Keluarga

5 Amalan Malam Nisfu Syaban yang Sebaiknya Anda Terapkan

5 Amalan Malam Nisfu Syaban yang Sebaiknya Anda Terapkan

MOMSMONEY.ID - Berikut 5 amalan malam nisfu syaban yang sebaiknya Anda terapkan.

Nisfu syaban diyakini sebagai malam pengampunan dosa yang mana Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang memohon ampunan.

Mengutip laman Kontan, peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, malam nisfu syaban jatuh mulai Selasa, 7 Maret 2023 malam hingga Rabu, 8 Maret 2023. Hal tersebut, menurut Andi, berdasarkan pengamatan di beberapa titik di Balai Rukyat Nahdlatul Ulama (NU) pada 20 Februari 2023 silam.

"Dapat disimpulkan bahwa hilal tidak terlihat, sehingga bulan Rajab 1444 H digenapkan menjadi 30 hari dan 1 Syaban 1444 H jatuh pada Rabu, 22 Februari 2023," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/3/2023).

Lantaran sangat istimewa, alangkah baiknya umat muslim menerapkan amalan-amalan sunah yang dianjurkan di malam nisfu syaban. Melansir situs web Nu Online, ada 5 amalan malam nisfu syaban yang sebaiknya Anda terapkan. Inilah kelima amalan tersebut:

Baca Juga: 40 Twibbon Nisfu Syaban 2023 Beserta Ucapan Penuh Doa, Bagikan di Media Sosial

1. Membaca surat Yasin tiga kali

Amalan malam nisfu syaban yang pertama adalah membaca surat Yasin sebanyak tiga kali. Membaca surat Yasin di malam nisfu syaban dapat membawa keberkahan bagi pembacanya.

Pembacaan surat Yasin yang pertama diniatkan untuk memohon dipanjangkan umur dalam kondisi taat dan patuh kepada Allah SWT. Pembacaan surat Yasin yang kedua diniatkan untuk menolak bala seumur hidup.

Sementara itu, pembacaan surat Yasin yang ketiga diniatkan untuk meminta kecukupan selama hidup di dunia.

2. Memperbanyak doa

Amalam malam nisfu syaban yang kedua adalah memperbanyak doa. Pada malam nisfu syaban, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa.

Pasalnya, pada malam nisfu syaban, Allah SWT turun ke bumi untuk mengampuni dosa-dosa hamba-Nya. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Abu Bakar ash-Shidiq dari Rasulullah SAW yang berbunyi:

“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan)” (HR Al-Baihaqi).

3. Memperbanyak istighfar

Amalan malan nisfu syaban yang ketiga adalah memperbanyak istighfar. Sebagaimana sudah dijelaskan dalam poin sebelumnya, Allah SWT akan turun ke bumi di malam nisfu syaban untuk mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang meminta ampunan kepada-Nya.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk memperbanyak membaca istighfar di malam nisfu syaban.

Baca Juga: 35 Twibbon Nisfu Syaban 2023, Desain Terbaru dan Islami untuk Dibagikan di Medsos

4. Memperbanyak syahadat

Amalan malam nisfu syaban yang keempat adalah memperbanyak syahadat. Sayid Muhammad bin Alawi mengatakan sebagai berikut:

“Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya di bulan syaban dan malam pertengahannya”.

5. Membaca doa Syekh Abdul Qadir al-Jilani

Amalan malam nisfu syaban yang kelima adalah membaca doa Syekh Abdul Qadir al-Jilani.

Anda dapat menutup rangkaian amalan di malam nisfu syaban dengan membaca doa yang dipanjatkan oleh Syekh Abdul Qadir al-Jilani berikut: 

Doa malam nisfu syaban

Artinya:

“Ya Allah limpahkan rahmat ta’dhim-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, lampu-lampu hikmah, tuan-tuan nikmat, sumber-sumber penjagaan. Jagalah aku dari segala keburukan lantaran mereka, janganlah engkau hukum aku atas kelengahan dan kelalaian, janganlah engkau jadikan akhir urusanku suatu kerugian dan penyesalan, ridhailah aku, sesungguhnya ampunan-Mu untuk orang-orang zhalim dan aku termasuk dari mereka, ya Allah ampunilah bagiku dosa yang tidak merugikan-Mu, berilah aku anugerah yang tidak memberi manfaat kepada-Mu, sesungguhnya rahmat-Mu luas, hikmah-Mu indah, berilah aku kelapangan, ketenangan, keamanan, kesehatan, syukur, perlindungan (dari segala penyakit) dan ketakwaan. Tuangkanlah kesabaran dan kejujuran kepadaku, kepada kekasih-kekasihku karena-Mu, berilah aku kemudahan dan janganlah jadikan bersamanya kesulitan, liputilah dengan karunia-karunia tersebut kepada keluargaku, anaku, saudara-saudaraku karena-Mu dan para orang tua yang melahirkanku dari kaum muslimin muslimat, serta kaum mukiminin dan mukminat” (Syekh Abdul Qadir al-Jilani, Ghunyah al-Thalibin, juz 3, hal. 249).

Demikian 5 amalan malam nisfu syaban yang sebaiknya Anda terapkan. Semoga bermanfaat ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News