Santai

26 Ucapan Hari Buku Nasional 2023 Penuh Makna, Cocok Jadi Caption Media Sosial

26 Ucapan Hari Buku Nasional 2023 Penuh Makna, Cocok Jadi Caption Media Sosial

MOMSMONEY.ID - Tanggal 17 Mei diperingati sebagai Hari Buku Nasional (Harbuknas). Terdapat kumpulan ucapan Hari Buku Nasional 2023 yang penuh makna dan motivasi. 

Ucapan Hari Buku Nasional 2023 ini ada yang berasal dari kutipan kata-kata dari tokoh ternama. 

Ada juga ucapan Hari Buku Nasional 2023 yang penuh makna untuk memberikan motivasi kepada semua orang. 

Mengutip Perpustakaan Lemhannas RI, Harbuknas dicetuskan oleh Abdul Malik Fadjar, yaitu Menteri Pendidikan yang menjabat di era Kabinet Gotong Royong (2001-2004).

Baca Juga: 35 Twibbon Hari Buku Nasional 2023 Diperingati 17 Mei, Bagikan di Media Sosial

Tanggal 17 Mei dipilih karena bertepatan dengan momen berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, yaitu pada 17 Mei 1980.

Berikut ini 26 ucapan Hari Buku Nasional 2023. 

Kumpulan Ucapan Hari Buku Nasional 2023 

1. Buku adalah sumber ilmu. Transformasi peradaban suatu negeri diukur sejauh mana literasi suatu negeri tinggi. Membaca adalah melawan, melawan kebodohan!! Selamat Hari Buku Nasional 2023. 

2. Membaca merupakan tradisi dan kebiasaan orang. Para tokoh filsuf Islam maupun barat juga dilahirkan dari kebiasaan membaca untuk menopang ilmu pengetahuan mereka. Selamat Hari Buku Nasional 2023. 

3. Membaca adalah melawan, melawan kebodohan, ketidakadilan dan oligarki. Oleh sebab itu, sejauh mana kita memproduksi bahan bacaan harus diaktualisasikan untuk merawat negeri! Selamat Hari Buku Nasional 2023. 

4. Bung Hatta mengatakan aku lebih baik dipenjara asal bersama buku, karena dengan buku maka aku bebas. Ungkapan tersebut menandakan pentingnya membaca buku sebagai upaya merawat akal sehat. Selamat Hari Buku Nasional 2023. 

5. Daripada sering membeli baju lebih baik membeli buku. Tradisi itu merupakan kebiasaan kaum intelektual, visioner dan progresif. Aktivis sejati mereka yang memperkaya wawasan bukan penampilan! Selamat Hari Buku Nasional 2023. 

6. Membaca memberikan kita sebuah tempat untuk pergi ketika kita tidak bisa pergi kemana-mana. 

Baca Juga: 28 Twibbon Hari Jadi Sleman 2023 ke-107, Cocok Jadi Foto Profil dan Bagikan di Medsos

7. Buku itu seperti cermin, kalau yang berkaca padanya adalah seorang yang bodoh. Engkau tak bisa jadi jenius. 

8. Selamat Hari Buku Nasional. Bacalah, karena buku sahabat terbaikmu sepanjang waktu. Bacalah, karena kualitas dirimu bergantung pada kualitas bacaanmu.

9. Selamat Hari Buku Nasional 2023. Membaca bisa menjadi kekuatan super untuk anak. Membaca dapat membuat anak mulai memahami sebab dan akibat sehingga kemampuan berpikir logis mereka akan lebih berkembang.

10. Selamat Hari Buku Nasional 2023. Kita luar biasa dengan membaca.

11. Mempersiapkan generasi bahagia dan cerdas melalui kecintaan terhadap buku.

12. Selamat Hari Buku Nasional 2023. Buku adalah gudang ilmu, semakin rajin baca semakin besar ilmu yang kita dapat.

13. Mari ambil buku dan pena kita, itu adalah senjata paling ampuh menuju masa depan. Selamat Hari Buku Nasional. 

14. Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak hal yang akan kamu ketahui. Semakin banyak kamu belajar, semakin banyak tempat yang akan kamu kunjungi. 

15. Buku adalah warisan yang ditinggalkan oleh jenius besar bagi umat manusia, yang diturunkan dari generasi ke generasi sebagai hadiah kepada anak cucu yang belum lahir.

Kata-kata Tokoh untuk Hari Buku Nasional 2023

16. Saya rela di penjara asalkan bersama Buku, sebab dengan novel saya leluasa (Mohammad Hatta).

17. Lawan Sastra Ngesti Mulya, dengan pengetahuan kita mengarah kemuliaan (Ki Hadjar Dewantara).

18. Jika suatu bahasa dengan kesusasteraannya tidak di dukung oleh tradisi membaca masyarakatnya, hingga kematiannya hendak lekas menyusul (Ajip Rosidi).

Baca Juga: 25 Twibbon Hari Kesatuan Gerak PKK 2023, yuk Bagikan di Media Sosial

19. Jika kita membaca novel yang sama dengan yang di baca orang lain, kita hanya dapat berpikir semacam orang lain (Haruki Murakami).

20. Sastra yang baik senantiasa ialah kaca suatu warga (Mochtar Lubis).

21. Serta sastra itu sesuatu perihal yang bagus, Varenka, sangat bagus. Saya ketahui itu dari mereka 2 hari yang kemudian. Sesuatu perihal yang bagus! Satu perihal yang menguatkan hati manusia, berikan pelajaran serta bermacam perihal lain tentang ini tertulis dalam novel kepunyaan mereka itu (Fyodor Dostoyevsky).

22. Sepanjang toko Buku terdapat, sepanjang itu pustaka dapat dibangun kembali. Jika butuh serta memanglah butuh, baju serta santapan dikurangi  (Tan Malaka).

23. Terdapat sebagian kejahatan yang lebih kurang baik dari membakar novel. Salah satunya merupakan tidak membacanya (Joseph Brodsky).

24. Buku wajib jadi kapak buat membongkar samudera beku dalam diri kita (Franz Kafka).

25. Buku itu semacam kaca. Bila yang bercermin merupakan orang bodoh, kalian tidak dapat mengharapkan kalau yang terpantul merupakan orang jenius (J. K Rowling).

16. Membaca ialah upaya merengkuh makna, ikhtiar untuk memahami alam semesta. Itulah mengapa buku disebut jendela dunia, yang merangsang pikiran agar terus terbuka. (Najwa Shihab)

Itulah beberapa kumpulan ucapan Hari Buku Nasional 2023 yang dapat Anda gunakan dan bagikan di media sosial. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News