Keluarga

5 Tips Sehat Hadapi Suhu Panas di Musim Kemarau

5 Tips Sehat Hadapi Suhu Panas di Musim Kemarau

MOMSMONEY.ID - Negara-negara Asia sedang menghadapi gelombang panas ekstrem, yang memicu beberapa negara memiliki suhu mencapai 50° Celcius. Beruntungnya, Indonesia tak sampai menghadapi gelombang panas ekstrem.

Meski begitu, suhu Indonesia akhir-akhir ini sedang sangat panas-panasnya. Melansir Kompas, BMKG mengungkapkan bahwa suhu panas di Indonesia bukan disebabkan oleh gelombang panas, melainkan karena gerak semu matahari.

Bagi Anda yang tak kuat menahan rasa panas akibat suhu ekstrem dari gerak semu matahari maupun akibat dari gelombang panas, berikut MomsMoney hadirkan sederet tips sehat hadapi cuaca panas, dilansir dari Lifebuoy dan Healthline.

Hindari matahari langsung

Tips sehat hadapi suhu panas adalah dengan menghindari matahari langsung. Gelombang panas dari matahari punya banyak bahaya bagi tubuh.

Selain dapat membuat kepala jadi pusing, panasnya matahari dapat merusak kulit jika terpapar langsung. Sinar UV yang terpancar pun memiliki dampak kanker jika terus menerus terpapar.

Baca Juga: Hadapi Cuaca Panas Ekstrem, Begini Cara Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC

Maka dari itu, sebisa mungkin menghindari aktivitas di luar ruangan. Namun jika tak memungkinkan, cobalah beberapa cara berikut:

  • Pakai tabir surya minimal SPF 30 ke atas
  • Gunakan topi
  • Gunakan payung
  • Gunakan baju lengan panjang
  • Gunakan kacamata dan masker kain (bukan masker medis) jika diperlukan

Minum air putih

Minum air putih melepas dahaga puasa

Untuk hadapi suhu panas di musim kemarau, Anda harus memperbanyak minum air putih. Sebab jika tidak, Anda akan mengalami dehidrasi yang ditandai dengan pusing dan lemas.

Minumlah minimal 8 gelas air dalam sehari agar cairan dalam tubuh tak berkurang akibat keringat berlebih.

Utamakan air mineral dan hindari minuman manis seperti soda, cola, soft drink, dan sebagainya untuk menghindari diabetes ataupun obesitas.

Makan makanan bergizi

Gizi yang baik dan terpenuhi merupakan sederet tips penting yang bisa Anda persiapkan untuk hadapi suhu dan gelombang panas di musim kemarau.

Tubuh memerlukan sayuran dan buah-buahan yang mengandung air agar tubuh dan kulit tak mengalami kekeringan.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Cuaca Panas, Cocok Menambah Kesejukan Ruangan

Mandi air dingin

INDIA-WEATHER/HEATWAVE

Meski cara yang satu ini cukup kuno, namun nyatanya mandi air dingin sangat efektif untuk bisa hadapi suhu panas maupun gelombang panas yang hadir setiap musim kemarau.

Cobalah luangkan waktu untuk berendm air dingin untuk bisa mendinginkan suhu tubuh dan kepala yang sudah “mendidih”.

Anda juga bisa mencoba sederet cara lainnya seperti kompres dingin, handuk basah, merendam kaki menggunakan air dingin, hingga mandi es. Cara-cara ini sangat direkomendasikan oleh WHO dalam mengatasi suhu panas ekstrem.

Baca Juga: Indeks UV Belakangan pada Kategori Very High dan Extreme, Simak Imbauan BMKG

Tidur cukup

Meski sebagian orang kesulitan tidur saat cuaca sedang panas-panasnya, namun disarankan untuk tidur selama 8 jam sehari.

Hadapi suhu panas dengan tidur yang cukup dapat memberi tubuh waktu beristirahat agar stamina kembali & tubuh jadi merasa segar bugar di keesokan harinya.

Itulah sederet tips sehat hadapi suhu panas dan gelombang panas di musim kemarau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News