Bugar

4 Bahan Eksfoliasi Wajah Alami untuk Kulit Kering yang Harus Anda Coba

4 Bahan Eksfoliasi Wajah Alami untuk Kulit Kering yang Harus Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Eksfoliasi wajah cukup penting, Anda bisa mencoba beberapa bahan eksfoliasi wajah alami untuk kulit kering. Eksfoliasi perlu dilakukan supaya kulit kusam dan kering tidak menempel di wajah.

Eksfoliasi bermanfaat untuk melembabkan kulit, mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Jika ingin merawat kulit dengan bahan alami, Anda bisa melakukan beberapa cara yang mudah didapat.

Melansir herworld.co.id, berikut empat bahan eksfoliasi wajah alami untuk merawat kulit wajah: 

1. Gula pasir

Bahan eksfoliasi alami pertama yang banyak orang tahu adalah gula. Gunakan bahan gula untuk menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan wajah. Jika ingin tetap menjaga kelembapan kulit, eksfoliasi wajah memakai gula jadi solusi. 

Salah satu racikan scrub yang bisa dicoba adalah mencampurkan gula dengan buah pisang. Anda cukup menghaluskan satu buah pisang matang dengan garpu.

Lalu, campurkan gula dan seperempat sendok teh ekstrak vanila atau minyak esensial pilihan. Setelah tercampur, perlahan pijatkan pada wajah yang lembap dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

2. Yoghurt

Bahan eksfoliasi alami untuk kulit selanjutnya adalah yoghurt. Ternyata asam laktat di dalam yoghurt berperan baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi pertumbuhan jerawat, dan menghaluskan wajah.

Mengeksfoliasi wajah dengan yoghurt memang butuh untuk bersabar dalam melakukan prosesnya. Anda hanya perlu meratakannya ke seluruh wajah dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas hingga bersih.

Lakukan ini secara rutin beberapa kali dalam satu minggu dan perhatikan apa yang berubah dari wajah.

Baca Juga: 4 Cara Memutihkan Siku dan Lutut Secara Alami

3. Stroberi

Berikutnya, Anda bisa menggunakan stroberi untuk mengeksfoliasi kulit wajah. Selain memberi kesegaran pada wajah, buah stroberi menyimpan kandungan salicylic acid yang bisa cegah pertumbuhan jerawat, melawan tanda-tanda penuaan, sekaligus memastikan wajah tetap bersih.

Anda hanya perlu menghaluskan stroberi hingga membentuk pasta, lalu mencampurnya dengan setengah gelas gula dan dua sendok makan sweet almond oil.

Kemudian, aplikasikan strawberry yang telah dihaluskan satu atau dua kali seminggu, apalagi kalau memiliki kulit sensitif.

4. Kacang almond

Bahan eksfoliasi alami terakhir adalah kacang almond. Proses eksfoliasi tak perlu terlalu kasar, justru penting untuk mencari bahan yang bisa tenangkan kulit.

Anda hanya memerlukan 12 kacang almond mentah untuk dihaluskan hingga menjadi bubuk halus, setelah itu dicampurkan dengan satu atau dua sendok makan minyak jojoba.

Setelah tercampur sempurna, kemudian aplikasikan ke wajah dengan gerakan melingkar dan bersihkan dengan lap yang sudah direndam air hangat.

Hasilnya, wajah akan terlihat lebih halus dan lembap, lalu cocok untuk kulit yang berjerawat karena minyak jojoba dikenal non-comedogenic.

Itulah empat bahan eksfoliasi alami untuk merawat kulit wajah. Dapatkan kulit sehat dan lembab dari bahan alami. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News