Keluarga

5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga, Terbukti Efektif!

5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga, Terbukti Efektif!

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 cara menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga. Mau coba?

Diet dan olahraga memang efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa kedua metode ini cenderung sulit untuk diterapkan secara konsisten oleh banyak orang.

Sebagai alternatif, ada 5 cara menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga yang menarik untuk dicoba. Melansir Healthline, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Sederet Manfaat Buncis untuk Kesehatan yang Tidak Diragukan Lagi, Apa Saja ya?

1. Kunyah makanan pelan-pelan

Cara menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga yang pertama yaitu dengan mengunyah makanan pelan-pelan.

Mengunyah makanan dalam tempo pelan berhubungan dengan penurunan asupan makanan, peningkatan rasa kenyang, dan ukuran porsi yang lebih kecil.

Tinjauan terhadap 8 penelitian melaporkan bahwa orang yang tidak makan dengan cepat memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang jauh lebih rendah daripada orang yang makan dengan cepat.

2. Pakai piring kecil untuk makanan berkalori tinggi

Cara menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga yang kedua yaitu memakai piring kecil untuk makanan berkalori tinggi.

Siapa sangka bahwa makan menggunakan piring berukuran besar bisa menyebabkan penambahan berat badan. Pasalnya, piring berukuran besar dapat membuat sajian terlihat lebih sedikit sehingga mendorong keinginan untuk menambahkan lebih banyak makanan.

Sebaliknya, makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu Anda untuk makan lebih sedikit dengan membuat porsi makanan terlihat lebih banyak. Trik ini patut dicoba terutama ketika Anda ingin menyajikan makanan berkalori tinggi. Sementara untuk makanan padat nutrisi dan rendah kalori, sajikanlah di piring besar.

3. Siapkan lebih banyak makanan di rumah

Cara menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga yang ketiga yaitu menyiapkan lebih banyak makanan di rumah.

Memasak makanan sendiri di rumah merupakan cara yang bagus untuk memasukkan lebih banyak makanan bergizi ke dalam diet Anda. Kemungkinan besar, kebiasaan ini juga dapat membantu mempromosikan penurunan berat badan.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang menyiapkan lebih banyak makanan di rumah cenderung mengalami kenaikan berat badan lebih sedikit daripada mereka yang makan di luar atau makan makanan siap saji secara teratur. Sebuah studi tahun 2017 juga menemukan bahwa perencanaan makan atau meal planning dapat dikaitkan dengan peningkatan kualitas diet dan penurunan risiko obesitas.

Baca Juga: Cegah Stres, Ini 5 Makanan dan Minuman Penyebab Stres yang Harus Anda Kurangi

4. Minum air secara teratur

Cara menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga yang keempat yaitu minum air secara teratur.

Minum air dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama jika Anda meminumnya sebelum makan.

Satu studi menemukan bahwa minum air sebelum makan mampu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi tanpa memengaruhi rasa kenyang secara signifikan. Studi lainnya menunjukkan bahwa minum sekitar 568 mililiter air sebelum makan mampu menurunkan asupan kalori dan rasa lapar sekaligus meningkatkan rasa kenyang dan kepuasan.

5. Makan tanpa gangguan elektronik

Cara menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga yang kelima yaitu makan tanpa gangguan elektronik.

Memerhatikan betul-betul apa yang Anda makan dapat membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori lho. Sebaliknya, kebiasaan makan sambil menonton TV atau bermain smartphone bisa membuat Anda lupa tentang berapa banyak makanan yang telah Anda makan. Pada gilirannya, hal ini dapat menyebabkan makan berlebihan.

Satu ulasan tahun 2013 terhadap 24 penelitian menemukan bahwa orang yang perhatiannya teralihkan saat makan cenderung makan sekitar 10% lebih banyak ketika duduk. Selain itu, mereka juga cenderung makan 25% lebih banyak kalori pada waktu makan selanjutnya daripada orang yang makan tanpa gangguan.

Apabila Anda rutin mengonsumsi makanan sambil menonton TV atau menggunakan perangkat elektronik, Anda mungkin akan secara tidak sengaja makan lebih banyak. Akibatnya, kalori akan semakin bertambah dan berdampak besar pada berat badan Anda dalam jangka panjang.

Demikian 5 cara menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News