Bugar

5 Manfaat Salicylic Acid untuk Wajah, Atasi Jerawat dan Komedo!

5 Manfaat Salicylic Acid untuk Wajah, Atasi Jerawat dan Komedo!

MOMSMONEY.ID - Yuk, kenalan dengan manfaat salicylic acid untuk wajah di sini. Kandungan salicylic acid pada skincare cukup populer dipakai oleh banyak orang. 

Melansir dari senka.id, salicylic acid atau asam salisilat merupakan satu-satunya acid yang masuk dalam kelompok asam hidroksi beta (BHA), dapat larut dalam minyak, bersifat anti-inflamasi, dan dipercaya mampu membantu mengeksfoliasi kulit wajah.

Kandungan salicylic acid sangat cocok dipakai oleh jenis kulit berminyak dan berjerawat. Jika Anda tertarik mengenal lebih jauh, berikut lima manfaat salicylic acid untuk wajah dirangkum dari senka.id, yaitu: 

1. Mencegah Munculnya Komedo

Pertama, manfaat salicylic acid untuk wajah adalah mencegah munculnya komedo. Komedo disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori dari debu, kotoran, polusi, dan sel kulit mati.

Bila tidak segera dibersihkan, komedo yang semula berupa whitehead (komedo tertutup) akan berubah menjadi blackhead akibat teroksidasi oleh udara.

Oleh karena itu, untuk mencegah permasalahan ini, rutinlah melakukan eksfoliasi menggunakan skincare yang mengandung BHA, seperti salicylic acid agar pori-pori bersih hingga ke akar dan kulit terbebas dari komedo.

2. Mengontrol Munculnya Jerawat

Manfaat salicylic acid untuk jerawat adalah dengan mengontrol munculnya jerawat. Sifat anti-inflamasi pada salicylic acid bisa pula Anda gunakan untuk mengontrol timbulnya jerawat.

Soalnya, kandungan ini mampu meredakan peradangan pada wajah, serta mencegah bakteri Propionibacterium acnes berkembang biak. Kalau infllamasinya reda, ukuran jerawat pun jadi mengecil dan tidak kelihatan merah lagi. 

Baca Juga: 5 Cara Mengecilkan Pori-Pori Besar dengan Benar, Coba yuk

3. Meremajakan Kulit

Salicylic acid juga mampu meremajakan kulit wajah. Sering kali penyebab permasalahan kulit disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati di permukaan wajah.

Penyumbatan pori-pori oleh debu, kotoran, dan polusi ini jadi ‘bahan makanan’ bagi bakteri yang tinggal, sehingga wajah jadi terinfeksi dan timbul peradangan.

Dengan eksfoliasi menggunakan salicylic acid, sel kulit baru akan menggantikan sel kulit mati, sehingga penampilan kulit wajah jadi terlihat bersih dan sehat.

4. Mengurangi Kemerahan

Manfaat salicylic acid berikutnya adalah mengurangi kemerahan. Kemerahan di wajah akibat peradangan sering kali timbul setelah jerawat mereda. Jika dibiarkan terlalu lama, masalah ini tentunya dapat menurunkan kepercayaan diri.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan anti inflamasi pada saliyclic acid yang dapat menghambat senyawa prostaglandin, pemicu timbulnya radang. Sehingga, ruam merah di wajah dapat diredam secara efektif deh.

5. Memperkecil Tampilan Pori-Pori

Manfaat salicylic acid untuk wajah lainnya adalah memperkecil tampilan pori-pori.

Sifat astringen pada salicylic acid membuat kandungan ini baik untuk memperkecil tampilan pori-pori dengan cara mengurangi produksi minyak berlebih dan mengencangkan kulit. Sehingga, permasalahan kulit seperti pori-pori besar dan tekstur kulit tidak rata dapat teratasi.

Nah, itulah beberapa manfaat salicylic acid untuk wajah yang harus Anda tahu. Gunakan produk skincare yang mengandung salicylic acid untuk mengatasi masalah kulit wajah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News