Keluarga

4 Minuman Teh Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Jadi Stabil!

4 Minuman Teh Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Jadi Stabil!

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 minuman teh terbaik untuk penderita diabetes. Yuk, simak dan catat!

Teh termasuk pilihan minuman yang bagus untuk penderita diabetes. Ini karena teh bisa menjadi cara bebas karbohidrat untuk memberikan hidrasi dan antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melawan radikal bebas yang kerap merusak sel dan materi genetik. Tatkala tubuh dipenuhi radikal bebas, akan terjadi stres oksidatif yang berkontribusi pada timbulnya kondisi kesehatan termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Oleh karena itu, mengonsumsi teh disarankan untuk membantu mencegah diabetes.

Bagi para penderita diabetes tipe 2, teh menawarkan manfaat khusus yang mungkin sangat dibutuhkan. Sebuah meta-analisis tentang teh dan dampaknya terhadap risiko diabetes menyimpulkan bahwa minum 3 cangkir teh atau lebih per hari dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes.

Melihat manfaatnya yang luar biasa tersebut, kira-kira apa saja teh yang terbukti bagus bagi penderita diabetes? Melansir Everyday Health, berikut 4 minuman teh terbaik untuk penderita diabetes.

Baca Juga: Bikin Berat Badan Naik, Ternyata Ini 4 Dampak Buruk Tidak Sarapan

1. Teh hitam

Minuman teh terbaik untuk penderita diabetes yang pertama adalah teh hitam.

Teh hitam atau black tea berasal dari tanaman yang sama dengan teh hijau. Bedanya hanya terletak pada metode pemrosesannya.

Sebuah ulasan yang diterbitkan pada tahun 2019 mencatat bahwa minum teh hitam dapat mengurangi risiko terkena diabetes atau komplikasi diabetes. Selain itu, para peneliti mengungkapkan bahwa teh hitam mampu bekerja di dalam tubuh dengan meningkatkan resistensi insulin, memainkan peran seperti insulin, serta mengurangi respons peradangan.

Menurut sebuah studi pada tahun 2017, minum teh hitam setelah mengonsumsi gula dapat membantu mengontrol glukosa darah. Adapun penelitian kecil ini mengamati orang-orang dengan pradiabetes dan orang-orang tanpa diabetes.

2. Teh hijau

Minuman teh terbaik untuk penderita diabetes yang kedua adalah teh hijau.

Sebuah tinjauan penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dan ekstrak teh hijau dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dan mungkin berperan dalam mencegah diabetes tipe 2 maupun obesitas.

Salah satu penelitian dalam tinjauan tersebut menemukan bahwa orang yang rutin minum teh hijau selama lebih dari 10 tahun memiliki lemak tubuh lebih rendah dan lingkar pinggang lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak. Pada gilirannya, efek ini akan mencegah obesitas, yang mana obesitas kerap meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 setidaknya 6 kali lipat.

Dalam teh hijau, ada senyawa kuat bernama EGCG yang terbukti meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel otot. Adapun senyawa EGCG yang merangsang glukosa untuk memasuki sel otot kemungkinan berguna untuk mengobati diabetes pada akhirnya.

Baca Juga: Apakah Laki-laki Bisa Terkena Kanker Payudara? Begini Jawabannya!

3. Teh hibiscus

Minuman teh terbaik untuk penderita diabetes yang ketiga adalah teh hibiscus atau teh kembang sepatu.

Selain memiliki cita rasa yang menyegarkan, teh hibiscus juga dapat membantu mengelola diabetes dan masalah lain yang berkaitan dengan diabetes lho.

Teh hibiscus dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Dan, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, penderita diabetes lebih mungkin terkena penyakit jantung serta memiliki peluang lebih besar terkena serangan jantung dan stroke.

Dengan minum 8 ons teh hibiscus 2 kali sehari, itu bisa mengurangi tekanan darah sistolik pada individu dengan diabetes dalam periode 1 bulan. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi para penderita diabetes yang mana mereka berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

Tinjauan dari tahun 2015 menemukan bahwa teh hibiscus secara signifikan membantu menurunkan angka tekanan darah sistolik dan diastolik. Seperti yang dicatat oleh CDC, tekanan darah sistolik mengacu pada tekanan darah di arteri saat jantung berdetak. Sementara itu, tekanan darah diastolik adalah angka terbawah yang menunjukkan tekanan arteri di antara detak jantung.

4. Teh rooibos

Minuman teh terbaik untuk penderita diabetes yang keempat adalah teh rooibos.

Teh rooibos merupakan teh herbal asal Afrika Selatan. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, namun model laboratorium menunjukkan bahwa teh rooibos mungkin bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Penurunan berat badan sendiri merupakan faktor kunci dalam membantu penderita pradiabetes menunda atau mencegah timbulnya diabetes tipe 2, menurut penelitian. Penulis penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa penurunan berat badan dapat membantu orang yang sudah menderita diabetes tipe 2 mengontrol gula darahnya dengan lebih baik dan berpotensi mengurangi perkembangan penyakit tersebut.

Teh rooibos mengandung senyawa aspalathin yang memiliki sifat penurun glukosa, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2019. Berdasarkan penelitian tersebut, senyawa aspalathin dalam teh rooibos dapat membantu membalikkan penyakit metabolik. Penyakit metabolik sendiri merupakan sekelompok kondisi seperti kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang dan gula darah tinggi yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, serta diabetes tipe 2.

Penelitian tahun 2009 pada tikus dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa senyawa aspalathin membantu meningkatkan intoleransi glukosa dan mungkin bermanfaat dalam membantu mengontrol gula darah untuk diabetes tipe 2.

Itulah 4 minuman teh terbaik untuk penderita diabetes. Apapun teh yang Anda pilih, selalu ingat untuk menjaganya bebas gula. Selain itu, Anda juga perlu tahu kapan harus memotong asupan kafein guna mendukung kualitas tidur terbaik.

Selanjutnya: Mengintip Kemampuan Hwasong-18, ICBM Terbaru Korea Utara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News