Keluarga

5 Penyebab Wajah Sering Jerawatan, Salah Satunya Kurang Minum Air

5 Penyebab Wajah Sering Jerawatan, Salah Satunya Kurang Minum Air

MOMSMONEY.ID - Simak dan catat, inilah 5 penyebab wajah sering jerawatan yang harus Anda tahu.

Wajah sering jerawatan padahal sudah pakai aneka skincare dan mempraktikkan beragam tips mencegah jerawat?

Kira-kira, kenapa ya Moms?

Melansir BeBeautiful, ada setidaknya 5 penyebab wajah sering jerawatan yang harus Anda tahu. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Jadi Tantangan, Ini Cerita Mona Ratuliu Siapkan Sarapan Anak

1. Stres

Penyebab wajah sering jerawatan yang pertama yaitu stres. Stres merupakan penyebab utama dari banyak masalah, dan jerawat adalah salah satunya.

Saat stres melanda, hormon kortisol akan terlepas dan membuat kulit jadi lebih berminyak. Adapun kulit yang semakin berminyak bisa memicu timbulnya jerawat.

Jadi, apabila Anda ingin wajah terbebas dari jerawat, lakukanlah hal-hal yang telah terbukti mampu membantu melawan stres seperti olahraga teratur, menditasi, dan yoga.

2. Menggunakan skincare baru yang menyumbat pori-pori

Penyebab wajah sering jerawatan yang kedua yaitu menggunakan skincare baru yang menyumbat pori-pori.

Sangat penting untuk memerhatikan dengan cermat ketika Anda mengganti atau menggunakan produk skincare baru. Pastikan produk tersebut memiliki formula non-comedogenic. Jika tidak, pori-pori bisa dengan mudah tersumbat dan berakhir menjadi jerawat.

Apabila ada jerawat yang tumbuh konsisten selama beberapa hari atau minggu saat Anda menggunakan produk skincare baru, mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk menghentikan pemakaiannya.

3. Kurang minum air

Penyebab wajah sering jerawatan yang ketiga yaitu kurang minum air. Dehidrasi menjadi salah satu penyebab utama jerawat.

Ketika Anda tidak minum cukup air, sel-sel tubuh yang mengalami dehidrasi akan menumpuk dan menahan minyak. Akibatnya, jerawat pun rentan muncul.

Untuk mencegah timbulnya jerawat, pastikan Anda tidak membiarkan kulit Anda kering dengan minum 8-10 gelas air setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi. Bila perlu, Anda bisa mengunduh aplikasi water tracker untuk melacak asupan air harian Anda.

Baca Juga: Punya Masalah Rambut Rontok? Ini 5 Jus yang Ampuh untuk Mengatasi Rambut Rontok

4. Sering menyentuh wajah

Penyebab wajah sering jerawatan yang keempat yaitu sering menyentuh wajah. Setiap kali Anda menyentuh wajah, itu akan memindahkan kotoran, minyak, dan bakteri dari tangan ke wajah Anda.

Jadi, kendalikan diri Anda untuk tidak terlalu sering menyentuh wajah. Atur juga rambut Anda agar helainya tidak sampai ke wajah. Ini dilakukan untuk mencegah berpindahnya produk rambut atau ketombe ke wajah dan memicu timbulnya jerawat.

Terakhir, jangan lupa untuk mengganti seprai dan sarung bantal Anda secara teratur. Pasalnya, seprai dan sarung bantal yang kotor bisa membuat wajah lebih rentan terhadap jerawat.

5. Genetika dan perubahan hormon

Penyebab wajah sering jerawatan yang kelima yaitu genetika dan perubahan hormon. Genetika dapat memengaruhi peluang Anda untuk melawan jerawat. Karena, gen Anda bisa menentukan seberapa kebal tubuh Anda terhadap bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, perubahan hormon selama menstruasi, kehamilan, atau menopause juga dapat menyebabkan jerawat.

Untuk mengatasi jerawat akibat faktor genetika atau perubahan hormon, Anda harus mempertahankan jadwal tidur dan pola makan yang sehat. Pastikan untuk mengombinasikan dua kebiasaan ini dengan perawatan kulit yang baik ya Moms.

Nah, itulah 5 penyebab wajah sering jerawatan yang harus Anda tahu. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News