Keluarga

5 Kandungan Moisturizer Terbaik untuk Kulit Berminyak, Jangan Salah Pilih Ya!

5 Kandungan Moisturizer Terbaik untuk Kulit Berminyak, Jangan Salah Pilih Ya!

MOMSMONEY.ID - Simak dan catat, ini 5 kandungan moisturizer terbaik untuk kulit berminyak.

Sama seperti kulit kering dan jenis kulit lainnya, kulit berminyak pun membutuhkan moisturizer. Jika Anda melewatkan penggunaan moisturizer, produksi minyak akan semakin meningkat guna mengembalikan kelembaban yang tidak tercukupi pada kulit.

Kendati demikian, pastikan Anda cermat dalam memilih produk moisturizer untuk kulit berminyak Anda. Sebaiknya, pilihlah moisturizer dengan jenis humektan serta memiliki formula berbasis air, bebas minyak, dan non-comedogenic.

Selain memerhatikan jenis dan formulanya, Anda juga harus memastikan kandungan dalam moisturizer pilihan Anda terbukti cocok dan aman untuk kulit berminyak.

Merangkum laman Moisturizers.com, ada beberapa kandungan moisturizer terbaik untuk kulit berminyak. Apa saja? Berikut 5 di antaranya.

Baca Juga: 5 Manfaat Mandelic Acid dalam Produk Skincare, Bagus untuk Kulit Bertekstur

1. Glycolic acid

Kandungan moisturizer terbaik untuk kulit berminyak yang pertama yaitu glycolic acid.

Glycolic acid merupakan Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang mampu mengurangi produksi minyak berlebih dan mencegah pori-pori tesumbat yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Kandungan asam dalam glycolic acid dapat menggerogoti sel-sel kulit mati dan melepaskannya dari permukaan. Sehingga, menjadikan kulit lebih bersih dan halus. Poin plus lainnya dari glycolic acid yaitu mampu menghaluskan kulit dengan memperbaiki pigmentasi kecil pada kulit serta memudarkan noda tanpa merusak kesehatan kulit di sekitarnya.

2. Niacinamide

Kandungan moisturizer terbaik untuk kulit berminyak yang kedua yaitu niacinamide.

Niacinamide adalah turunan vitamin B3 yang mampu mendukung kinerja penghalang lipid epidermal untuk mengunci kelembaban alami dan menjaga kulit tetap terhidrasi sekaligus terlindungi dari faktor lingkungan yang keras. Pada gilirannya, kulit yang lembab akan menjaga produksi minyak alami tetap terkontrol dengan baik.

Selain terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu mengobati jerawat, niacinamide juga mampu menstimulasi laju pembaruan permukaan kulit yang membantu membalikkan sel-sel kulit yang rusak, pori-pori besar, dan hiperpigmentasi.

3. Dimethicone

Kandungan moisturizer terbaik untuk kulit berminyak yang ketiga yaitu dimethicone.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, sebaiknya hindari moisturizer yang mengandung bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori, seperti petrolatum dan mineral oil. Sebagai gantinya, pilihlah moisturizer bebas minyak.

Sering kali, moisturizer bebas minyak mengandung dimethicone. Dimethicone sendiri sangat bagus untuk kulit berminyak karena mampu meniru sifat minyak tanpa membuat kulit kering setelahnya.

Baca Juga: KA Bandara Kualanamu Tambah Dua Pemberhentian, Ongkosnya Cuma Rp 5000

4. Hyaluronic acid

Kandungan moisturizer terbaik untuk kulit berminyak yang keempat yaitu hyaluronic acid.

Kulit berminyak juga membutuhkan kelembaban. Namun, tidak sedikit produk moisturizer yang terlalu berat sehingga dapat memperburuk tampilan dan rasa berminyak yang tidak diinginkan.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih moisturizer yang mengandung hyaluronic acid. Selain ringan dan tidak menyumbat pori-pori, hyaluronic acid juga mampu mempertahankan kelembaban alami kulit dengan menarik air ke dalam kulit dan mencegah hilangnya kelembaban. Alhasil, kulit dapat mengatur dirinya sendiri dengan lebih mudah sekaligus menjaga produksi minyak pada tingkat yang sehat.

5. Grapeseed oil

Kandungan moisturizer terbaik untuk kulit berminyak yang kelima yaitu grapeseed oil.

Grapeseed oil secara alami mengandung asam linoleat dalam jumlah tinggi. Asam linoleat sendiri merupakan asam lemak yang penting untuk membantu mengatur produksi sebum. Berkat sifat antimikrobanya, asam linoleat mampu membantu mencegah dan menghilangkan jerawat.

Dalam grapeseed oil, ada juga kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk melindungi kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Tergolong ringan, grapeseed oil cenderung cepat menyerap ke dalam kulit sehingga cocok untuk individu dengan kulit berminyak.

Itulah 5 kandungan moisturizer terbaik untuk kulit berminyak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen setelah menggunakan moisturizer ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News