HOME, Keluarga

5 Makanan Ini Bagus untuk Mendukung Perkembangan Otak Anak Lho, Moms!

5 Makanan Ini Bagus untuk Mendukung Perkembangan Otak Anak Lho, Moms!

MOMSMONEY.ID - Asupan makanan yang seimbang sangat penting untuk meningkatkan otak anak dan perkembangan kognitifnya.

Dengan memberikan nutrisi dalam jumlah tepat berupa protein, mineral, karbohidrat, dan vitamin, itu akan membantu anak Anda memahami pengetahuan sekaligus meningkatkan kecerdasan mereka.

Bukan sembarang makanan, ada beberapa makanan yang telah terbukti bagus untuk membantu pengembangan otak anak. Sebagai rekomendasi bagi Anda, inilah 5 di antaranya yang patut Anda sajikan dengan lebih sering sebagaimana dilansir dari MomJunction.

Baca Juga: Pahami Perbedaan Melasma, Flek, Freckles, dan Hiperpigmentasi pada Wajah

1. Sayuran hijau

Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung kaya akan folat dan vitamin yang bagus untuk pertumbuhan otak. Kendati anak Anda tidak menyukai sayuran hijau, pastikan Anda menemukan cara untuk tetap memasukkannya ke dalam menu makan mereka.

Anda bisa mencampurkan sayuran hijau ke dalam omelet atau menjadikannya sebagai isian sandwich favorit si kecil.

2. Yogurt

Yogurt tawar

Yogurt merupakan sumber vitamin B dan protein yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan pertumbuhan jaringan otak. Mengandung bakteri probiotik, yogurt juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain dinikmati secara langsung, Anda bisa mengolah yogurt menjadi smoothie yang nikmat dengan cara mencampurkan secangkir yogurt dengan beberapa buah beri segar. Dijamin, anak Anda pasti suka.

3. Telur

Telur Rebus

Telur adalah sumber kaya protein dengan kandungan kolin yang baik. Kolin sendiri merupakan nutrisi yang diperlukan untuk fungsi dan perkembangan otak yang tepat.

Terkenal serbaguna, Anda dapat mengolah telur menjadi berbagai macam hidangan kesukaan anak misalnya telur gulung atau chawan mushi.

4. Ikan

Ikan Salmon

Ikan terkenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk perkembangan otak anak. Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna merupakan sumber yang kaya akan vitamin D dan asam lemak omega-3. Adapun vitamin D dan asam lemak omega-3 bertanggung jawab untuk melindungi otak dari kehilangan memori dan penurunan memori terkait usia serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Jadi, pastikan Anda menyajikan ikan untuk anak setidaknya 2-3 porsi setiap minggu ya Moms.

5. Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal tidak hanya bagus untuk orang dewasa, melainkan juga merupakan pilihan sarapan yang sehat untuk anak Anda. Kaya akan serat, oatmeal memiliki kemampuan untuk menjaga arteri jantung dan otak supaya tetap bersih.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi oatmeal memiliki kinerja yang lebih baik dalam mengerjakan tugas yang berkaitan dengan memori dibandingkan anak-anak lain yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News