Bugar

5 Cara Menggunakan Retinol untuk Pemula, Harus Tahu

5 Cara Menggunakan Retinol untuk Pemula, Harus Tahu

MOMSMONEY.ID - Bagi pemula, Anda harus tahu cara menggunakan retinol yang benar. Retinol termasuk salah satu kandungan skincare populer. 

Retinol bermanfaat untuk merangsang pergantian sel-sel kulit, meningkatkan produksi kolagen dan sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Walaupun sangat baik untuk kulit, jika Anda kurang tepat menggunakannya maka hasilnya akan sangat buruk.

Oleh karena itu, simak lima cara menggunakan retinol untuk pemula, dikutip dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Hindari pemakaian retinol dengan konsentrasi tinggi

Pertama, cara menggunakan retinol untuk pemula adalah hindari pemakaian retinol dengan konsentrasi tinggi. Sebaiknya Anda coba dari skincare retinol yang konsentrasinya rendah dulu, misalnya 0,5% atau 1%.

Jangan langsung menggunakan serum, Anda bisa coba produk toner lebih dulu. Hal ini karena biasanya konsentrasi serum lebih tinggi dari toner. Jangan langsung pakai yang di atas 1% agar kulit tidak iritasi.

Baca Juga: Ketahui Cara Memakai Kondisioner Sesuai Jenis Rambut Anda

2. Selalu gunakan sunscreen di siang hari

Anda juga selalu gunakan sunscreen di siang hari. Hal ini karena retinol bisa membuat kulit jadi lebih sensitif terhadap sinar Matahari.

Jadi, ketika Anda mengaplikasikan skincare retinol di malam hari dan keesokannya membiarkan kulit Anda polos tanpa sunscreen, sangat wajar kalau wajah jadi memerah atau bahkan terlihat kusam.

Mau pakai retinol ataupun tidak, sunscreen tetaplah penting digunakan setiap hari. Sehingga jangan sampai lupa menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan tekstur yang cepat meresap agar kulit terasa nyaman.

3. Gunakan malam hari saja dan tidak setiap hari

Cara menggunakan retinol selanjutnya adalah gunakan malam hari saja dan tidak setiap hari. Bahan aktif satu ini memiliki power yang terlalu kuat jadi sebaiknya berhati-hati.

Untuk yang konsentrasinya di atas 1%, sebaiknya 1-2 kali saja dalam seminggu. Kalau di bawah 1%, Anda bisa memakainya 3-4 kali dalam seminggu, atau setiap hari (malam hari saja).

Dengan catatan, rutin menggunakan moisturizer setelahnya dan memakai sunscreen keesokan paginya.

Dalam merawat kulit, Anda perlu ingat bahwa tidak perlu pakai banyak-banyak atau terlalu sering hanya karena Anda buru-buru ingin melihat hasilnya. Terlalu sering pakai retinol bisa membuat kulit kering, terasa “ketarik”, bahkan mengelupas.

Baca Juga: Pahami 4 Manfaat Mandelic Acid untuk Kulit, Atasi Kerutan & Garis Halus!

4. Pakai moisturizer secara rutin

Berikutnya, pakai moisturizer secara rutin. Pemakaian serum retinol atau toner retinol sebaiknya diikuti dengan pemakaian moisturizer yang lebih rich atau mampu melembapkan kulit dengan maksimal.

Anda juga bisa mengaplikasikan serum Hyaluronic acid atau hydrating face oil setelah memakai produk apapun yang ada kandungan retinolnya.

Supaya kulit Anda tidak jadi kering dan mencegah iritasi. Kalau kulit Anda cenderung sensitif dan ingin pakai serum retinol, Anda bisa balik pengaplikasiannya.

Anda bisa pakai moisturizer terlebih dulu, lalu aplikasikan serum retinol, supaya kelembapan kulit terjaga dulu, dan retinol tidak langsung “menyentuh” kulit Anda.

5. Hindari pakai bersamaan dengan AHA/BHA

Terakhir, hindari memakai bersamaan dengan AHA/BHA. Karena ingin memilikki kulit wajah yang sehat dan cantik maksimal, Anda jadi pakai retinol berbarengan dengan skincare yang mengandung AHA dan (atau) BHA.

Hal ini wajib Anda hindari karena AHA dan BHA itu sifatnya mengeksfoliasi kulit, jadi sel-sel kulit mati terangkat, dan kulit jadi lebih halus serta lebih sensitif.

Kalau digabungkan dengan retinol yang sifatnya merangsang regenerasi sel kulit dan produksi kolagen, kulit Anda jadi dipaksa bekerja keras. Hal ini akan membuat kulit semakin sensitif, sensasi tingling, dan mengelupas.

Sekarang Anda sudah tahu cara menggunakan retinol untuk pemula. Pastikan produk yang digunakan cocok buat kulit Anda, lalu terapkan cara di atas. 

Selanjutnya: Henan Putihrai Asset Management Bidik Penambahan AUM Rp 1 Triliun Hingga Akhir 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News