HOME, Keluarga

4 Tips Makeup untuk Wanita Usia 40-an, Semakin Simple Semakin Bagus

4 Tips Makeup untuk Wanita Usia 40-an, Semakin Simple Semakin Bagus

MOMSMONEY.ID - Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami perubahan. Berbagai permasalahan kulit seperti garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur pun tidak dapat dihindari.

Selain karena jumlah kolagen dan elastin yang menurun, masalah penuaan pada kulit juga dapat diperparah akibat paparan sinar matahari. 

Meskipun begitu, permasalahan kulit yang sering terjadi pada wanita usia 40-an ke atas tersebut tetap dapat disamarkan dengan bantuan makeup. Dengan teknik makeup yang tepat, bukan mustahil jika wajah akan terlihat jauh lebih muda dari seharusnya.

Kira-kira, teknik makeup apa saja yang patut dicoba oleh para wanita usia 40-an ke atas? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Ini Dia Mitos Mengenai Perawatan Rambut yang Masih Dipercaya

1. Ganti produk powder ke cream

Produk makeup berbentuk powder cenderung menempel di permukaan kulit. Selain itu, produk ini juga mampu memperjelas tekstur wajah sehingga dapat mengintensifkan munculnya kerutan. Sementara itu, produk makeup berbentuk cream akan meleleh dengan lembut ke dalam kulit dan menciptakan tampilan yang jauh lebih alami.

Dikarenakan kulit akan kehilangan hidrasinya seiring bertambahnya usia, maka produk makeup berbentuk cream lebih cocok untuk digunakan oleh wanita usia 40-an. Tidak hanya melembabkan, produk cream juga lebih kecil kemungkinannya untuk menciptakan kesalahan dalam ber-makeup.

Kuncinya, oleskan sedikit produk makeup cream yang Anda punya (apapun itu) lalu baurkan secara merata dengan gerakan lembut menggunakan aplikator.

2. Jangan lupakan blush on

Usai dibaurkan alas bedak, wajah akan cenderung terlihat hampa tanpa dimensi. Guna mengembalikan kehidupan pada wajah Anda, maka jangan pernah lupa untuk menggunakan blush on. Anda bisa memilih blush on yang memiliki warna paling mendekati dengan warna alami kulit Anda.

Untuk teknik pengaplikasiannya, sapukanlah blush on pilihan Anda di bagian atas tulang pipi dengan arah sapuan ke atas agar wajah terlihat lebih kencang dan muda.

3. Buat alis dengan bentuk yang simple

Alis terbukti mampu mempertegas tampilan wajah. Namun, alis dengan bentuk yang sederhana lebih cocok untuk para wanita usia 40-an alih-alih alis berbentuk heboh. Hal ini bertujuan untuk menampakkan definisi wajah tanpa menghilangkan kesan alaminya.

Isilah alis Anda dengan pensil alis yang memiliki warna sedikit lebih terang dari warna alis asli Anda untuk membuatnya terlihat penuh tanpa menambah kedalaman. Hindari produk alis yang memiliki warna gelap dan formula yang pekat jika tak ingin wajah Anda terlihat lebih tua.

4. Pilih eyeshadow yang sederhana

Eyeshadow bold memang terkesan berani dan mencolok, namun tampilan eyeshadow demikian terlihat kurang pas untuk dipakai oleh wanita usia 40-an. Oleh sebab itu, beralihlah ke tampilan eyeshadow yang simple dengan warna nude dan formula matte.

Buatlah tampilan eyeshadow Anda sesederhana mungkin dan fokuskan saja pada penampilan bulu mata yang intens. Untuk membuat mata terlihat lebih terbuka dan hidup, jepit bulu mata Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan maskara.

Sebagai tambahan, Anda bisa mengaplikasikan eyeliner cokelat tua atau hitam di bagian bawah garis bulu mata atas untuk menciptakan ilusi mata yang lebih bervolume.

Itulah 4 tips makeup untuk wanita usia 40-an yang bisa Anda coba. Selain mengandalkan makeup untuk menunjang kecantikan, pastikan juga Anda rajin melakukan perawatan kulit dengan cara minum banyak air, eksfoliasi secara teratur, dan menggunakan produk kecantikan yang bebas bahan berbahaya.

Selanjutnya: Lakukan Pijat Wajah, Inilah 5 Cara Menyamarkan Kerutan Senyum

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News