Keluarga

4 Bonsai Adenium Termahal di Indonesia, Begini Tips dan Cara Merawatnya

4 Bonsai Adenium Termahal di Indonesia, Begini Tips dan Cara Merawatnya

MOMSMONEY.ID - Tanaman adenium sudah tak asing bagi pecinta tanaman hias. Adenium merupakan tanaman hias yang berukuran kecil dan sekilas mirip bonsai. Ada beragam jenis bonsai adenium termahal yang ada di Indonesia. 

Bonsai adenium termahal di Indonesia memiliki harga yang tergolong fantastis. Hal tersebut karena harga jual adenium di Indonesia cukup tinggi. 

Dalam artikel ini, ada empat bonsai adenium termahal di Indonesia yang memiliki karakteristik dan ciri yang berbeda-beda. 

Oleh karena itu, Anda perlu menyimak artikel ini. Sebab, bisa jadi empat bonsai adenium termahal ini ada di sekitar rumah Anda. 

Baca Juga: Tanaman Hias yang Tumbuh Tanpa Tanah, Terlihat Lebih Bersih dan Praktis

Mengutip laman Bibit Bunga, berikut empat bonsai adenium termahal di Indonesia:

1. Adenium Somalense

Jenis tanaman adenium ini merupakan tanaman adenium pertama yang memiliki harga fantastis. Tanaman ini memiliki kelebihan  pada bentuk daun dan mahkota bunganya yang sangat unik dan cantik. 

Adenium Somalense berbentuk kecil runcing dan bergelombang berwarna hijau tua serta dihiasi tulang daun yang berwarna putih. 

Mahkota bunga adenium jenis ini berbentuk bintang dengan ukuran yang cukup kecil. Selain itu, memiliki warna dasar merah muda. 

Jenis tanaman adenium somalense ini juga memiliki batang yang berbonggol besar dengan cabang yang merunduk. 

Perlu diketahui, adenium jenis ini mulai banyak dibudidayakan karena tergolong langka. 

2. Adenium Obesum 

Biasanya, jenis adenium ini sering ditemukan di rumah atau perkarangan rumah untuk hiasan. Kelebihan Adenium Obesum terletak pada bentuk bonggol kerdilnya yang sangat bervariasi sehingga menimbulkan keindahan tersendiri. 

Di Indonesia sendiri, umumnya Obesum memiliki tinggi 1-3 meter saja dengan aneka bentuk bonggol yang unik dan eksotik saat ditampilkan di atas permukaan tanah. 

Mahkota tanaman adenium jenis ini berbentuk corong panjang berukuran putih di bagian dalam. 

Adenium Obesum menjadi salah satu tanaman adenium yang mudah beradaptasi sehingga banyak yang merawatnya. 

Baca Juga: 10 Bunga yang Bisa Ditanam di Air, Jadi Inspirasi Menanam Tanpa Tanah

3. Adenium Multiflorum 

Berbeda dengan jenis adenium sebelumnya, adenium multiflorum masih jarang ditemukan di Indonesia. 

Hal ini karena proses pertumbuhannya yang tergolong lambat dan membutuhkan kesabaran tinggi.

Bonggol adenium multiflorum memiliki proses yang lama untuk tumbuh cukup besar sehingga kebanyakan bunga ini terlihat memiliki bonggol yang paling kecil. 

Bunganya juga tergolong lambat bersemi serta tidak bisa mekar setiap hari tetapi hanya mekar 2 minggu sekali. Tetapi, sekalinya mekar, kecantikan bunganya tak perlu diragukan lagi.

4. Adenium Socotranum 

Adenium socotranum menjadi bonsai adenium termahal di Indonesia yang memiliki bonggol kerdil dengan batang sempit yang sangat banyak berwarna coklat. 

Sesuai dengan batangnya, bunga dari Adenium jenis ini juga berjumlah sangat banyak di setiap batang dengan bentuk yang menyerupai bunga sakura.

Mahkota adenium socotranum berwarna merah muda dengan diameter 10-13 cm dengan petal warna kekuningan seperti pohon sakura mini. 

Sama seperti adenium multiflorum, jenis adenium ini memiliki proses mekar yang tergolong lambat karena jarang terkena air. 

Baca Juga: Selain Mawar, Ini 8 Jenis Bunga untuk Hari Valentine yang Cocok Dijadikan Buket

Tips dan cara merawat adenium 

Pertama, ingatlah bahwa tanaman adenium berasal dari daerah dengan tanah yang buruk dan berpasir serta iklim yang panas dan cerah.

Anda tidak dapat mengharapkan tanaman tumbuh subur di tanah yang terlalu lembab di lokasi dengan cahaya terbatas.

Adenium juga tidak tahan beku dan akan mati jika terkena beku terlalu lama. Tanaman ini tidak akan bertahan lama jika terkena suhu di bawah 4 derajat Celcius. 

Namun, tanaman adenium akan tumbuh subur pada suhu yang mencapai 32 derajat Celcius. 

Pilihlah lokasi cerah yang terlindung dari sinar matahari siang, karena cahaya yang banyak juga dapat menghanguskan dedaunan.

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Hias Calathea dan Harganya, Lengkap Cara Merawatnya

Tanaman adenium harus memiliki campuran tanah kaktus dengan pasir atau batu lava untuk drainase yang baik.

Satu hal yang akan membunuh tanaman ini dengan cepat adalah penyiraman yang tidak tepat.

Jaga agar tanah cukup lembab saat musim kemarau. Kemudian, kurangi penyiraman di musim hujan. 

Pemupukan dengan pengenceran setengah dari makanan tanaman cair 20-20-20 sebulan sekali saat tanaman aktif tumbuh.

Hama yang paling umum adalah skala, kutu putih, dan tungau laba-laba. Gunakan bola kapas yang dibasahi alkohol untuk membersihkan penyamun serangga ini.

Berhati-hatilah, karena Adenium termasuk dalam keluarga Dogbane, dengan semua spesies mengeluarkan getah beracun yang dapat mengiritasi kulit dan selaput lendir.

Itulah informasi mengenai bonsai adenium termahal di Indonesia yang perlu diketahui. Anda juga dapat menyimak tips dan cara merawatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News