Keluarga

4 Cara Memilih Lipstik untuk Bibir Kering, Hindari Kandungan Ini!

4 Cara Memilih Lipstik untuk Bibir Kering, Hindari Kandungan Ini!

MOMSMONEY.ID - Takut pakai lipstik karena bibir kering? Tenang, kali ini MomsMoney akan membagikan 4 cara memilih lipstik untuk bibir kering. Simak sampai akhir, ya!

Sering dialami oleh banyak orang, kondisi bibir kering dapat disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal.

Faktor internal meliputi perubahan hormon, penyakit, alergi, dan kekurangan nutrisi. Sementara itu, faktor eksternal meliputi paparan sinar matahari, cuaca, kebiasaan menjilat bibir, merokok, jarang menggunakan lip balm, hingga penggunaan produk bibir dengan kandungan yang tidak tepat.

Selain menerapkan perawatan khusus untuk bibir kering, Anda juga perlu menggunakan produk lipstik yang tepat jika ingin tampil segar dan maksimal.

Supaya tak salah pilih, ikutilah 4 cara memilih lipstik untuk bibir kering yang dilansir dari laman Maybelline berikut ini.

Baca Juga: Tips Hadapi Mabuk Perjalanan, Pastikan Bawa Obat-obatan Ini

1. Pilih lipstik bertekstur lembut

Cara memilih lipstik untuk bibir kering yang pertama yaitu pilih lipstik bertekstur lembut.

Bagi Anda yang memiliki atau sedang mengalami masalah bibir kering, sangat disarankan untuk memilih lipstik dengan tekstur yang lembut. Karena, biasanya, lipstik seperti ini memiliki kandungan air yang cukup sehingga dapat melembabkan atau menghidrasi bibir. Plus, tidak akan membuat bibir menjadi terlalu atau semakin kering saat digunakan.

Selain itu, lipstik dengan tekstur yang lembut juga cenderung ringan sehingga terasa lebih nyaman ketika diaplikasikan di bibir.

2. Pastikan lipstik mengandung bahan yang melembabkan

Cara memilih lipstik untuk bibir kering yang kedua yaitu memastikan lipstik mengandung bahan yang melembabkan.

Selain tekstur yang lembut, sebaiknya Anda juga memilih lipstik yang mengandung pelembab di dalamnya apabila kulit bibir Anda tergolong kering.

Dengan menggunakan lipstik yang mengandung pelembab, itu dapat menjaga dan memberikan kelembaban pada bibir Anda sehingga tidak akan membuat bibir menjadi kering atau pun bertambah kering. Pertimbangkan juga untuk memilih lipstik yang mengandung vitamin guna melembabkan sekaligus menutrisi kulit bibir Anda.

Baca Juga: Ini 4 Cara Aman Coba Skincare Baru Agar Kulit Tidak Rusak

3. Hindari lipstik yang mengandung alkohol atau menthol

Cara memilih lipstik untuk bibir kering yang ketiga yaitu menghindari lipstik yang mengandung alkohol atau menthol.

Untuk pemilik bibir kering, pastikan bahwa lipstik yang Anda gunakan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat membuat bibir kering dan iritasi ya. Bahan-bahan ini termasuk alkohol dan menthol.

Lipstik yang mengandung alkohol dan menthol wajib dihindari para pemilik bibir kering karena bisa mengikis kelembaban pada bibir dan membuat bibir menjadi semakin kering nantinya. Tak sampai di situ, alkohol juga dapat menyebabkan kondisi bibir pecah-pecah kian parah.

4. Pilih lipstik dengan formula tahan lama dan awet

Cara memilih lipstik untuk bibir kering yang terakhir yaitu pilih lipstik dengan formula tahan lama dan awet.

Bukan hanya mampu memaksimalkan penampilan, lipstik dengan formula tahan lama dan awet juga dapat mengurangi pengaplikasian produk secara berulang yang berpotensi membuat bibir semakin kering.

Itulah 4 cara memilih lipstik untuk bibir kering. Sudah tak bingung lagi kan, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News