa port pada iPhone Anda apakah ada kotoran. Jika Anda menemukannya, Anda harus membersihkannya.

Sebaiknya, matikan iPhone Anda sebelum memasukkan apa pun ke portnya untuk menghindari korsleting atau menimbulkan muatan listrik statis pada perangkat elektronik.

Setelah dimatikan, gunakan kapas atau klip kertas untuk menghilangkan kotoran atau kotoran dari port dengan lembut. Anda dapat merujuk ke panduan kami tentang membersihkan iPhone untuk bantuan lebih lanjut.

Baca Juga: 3 Cara Mematikan iPhone Tanpa Menggunakan Tombol, Bisa Pakai Tips Cepat Ini

5. Periksa kerusakan air

Jika Anda tidak dapat menemukan kotoran apa pun di porta, tetapi perangkat Anda masih terjebak dalam mode headphone, itu mungkin merupakan tanda iPhone rusak karena air. 

Hal ini dapat terjadi karena sesuatu yang jelas seperti menumpahkan kopi ke iPhone Anda atau hal yang tidak kentara seperti keringat yang menetes ke kabel headphone Anda.

Jika Anda tidak yakin, periksa Indikator Kontak Cairan (LCI) iPhone Anda untuk mengetahui lebih baik apakah iPhone mengalami kerusakan air atau tidak.

Buka baki kartu SIM dan cari stiker kecil di dalamnya. Warnanya biasanya putih atau perak, tetapi jika iPhone Anda terkena air, LCI akan tampak merah atau merah muda.

Jika iPhone Anda baru-baru ini mengalami kerusakan karena air, lebih baik bertindak cepat dan keluarkan air untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Hindari menggunakan nasi untuk mengeringkan iPhone Anda karena dapat memperburuk situasi dengan meninggalkan residu berbahaya atau semakin menghalangi port.

Sebagai gantinya, lihat panduan kami tentang cara menyelamatkan ponsel yang rusak karena air untuk mendapatkan petunjuk yang benar.

6. Instal Pembaruan iOS

Ada kemungkinan aneh iPhone Anda terjebak dalam mode headphone karena masalah perangkat lunak. Jika demikian, tidak perlu waktu lama bagi Apple untuk merilis perbaikan melalui pembaruan perangkat lunak.

Buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk memeriksa pembaruan baru. Jika ada pembaruan yang tersedia, unduh dan instal di iPhone Anda.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki iPhone terjebak dalam mode headphone. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News