Keluarga

5 Tips Makeup Flawless Tanpa Foundation, Ternyata Sederhana!

5 Tips Makeup Flawless Tanpa Foundation, Ternyata Sederhana!

MOMSMONEY.ID - Mau wajah terlihat mulus tapi malas pakai foundation? Ikuti 5 tips makeup flawless tanpa foundation ini ya.

Foundation atau alas bedak termasuk produk makeup holy grail berkat kemampuannya dalam menutupi imperfection wajah secara instan.

Kendati ampuh untuk menutupi segala noda pada wajah dalam waktu sekejap, faktanya foundation memiliki formula yang berat dan kurang ramah untuk kulit jika digunakan terus-menerus.

Namun tak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa tampil flawless meski tidak menggunakan foundation. Bagaimana caranya? Berikut 5 tips makeup flawless tanpa foundation yang dapat Anda coba:

Baca Juga: Tak Disangka, Ternyata 5 Daun-Daunan Ini Bagus untuk Kecantikan Kulit

1. Lembabkan wajah

Moisturizer

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum makeup adalah memastikan kulit terhidrasi dengan baik.

Karena Anda tidak akan menggunakan foundation, maka selalu ingat untuk mengaplikasikan moisturizer sebagai skin preparation. Jika tidak, tekstur kulit yang kering dan kasar akan tampak jelas sekaligus membuat hasil makeup Anda jauh dari kesan flawless.

Segera setelah membersihkan wajah, aplikasikanlah moisturizer yang ringan sebelum menggunakan produk makeup apapun.

2. Pakai primer

Primer wajah

Baik memakai foundation atau tidak, primer tetap memiliki peran penting untuk membantu menciptakan makeup yang paripurna.

Selain mampu membuat makeup jadi lebih tahan lama, primer juga dapat menghaluskan permukaan kulit dan menyamarkan pori-pori besar.

Setelah memakai moisturizer, ambil primer seukuran kacang polong dan oleskan ke seluruh wajah atau area wajah yang memiliki pori-pori besar.

3. Aplikasikan BB cream

Pixy UV Whitening BB Cream

Anda bisa menggunakan BB cream sebagai pengganti foundation. Cenderung ringan dan nyaman dipakai sehari-hari, BB cream dapat bertindak sebagai color corrector, alas bedak, sekaligus concealer untuk membantu menciptakan dasar makeup yang flawless tanpa berlebihan.

Ambil BB cream seukuran uang koin lalu totol-totolkan ke seluruh wajah Anda. Untuk mendapatkan hasil akhir yang merata, baurkan BB cream dengan menggunakan jari atau brush.

Baca Juga: 5 Manfaat Jahe untuk Kecantikan, dari Mengatasi Kulit Kusam hingga Ketombe

4. Jangan lupa concealer

ESQA Flawless Liquid Concealer dengan shade Custard

BB cream memang bisa menjadi pengganti foundation. Akan tetapi, coverage-nya tidak setinggi foundation, sehingga Anda perlu menggunakan concealer untuk menyamarkan lingkaran hitam, bintik-bintik, atau bekas jerawat yang masih terlihat.

Ambilah concealer stik atau cair kemudian aplikasikan pada area bawah mata dan bekas jerawat. Aplikasikan juga pada area wajah yang terdapat kemerahan, hiperpigmentasi, dan noda.

Terakhir, ratakan concealer dengan menggunakan beauty blender atau brush sampai tidak ada noda dan garis-garis yang terlihat.

5. Akhiri dengan loose powder

Loose Powder

Supaya semua produk makeup sebelumnya terkunci sempurna, baurkanlah loose powder atau bedak tabur secukupnya menggunakan brush.

Pastikan untuk memilih loose powder yang sama dengan warna kulit atau translucent agar tidak merusak warna dasar makeup Anda.

Tak hanya mampu menambahkan sedikit coverage, penggunaan loose powder juga akan memberikan hasil akhir matte sekaligus mencegah base makeup bergeser.

Demikian 5 tips makeup flawless tanpa foundation. Dengan menerapkan kelima tips di atas, dijamin wajah Anda akan terlihat mulus meski tidak menggunakan foundation.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News