Keluarga

4 Tips Skincare untuk Wanita Menopause, Jangan Lupa Pakai Retinol!

4 Tips Skincare untuk Wanita Menopause, Jangan Lupa Pakai Retinol!

MOMSMONEY.ID - Moms, ini lho 4 tips skincare untuk wanita menopause. Simak sampai akhir ya.

Usia rata-rata seorang wanita untuk mencapai menopause adalah 51 tahun. Saat memasuki fase menopause, wanita akan mengalami banyak perubahan termasuk pada kulit.

Selama 3 tahun pertama menopause, Anda mungkin akan kehilangan 25% kolagen. Hal ini dapat menyebabkan penipisan dan kekeringan pada kulit.

Bertindak sebagai humektan, kolagen mampu menyerap sejumlah besar air. Jadi, ketika kolagen berkurang, air di kulit pun akan ikut berkurang sehingga meningkatkan kekeringan yang membuat tanda-tanda penuaan semakin jelas.

Alih-alih abai, wanita yang sudah menopause juga sangat disarankan untuk tetap merawat kulit dengan maksimal.

Melansir Women’s Health, berikut 4 tips skincare untuk wanita menopause yang harus Moms tahu.

Baca Juga: Sempat Viral, Ini 4 Manfaat Ricotta Cheese untuk Kesehatan. Bagus buat Diet Lho!

1. Pastikan kulit terhidrasi dengan baik

Tips skincare untuk wanita menopause yang pertama yaitu memastikan kulit terhidrasi dengan baik.

Memasuki fase menoupause, kadar estrogen cenderung turun secara signifikan. Biasanya, kondisi ini terjadi di usia 53 tahun. Adapun kadar estrogen yang menurun dapat mengurangi kelembaban sehingga menyebabkan kekeringan, kemerahan, sensitivitas, dan kurangnya kekencangan kulit.

Sebagai solusi, hidrasi ekstra diperlukan untuk mencegah hilangnya air berlebih dari permukaan kulit. Selain minum air putih dengan cukup setiap hari, pastikan juga untuk menggunakan produk perawatan kulit yang menghidrasi.

2. Pakai retinol

Tips skincare untuk wanita menopause yang kedua yaitu memakai retinol.

Retinol mampu membantu sel-sel kulit untuk beregenerasi dengan lebih cepat. Alhasil, kulit cenderung tampak lebih muda dari seharusnya.

Kekurangannya, retinol bisa membuat kulit menjadi kering dan kemerahan pada awal pemakaian. Jadi, jika Anda belum pernah menggunakan retinol sama sekali dan ingin mencobanya, selalu ingat untuk menggunakannya secara bertahap yakni 2-3 kali saja dalam seminggu. Apabila kulit Anda sudah terbiasa dengan retinol, barulah Anda dapat meningkatkan frekuensi penggunaannya.

Sebaiknya, carilah produk retinol yang mengandung bahan-bahan yang menghidrasi dan menenangkan seperti hyaluronic acid, glycerin, ceramide, dan centella asiatica. Dengan begini, kekeringan dan sensitivitas akibat penggunaan retinol akan berkurang.

Baca Juga: Apa Itu Sillage? Ini 4 Istilah Populer dalam Dunia Parfum

3. Coba skincare yang mengandung peptide

Tips skincare untuk wanita menopause yang ketiga yaitu mencoba skincare yang mengandung peptide.

Selain retinol, peptide juga bagus untuk kulit menopause karena dapat merangsang produksi kolagen serta meningkatkan elastisitas kulit.

Peptide sendiri adalah fragmen dari protein penyusun kulit. Bahan ini mampu memicu sel untuk membangun lebih banyak kolagen dan elastin yang penting untuk menjaga kulit senantiasa muda.

4. Gunakan skincare yang menenangkan

Tips skincare untuk wanita menopause yang keempat yaitu menggunakan skincare yang menenangkan.

Saat menopause tiba, akan terjadi perubahan kadar hormon yang dapat memicu kulit menjadi panas dan lembab. Oleh sebab itu, diperlukan produk perawatan kulit yang menenangkan, salah satunya face mist.

Face mist bisa menjadi pertolongan pertama saat kulit wajah Anda memerah. Anda dapat meletakkannya di dekat tempat tidur dan memasukkannya ke dalam tas tatkala Anda bepergian. Selain menenangkan, face mist juga praktis digunakan serta mampu memberikan efek segar dan lembab pada kulit wajah dalam seketika.

Demikian 4 tips skincare untuk wanita menopause. Selain menerapkan keempat tips di atas, jangan lupa juga untuk merawat kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News