Keluarga

5 Rutinitas Pagi untuk Meningkatkan Fokus Seharian, Kerja Jadi Lebih Produktif!

5 Rutinitas Pagi untuk Meningkatkan Fokus Seharian, Kerja Jadi Lebih Produktif!

MOMSMONEY.ID - Susah fokus? Coba terapkan 5 rutinitas pagi untuk meningkatkan fokus seharian berikut ini.

Menjadi produktif akan terasa sulit ketika pikiran melayang ke jutaan arah yang berbeda alih-alih terfokus pada satu titik.

Jika produktivitas Anda sedang menurun akibat fokus yang tak terjaga, agaknya artikel ini sangat tepat untuk Anda baca sampai akhir.

Sebagaimana MomsMoney lansir dari laman Livestrong.com, seorang psikoterapis berlisensi bernama Gary Weidman, LCSW-C, memaparkan 5 rutinitas pagi untuk meningkatkan fokus seharian.

Tanpa basa-basi, inilah penjelasannya yang tidak boleh Anda lewatkan.

Baca Juga: 5 Cara Membantu Perkembangan Otak Anak Remaja, Tidur Cukup hingga Perkuat Koneksi

1. Bangun pada waktu yang sama setiap hari

Rutinitas pagi untuk meningkatkan fokus yang pertama yaitu bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Selain jadwal tidur malam yang konsisten, bangun pada waktu yang sama setiap hari juga sangat disarankan untuk membantu meningkatkan fokus.

Menurut Gunderson Health System, bangun pada waktu yang sama setiap hari akan membuat ritme sirkadian berfungsi lebih produktif. Mengutip Kompas, ritme sirkadian sendiri merupakan jam internal tubuh yang mengatur proses penting dan fungsi tubuh. Apabila ritme sirkadian selaras, itu dapat membantu Anda untuk merasa lebih waspada di siang hari dan merasa lebih baik secara keseluruhan.

2. Makan sarapan sehat

Rutinitas pagi untuk meningkatkan fokus yang kedua yaitu makan sarapan sehat. Sarapan yang sehat dapat memberikan nutrisi pada otak agar tetap tajam. Adapun menu sarapan yang sehat harus mencakup protein, karbohidrat kompleks, sedikit lemak, serta buah atau sayur.

Beberapa menu sarapan sehat yang bisa membantu meningkatkan fokus antara lain oatmeal dengan topping buah segar + kacang dan roti gandum panggang dengan topping alpukat + salmon asap.

Sebaiknya, hindari mengonsumsi junk food dan banyak karbohidrat sederhana di pagi hari karena dapat meningkatkan gula darah yang pada gilirannya memengaruhi energi dan fokus.

3. Minum kafein dalam jumlah sedang

Rutinitas pagi untuk meningkatkan fokus yang ketiga yaitu minum kafein dalam jumlah sedang. Kafein dalam jumlah sedang di pagi hari dapat bermanfaat untuk fokus dan konsentrasi.

Menurut laporan di Practical Neurology pada Desember 2015, minum kopi atau minuman berkafein lainnya bisa menyebabkan sentakan kewaspadaan. Dalam jumlah sedang, kopi dapat membantu meningkatkan fokus dan melawan kelelahan.

Adapun waktu terbaik untuk minum kopi agar lebih fokus yaitu menjelang pagi sekitar 1 jam setelah bangun tidur. Pasalnya, pada saat ini, kadar kortisol tubuh sudah mencapai puncaknya. Jadi, Anda akan siap untuk peningkatan energi dan tubuh Anda akan memiliki banyak waktu untuk memetabolisme kafein.

Baca Juga: 5 Rutinitas Malam Sebelum Tidur yang Membuat Berat Badan Semakin Bertambah

4. Mendapatkan sinar matahari

Rutinitas pagi untuk meningkatkan fokus yang keempat yaitu mendapatkan sinar matahari. Sesaat setelah bangun tidur, bukalah gorden dan biarkan sinar matahari menembus masuk ke dalam ruangan Anda jika memungkinkan.

Sinar matahari akan membantu meningkatkan fokus Anda secara alami. Selain itu, sinar matahari juga dapat memicu pelepasan hormon serotonin.

Mengutip Alodokter, hormon serotonin merupakan hormon yang berperan sebagai neurotransmitter atau pengantar sinyal antarjaringan saraf. Hormon ini sangat penting bagi tubuh manusia karena mampu mengelola suasana hati, termasuk mencegah depresi.

5. Olahraga

Rutinitas pagi untuk meningkatkan fokus yang terakhir yaitu olahraga. Olahraga pagi seperti stretching, yoga, atau kardio ringan tergolong bagus untuk membantu meningkatkan fokus lho.

Apapun bentuknya, olahraga tidak hanya dapat meningkatkan aliran darah ke area prefrontal otak (bagian otak yang bertanggung jawab untuk fokus). Tetapi juga bisa meningkatkan kualitas tidur.

Secara umum, olahraga juga dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental yang berdampak positif pada produktivitas dan kemampuan untuk fokus.

Demikian 5 rutinitas pagi untuk meningkatkan fokus seharian. Tidak sulit kan, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News