Santai

5 Ciri Gangguan ADHD, Bisa Dialami Anak hingga Orang Dewasa, Lo

5 Ciri Gangguan ADHD, Bisa Dialami Anak hingga Orang Dewasa, Lo

MOMSMONEY.ID - Bisa terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa, kenali beberapa tanda gangguan ADHD berikut ini.

Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD adalah gangguan yang diasosiasikan pada anak-anak namun juga orang dewasa.

ADHD adalah gangguan yang terjadi di mana penderitanya mengalami kesulitan untuk berfokus untuk melakukan satu tindakan saja.

Gangguan ADHD bisa menunjukkan tanda-tanda penting seperti berikut ini:

Baca Juga: 5 Tanda Anda Terjebak Situationship, Red Flags Banget

Susah fokus

Seperti namanya, tentu orang yang mengidap ADHD akan memiliki tanda yaitu kesulitan untuk berfokus pada satu kegiatan. Pikiran orang-orang yang mengidap ADHD akan lebih mudah terdistraksi atau teralihkan dengan hal lain.

Selain itu, karena kurang fokus dengan satu hal orang dengan ADHD juga kebanyakan mengalami kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugasnya.

Gelisah dan cemas

Tanda lain dari orang yang mengalami ADHD adalah mudah merasa lelah dan cemas. Melansir dari laman Health Line, orang dengan ADHD bisa menunjukkan tanda cemas dengan susah untuk berdiam diri dalam waktu yang lama.

Mereka juga suka untuk berkeliling untuk mengalihkan rasa gelisah dan cemas yang dirasakannya. Tanda lain seperti tidak bisa berhenti menggerakkan kaki atau tangan juga menjadi tanda orang dengan ADHD.

Baca Juga: Emosi Tidak Stabil? Kenali 4 Penyebab Orang Punya Kepribadian Mudah Marah

Berantakan

Orang dengan ADHD juga cenderung berantakan. Menurut orang dengan ADHD, memiliki segala hal yang tertata dianggap sebagai tantangan tersendiri.

Karena memiliki sifat yang berantakan, tak jarang orang dengan ADHD kerap kali ceroboh dan menghilangkan barang-barangnya. Mereka juga cenderung mudah lupa untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan pada mereka karena ceroboh dan tidak teratur.

Impulsif

Laman Medical News Today menyatakan bahwa orang dengan ADHD juga suka menyela atau menginterupsi orang lain secara tiba-tiba.

Mereka merasa kesulitan untuk menahan diri dan kemudian membuat keputusan tiba-tiba tanpa memikirkan orang lain terlebih dahulu. Selain itu gaya belanja yang impulsif juga menjadi tanda utama orang yang menderita ADHD.

Gangguan kesehatan

Tak hanya dalam hal tindakan saja, orang dengan ADHD juga mudah mengalami gangguan kesehatan. Orang dengan ADHD adalah orang yang berantakan, tidak teratur, dan tidak fokus yang bisa membuat mereka juga melupakan kesehatannya sendiri.

Maka dari itu, orang dengan ADHD mudah mengalami kelelahan, gangguan tidur, stres, dan juga mudah merasa cemas.

Nah, itulah tadi beberapa tanda dari orang yang mengalami ADHD. Ada baiknya juga untuk berkonsultasi dengan ahli untuk mengetahui dengan tepat apakah Anda mengidap ADHD atau tidak, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News