Keluarga

4 Manfaat Pijat untuk Kesehatan Mental, Kurangi Stres hingga Gangguan Tidur!

4 Manfaat Pijat untuk Kesehatan Mental, Kurangi Stres hingga Gangguan Tidur!

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 manfaat pijat untuk kesehatan mental yang harus Anda tahu.

Secara luas, pijat didefinisikan sebagai manipulasi manual pada otot dan jaringan lunak tertentu lainnya di tubuh termasuk jaringan ikat, ligamen, dan tendon dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan.

Selain manfaat fisik, ternyata pijat juga menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan mental dan emosional lho.

Terbukti bisa meningkatkan relaksasi hingga kebahagiaan, berikut 4 manfaat pijat untuk kesehatan mental yang harus Anda tahu sebagaimana dilansir dari National University of Health Sciences.

Baca Juga: Ini Titik Daerah Rawan Banjir di Kota Malang, Coba Hindari Saat Hujan Deras

1. Meningkatkan relaksasi

Manfaat pijat untuk kesehatan mental yang pertama yaitu meningkatkan relaksasi.

Ketika Anda merasa rileks, itu dapat menurunkan detak jantung, tekanan darah, konsumsi oksigen, dan kadar hormon stres kortisol. Adapun kondisi ini bermanfaat untuk membantu mengurangi stres dan kecemasan yang kerap menyebabkan depresi.

Kabar baiknya, Anda tak perlu mendatangi tempat pijat untuk mendapatkan manfaat tersebut. Cukup dengan duduk di kursi pijat, Anda sudah bisa merasakan manfaat pijat untuk kesehatan mental.

Penelitian telah menunjukkan bahwa perubahan fisiologis dan psikologis terjadi bahkan setelah Anda duduk di kursi pijat selama 10-15 menit. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih signifikan, Anda bisa memadukan terapi pijat dengan aromaterapi yang menenangkan.

2. Mengurangi gangguan tidur

Manfaat pijat untuk kesehatan mental yang kedua yaitu mengurangi gangguan tidur.

Pijat tidak hanya berguna untuk relaksasi sesaat. Pijat juga telah terbukti mampu memperbaiki pola tidur pada semua jenis orang termasuk anak-anak, remaja, serta orang dewasa yang menderita insomnia, palsi serebral, fibromyalgia, migrain, dan masih banyak lagi.

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menerima pijatan selama 30 menit sebanyak 2 kali seminggu selama 5 minggu melaporkan penurunan rasa sakit yang signifikan, sehingga mengurangi gangguan tidur.

Jika pijat profesional tidak memungkinkan bagi Anda secara finansial, ajaklah pasangan Anda untuk memijat satu sama lain. Pijatan ringan bahkan hanya selama 3 menit sebelum tidur sudah bisa memberikan perbedaan yang positif.

Baca Juga: Sebelum Pakai, Kenali 3 Tipe Jenis Sunscreen di Sini

3. Meningkatkan kebahagiaan secara keseluruhan

Manfaat pijat untuk kesehatan mental yang ketiga yaitu meningkatkan kebahagiaan secara keseluruhan.

Terapi pijat telah diketahui dapat menurunkan stres, mengurangi kecemasan, dan mengurangi sifat mudah marah.

Saat Anda mendapatkan pijatan, akan terjadi peningkatan serotonin dan dopamin di otak. Pada gilirannya, kombinasi dari efek ini mampu menghasilkan perasaan yang lebih bahagia.

Jadi, pertimbangkan untuk melakukan pijat secara rutin jika Anda kerap dilanda kesedihan atau emosi negatif lainnya akhir-akhir ini.

4. Meringankan gejala penyakit kronis

Manfaat pijat untuk kesehatan mental yang keempat yaitu meringankan gejala penyakit kronis.

Orang yang menderita penyakit kronis sering kali mengalami tingkat stres yang lebih tinggi. Apabila stres dibiarkan terus meningkat, itu dapat memperburuk kondisi yang pada gilirannya menyebabkan lebih banyak stres dan berakhir menjadi lingkaran setan.

Kendati belum terbukti mampu menyembuhkan penyakit apapun, namun terapi pijat telah terbukti bisa membantu meningkatkan kualitas hidup pada banyak orang.

Misal, anak-anak penderita kanker yang dipijat secara teratur ditemukan mengalami penurunan efek samping dari pengobatan kanker seperti berkurangnya rasa sakit, kecemasan, dan depresi. Itu artinya, pijat mampu menempatkan anak-anak tersebut pada kondisi psikologis dan fisiologis yang lebih baik agar dapat melawan penyakitnya dengan lebih baik.

Itulah 4 manfaat pijat untuk kesehatan mental. Luar biasa kan, Moms? Jadi, yuk mulai pijat secara teratur!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News