Keluarga

11 Tanaman Hias yang Mudah Ditanam Siapapun Termasuk Pemula

11 Tanaman Hias yang Mudah Ditanam Siapapun Termasuk Pemula

MOMSMONEY.ID - Tanaman hias memiliki segudang manfaat, tidak hanya menambah suasana ruangan. Sebagai pemula, tahukah Anda tanaman hias yang mudah ditanam lo.

Tentu saja, ada beberapa tanaman hias yang mudah ditanam. Jika Anda baru pertama kali menanam tanaman atau kesulitan menjaga tanaman, Anda perlu menyimak artikel ini. 

Tanaman hias yang mudah ditanam siapapun termasuk pemula dapat Anda intip di aritkel ini. 

Baca Juga: Cuaca Dingin Bikin Tanaman Hias Mudah Busuk, Begini Cara agar Tetap Hangat

Mengutip Martha Stewart, berikut 11 tanaman hias yang mudah ditanam siapapun termasuk pemula:

1. Philodendron Daun Hati

Tanaman hias ini adalah pilihan bagus jika Anda mencari tanaman hias yang dapat dengan mudah berpindah dari dalam ruangan ke luar ruangan saat cuaca hangat.

Philodendron memiliki beberapa warna seperti hijau, emas, putih, hijau kuning dan hijau dengan sedikit warna merah jambu. 

2. Lidah Mertua 

Lidah Mertua

Salah satu tanaman yang paling terkenal dengan perawatan rendah karena kemampuannya bertahan tanpa air dan menyukai cahaya rendah.

Tampilannya yang ramping dan sifatnya yang mudah dirawat membuatnya sempurna untuk hampir semua gaya, terutama modern atau kontemporer.

Penyiraman harus dilakukan ketika setengah hingga tiga perempat bagian atas tanah kering jika disentuh.  

3. Lidah Buaya 

Dikenal karena khasiat penyembuhannya, lidah buaya juga merupakan tanaman hias yang mudah dirawat. 

Tanaman ini memiliki kebutuhan air yang sangat rendah dan dapat bertahan berminggu-minggu tanpa diberi minum.

Baca Juga: Tanaman Hias untuk Menjaga Rumah Tetap Sejuk Selama Musim Panas

4. Aglaonema

Ada banyak jenis pohon cemara Cina (Aglaonema) yang tersedia dan sebagian besar mudah dirawat. Tanaman ini memiliki daun beraneka ragam dalam corak putih, perak, kuning, merah jambu, merah, dan seterusnya.

aglonema

Cemara Cina adalah tanaman dengan kadar air rendah dan hanya boleh diberi minuman setelah setengah hingga tiga perempat bagian atas tanah mengering.

5. Hoya 

Tanaman lilin (Hoya) mempunyai daun yang tebal dan kasar pada batangnya. Jika mereka senang, mereka akan mekar kumpulan bunga harum berbentuk bintang. 

Seperti kebanyakan tanaman dalam daftar ini, tanaman lilin dapat bertahan hidup dalam cahaya redup dengan sedikit penyiraman. 

Perhatikan bahwa bunganya kemungkinan besar muncul dalam cahaya yang lebih terang. Siram setengah hingga tiga perempat bagian tanah tanaman dalam keadaan kering.

6. Pothos 

Tanaman merambat yang selalu hijau yang sering disalahartikan sebagai philodendron, pothos (Epipremnum aureum) memiliki daun berbentuk hati pada batang merambat panjang yang berwarna hijau pekat dengan sedikit warna hijau kekuningan atau sedikit warna putih krem.

Ini adalah tanaman dengan kadar air rendah yang dapat bertahan hidup berminggu-minggu tanpa minum, tetapi mungkin perlu disiram sekitar dua hingga tiga kali seminggu ketika kondisi panas dan kering. 

Baca Juga: Ingin Menanam Tanaman Hias di Ruang Tamu? Ini Ragam Tanaman yang Cocok

7. Anggrek Ngengat 

Tidak semua anggrek memiliki perawatan yang tinggi, anggrek ngengat (Phalaenopsis) adalah buktinya.

Anggrek ngengat adalah salah satu anggrek yang paling mudah dan Anda dapat merawatnya sama seperti tanaman hias lainnya. 

Sekitar sekali atau dua kali setahun tanaman ini menghasilkan bunga berduri berbentuk kupu-kupu. Usahakan untuk merepoting anggrek ngengat setiap tahun saat campuran pot mulai rusak. Tanaman ini tahan kekeringan dan hanya membutuhkan sedikit air setiap beberapa minggu.

8. Coleus

Salah satu tanaman paling terkenal dengan perawatan rendah, coleus (Plectranthus scutellarioides) ditanam terutama karena daunnya yang berwarna-warni. 

Tanaman yang kuat harus disiram setiap hari hingga dua hari sekali dan dipupuk dengan pupuk nitrogen tinggi untuk menjaga daun tebal tetap hidup selama musim tanam. 

9. Monstera

Monstera (Monstera deliciosa), juga dikenal sebagai tanaman keju Swiss, terkenal dengan daunnya yang besar dan mencolok.

Seiring waktu, tanaman ini tumbuh seperti tanaman merambat, tetapi Anda dapat memangkasnya agar tetap semak jika Anda mau. 

Ini adalah pilihan perawatan rendah yang bagus karena mampu mentolerir berbagai kondisi, mulai dari cahaya redup hingga kelembapan rendah. Ditambah lagi, tanaman ini bisa bertahan beberapa minggu tanpa disiram.

10. Afrika Violet 

Ideal jika Anda bekerja dengan ukuran luas terbatas, African violet (Streptocarpus) tidak tumbuh terlalu tinggi.

Tanaman hanya membutuhkan air ketika tanah hampir kering, yang biasanya dilakukan seminggu sekali. Yang terbaik adalah menyiramnya dari bawah dengan menuangkan air ke dalam piring dan meletakkan tanaman di atasnya.

Baca Juga: Tanaman Hias Kaktus yang Populer, Punya Beragam Bentuk Unik dan Menarik

11. Tanaman Laba-laba

Tanaman laba-laba (Chlorophytum comosumare) dikenal dengan dedaunannya yang melengkung seperti rumput yang memberi jalan bagi tanaman kecil yang menjuntai melewati dedaunan. 

Tanaman laba-laba dapat ditanam dalam campuran pot atau hidroponik, artinya dapat bertahan hidup dalam wadah berisi air tanpa tanah. 

Tanaman populer ini tahan terhadap periode atau kekeringan tetapi akan mengalami kerusakan daun ringan jika dibiarkan terlalu kering dalam waktu lama.

Itulah beberapa tanaman hias yang mudah ditanam siapapun termasuk pemula. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News