Santai

5 Penyebab Anda Terlalu Sering Kentut, Sudah Tahu?

5 Penyebab Anda Terlalu Sering Kentut, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Sudah sering dialami banyak orang, terlalu banyak kentut ternyata menjadi pertanda kondisi tubuh yang buruk.

Kentut merupakan proses alami tubuh untuk mengeluarkan gas-gas yang terperangkap di dalamnya.

Tapi tak jarang banyak orang yang merasa terlalu sering mengeluarkan kentut dan mencari tahu apa penyebabnya.

Agar tidak penasaran lagi, simak beberapa penyebab mengapa Anda terlalu banyak kentut.

Baca Juga: 4 Efek Negatif Minum Sambil Berdiri Bagi Kesehatan, Tidak Baik untuk Ginjal!

Mengonsumsi makanan pemicu

Tak semua jenis makanan bisa dicerna dengan baik oleh tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung banyak gas dan memicu seseorang untuk mengeluarkan gas berlebih dalam bentuk kentut.

Melansir dari laman Mayo Clinic, makanan tinggi serat merupakan sumber makanan dengan tinggi gas. Begitu juga dengan makanan dairy. Karena tubuh orang berbeda-beda, cobalah mencatat jenis makanan yang dikonsumsi untuk mengetahui jenis makanan apa yang menyebabkan Anda terlalu banyak kentut.

BAB tidak lancar

Penyebab lain yang membuat seseorang terlalu sering kentut adalah karena buang air besar tidak lancar. Laman Pop Sugar menyatakan bahwa sisa makanan yang terendap dan tidak dikeluarkan bisa menyebabkan gas dan kembung.

Alhasil, Anda akan lebih mudah untuk mengeluarkan kentut jika BAB tidak lancar. Coba konsumsi serat yang cukup yaitu 25-30 gram sehari dan berolah raga rutin untuk mencegah sembelit.

Baca Juga: Selain Bikin Lega, Ini 4 Keuntungan Menangis bagi Kesehatan

Perubahan diet

Perubahan pola makan dari vegan ke vegetarian, mengurangi porsi makan, dan menambah porsi beberapa jenis makanan juga bisa membuat seseorang jadi mudah kentut.

Medical News Today menyatakan bahwa reaksi terlalu banyak kentut merupakan tanda dari tubuh yang beradaptasi dengan pola makan baru. Jika dalam beberapa waktu, tanda ini tak kunjung hilang, maka bisa saja pola makan tersebut tak cocok untuk Anda.

Intoleransi laktosa

Seseorang yang memiliki intoleransi laktosa juga cenderung mengalami kondisi terlalu sering kentut. Hal tersebut disebabkan karena terlalu banyaknya kandungan laktosa yang dikonsumsi dan memicu tubuh untuk menghasilkan gas berlebih.

Sedangkan tubuh tidak bisa memecah laktosa atau protein yang terkandung dalam produk dairy. Selain kentut berlebihan, seseorang dengan intoleransi laktosa juga bisa mengalami tanda lain seperti perut kembung, gangguan pencernaan, dan kentut berbau.

Stres

Penyebab lain dari seseorang yang terlalu banyak kentut adalah karena kondisi stres. Penelitian dari Harvard Health menjelaskan bahwa kondisi tegang, stres, cemas, dan sedih ternyata bisa memicu munculnya gangguan pencernaan.

Kemudian sebagai reaksinya, tubuh akan memproduksi lebih banyak gas yang dikeluarkan dalam bentuk kentut. Maka dari itu, penting juga untuk menjaga kondisi mental agar terhindar dari situasi ini.

Nah, jadi makin tahu, kan, apa saja penyebab seseorang jadi sering kentut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News