Santai

4 Tanda Kulit Alami Over Eksfoliasi Alias Eksfoliasi Berlebihan, Cek di Sini

4 Tanda Kulit Alami Over Eksfoliasi Alias Eksfoliasi Berlebihan, Cek di Sini

MOMSMONEY.ID - Jika muncul beberapa tanda ini, bisa jadi kulit Anda mengalami over eksfoliasi atau eksfoliasi berlebihan.

Eksfoliasi adalah salah satu tahap dalam perawatan wajah atau skincare yang memiliki peran penting untuk membantu kulit tetap terlihat lebih cerah dan tidak kusam.

Eksfoliasi sendiri hanya bisa dilakukan 1-2 kali seminggu saja. Jangan lebih dari itu lantaran kulit Anda bisa mengalami over eksfoliasi.

Baca Juga: Viral di Sosmed, Sudah Tahu Belum Arti Skena? Ini Lo Penjelasannya

Sebab dalam proses ini, kulit mati yang ada di permukaan wajah hingga bagian dalam lapisan kulit diangkat melalui proses kimia.

Apa saja kah tanda kulit yang mengalami over eksfoliasi? Simak beberapa tandanya di sini.

Kulit kering

Mengutip dari laman Health Shots, eksfoliasi yang berlebihan juga bisa menyebabkan kulit terasa lebih kering dan pecah-pecah.

Eksfoliasi yang berlebihan bisa membuat kulit kehilangan kelembapan alami yang menutrisi dan menjaga kelembapan kulit. Alhasil, kulit bisa terasa lebih kering, patchy, dan seperti pecah-pecah.

Jerawat

Jerawat ringan, breakout, atau purging bisa jadi salah satu tanda kulit yang sedang mengalami over eksfoliasi. Penyebabnya, kerusakan lapisan kulit yang tereksfoliasi berlebih.

Biasanya, pembengkakan ini terjadi dan menimbulkan jerawat yang besar hingga berkelompok. Serta biasanya bertahan dengan lebih lama sembuhnya. Sehingga, ketika sudah mulai muncul jerawat breakout sebaiknya mulai mengurangi intensitas eksfoliasi.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Ini 4 Manfaat Memakai Sunscreen di Dalam Ruangan

Kulit berminyak

Selain kulit kering, over eksfoliasi juga bisa membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak. Hal tersebut diakibatkan karena kulit memproduksi kembali minyak yang hilang akibat proses eksfoliasi yang berlebih.

Ketika minyak alami di kulit hilang karena proses eksfoliasi berlebih maka kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk membuatnya lembap kembali secara alami.

Iritasi dan kemerahan

Tanda utama yang bisa dilihat dari over eksfoliasi ini adalah munculnya iritasi dan kemerahan pada kulit. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika menggunakan cara eksfoliasi dengan bahan kimia.

Melansir dari laman Health Line, jika kemerahan tidak berhenti selama beberapa hari, maka penggunaan produk eksfoliasi bisa saja terlalu keras dan merusak skin barrier. Sehingga, sebaiknya untuk segera mengganti produk dengan komposisi yang lebih ringan.

Coba mulai perhatikan, ya. Itulah tadi beberapa tanda kulit yang berada di kondisi over eksfoliasi atau eksfoliasi berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News