Bugar

5 Bahaya Minum Obat Tidak Teratur, Salah Satunya Resistensi Obat

5 Bahaya Minum Obat Tidak Teratur, Salah Satunya Resistensi Obat

MOMSMONEY.ID. Intip bahaya minum obat tidak teratur bagi tubuh. Pasien yang sedang menderita penyakit tentu mendapatkan obat yang dikonsumsi dalam dosis dan waktu tertentu.

Obat yang dikonsumsi sesuai dosis maupun aturan tentu memiliki maksud yang baik agar tubuh menerima kandungan obat.

Tentu, ada beberapa jenis obat yang dikonsumsi sesuai frekuensi dosis per hari hingga waktu sebelum atau sesudah makan.

Ada beberapa alasan penting mengapa Anda harus minum obat tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Baca Juga: Moms, Kenali Gejala Umum Muntaber pada Anak biar Bisa Mengatasinya dengan Tepat

Bahaya minum obat tidak teratur

Alasan wajib minum obat tepat waktu

Berikut ini beberapa alasan yang tentu bisa menjadi pertimbangan pasien untuk patuh:

  • Efektivitas pengobatan: Minum obat sesuai jadwal yang ditentukan meningkatkan efektivitas pengobatan. Dosis obat yang tepat dan konsisten membantu mempertahankan kadar obat yang diperlukan dalam tubuh untuk mencapai hasil yang diinginkan. Pengobatan yang konsisten memungkinkan obat mencapai konsentrasi yang efektif untuk mengatasi penyakit atau kondisi tertentu.
  • Pemulihan yang lebih cepat: Minum obat tepat waktu dan sesuai jadwal dapat mempercepat proses pemulihan. Obat membantu meredakan gejala, menghentikan pertumbuhan bakteri atau virus, dan mempercepat penyembuhan. Ketika pasien mematuhi jadwal pengobatan, tubuh Anda mendapatkan dukungan yang konsisten untuk melawan infeksi atau penyakit.
  • Pencegahan relaps: Beberapa kondisi kesehatan membutuhkan pengobatan jangka panjang untuk mencegah kekambuhan atau mempertahankan kontrol yang baik. Minum obat tepat waktu membantu mencegah kemunduran atau kekambuhan penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung.
  • Mencegah resistensi obat: Minum obat tepat waktu dan sesuai jadwal membantu mencegah perkembangan resistensi obat. Pengobatan yang teratur memastikan bahwa konsentrasi obat yang efektif tetap ada dalam tubuh, sehingga mencegah bakteri atau virus berkembang menjadi tahan terhadap obat yang digunakan.

Tidak mematuhi jadwal atau dosis yang ditentukan saat minum obat saat sakit dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Baca Juga: Jangan Langsung Panik! Kenali Gejala dan Cara Pencegahan Penyakit Amandel Moms

Berikut adalah beberapa bahaya yang dapat terjadi akibat minum obat secara tidak teratur dilansir dari Allazo Health.

Bahaya minum obat tidak teratur

1. Resistensi obat

Ketika obat tidak diminum secara teratur, bakteri atau virus yang menyebabkan infeksi dapat berkembang resisten terhadap obat.

Kebiasaan menunda ini bisa membuat obat mungkin tidak lagi efektif dalam mengobati infeksi tersebut dan Anda mungkin perlu mencari alternatif pengobatan.

2. Efek samping yang tidak diinginkan

Beberapa obat dapat menyebabkan efek samping jika tidak diminum sesuai petunjuk. Mengonsumsi obat dengan dosis yang tidak teratur dapat meningkatkan risiko efek samping dan mengganggu keseimbangan tubuh.

3. Pengobatan tidak efektif

Obat yang diresepkan untuk mengobati penyakit atau kondisi tertentu biasanya harus diminum sesuai jadwal yang ditentukan oleh dokter.

Ketidakpatuhan terhadap jadwal tersebut dapat mengurangi efektivitas obat dalam mengatasi masalah kesehatan Anda.

4. Penyakit tidak sembuh

Saat Anda tidak mengikuti jadwal minum obat yang diberikan, penyakit atau kondisi yang sedang Anda derita mungkin tidak sembuh atau sembuh dengan lambat.

Pengobatan yang konsisten dan teratur penting untuk memberikan efek yang diharapkan dan memulihkan kesehatan Anda.

5. Komplikasi kesehatan yang lebih serius

Apabila Anda mengabaikan pengobatan atau tidak mengikuti jadwal minum obat yang ditentukan, kondisi kesehatan Anda dapat memburuk. Ini bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius dan memerlukan intervensi medis yang lebih intensif.

Penting untuk selalu mengikuti instruksi dokter dan petunjuk pada label obat yang Anda minum.

Saat Anda memiliki kesulitan untuk mengingat jadwal atau mematuhi pengobatan, bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda untuk mendapatkan bantuan dan saran tentang bagaimana mengatur pengobatan yang lebih mudah diikuti.

Melalui informasi terkait bahaya minum obat tidak teratur atau sesuai dosisi dari dokter yang bisa merugikan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News