Santai

4 Tipe Kepribadian Introvert, Si Pasif dalam Kehidupan Sosial

4 Tipe Kepribadian Introvert, Si Pasif dalam Kehidupan Sosial

MOMSMONEY.ID - Ternyata tak hanya ada satu tipe kepribadian introvert di dunia ini, loh.

Introvert merupakan sebuah kepribadian yang dikenal pendiam dan cenderung pasif.

Namun, sebenarnya introvert memiliki empat tipe kepribadian umum yang membedakan dari ciri khasnya.

Berikut ini adalah penjelasan empat tipe introvert yang umum ditemukan, menurut penelitian yang dilakukan oleh psikologis Jennifer Grimes, Jonathan Cheek, dan Julie Norem.

Baca Juga: 4 Efek Buruk Kebanyakan Main Hp Bagi Orang Dewasa, Picu Depresi Loh

1. Anxious Introvert

Introvert yang masuk dalam tipe ini lebih menyukai kesendirian dan mudah merasa canggung jika berada dalam lingkungan banyak orang. Introvert jenis ini mudah merasa cemas lantaran suka merenungkan sebuah pembicaraan yang dialaminya bersama lawan bicaranya.

Mereka yang masuk dalam tipe introvert ini juga lebih memilih untuk menghindari banyak acara sosial.

Dalam hal berhubungan, anxious introvert akan lebih memilih melakukan kegiatan yang membuatnya merasa nyaman. Kencan buta atau speed dating juga bukanlah hal yang menarik bagi mereka.

2. Thinking Introvert

Seorang dengan kepribadian thinking introvert memiliki kecerdasan alami, kreatif, dan merupakan seorang pemikir. Mereka suka menghabiskan waktu untuk berpikir tentang suatu hal yang bisa tetap membuat mereka kreatif dan imajinatif.

Thinking introvert memiliki self awareness yang tinggi dan memiliki sifat introspektif. Mereka juga cenderung sering meminta waktu untuk memikirkan sesuatu sebelum membuat keputusan atau merespons suatu pertanyaan.

Baca Juga: Bukan Red Flag dan Green Flag tapi Beige Flag, Apa Itu?

3. Restrained Introvert

Introvert tipe ini merupakan orang yang sangat tertutup kepada orang yang belum mereka kenal. Namun, seiring berjalannya waktu, jika mereka merasa nyaman maka mereka akan membuka diri dan menjadi diri mereka sendiri.

Restrained introvert adalah seorang yang menyukai pergerakan kecil dalam hidupnya dan menyukai hal hal yang tidak terprediksi.

Dalam hal berhubungan, introvert tipe ini cenderung lebih suka memendam perasaannya hingga ia merasa nyaman untuk bercerita walaupun dengan pasangannya sendiri.

4. Social Introvert

Mengutip dari laman Web MD, social introvert merupakan tipe introvert yang klasik. social introvert menyukai circle pertemanan yang kecil dan lebih memilih berada dalam kelompok kecil dibandingkan dengan keramaian.

Bukan karena pemalu, namun social introvert lebih nyaman untuk berada dalam circle kecil bahkan sendirian. Dalam sebuah hubungan, social introvert akan selalu meminta waktu sendiri untuk me-recharge kembali diri mereka.

Nah, jadi makin tahu kan, kalau ada beragam tipe kepribadian introvert dan ciri khasnya. Anda masuk kategori mana, nih?

Selanjutnya: Ketahui Arti Warna Bunga Mawar di Sini, Beda Warna Beda Arti Loh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News