Santai

10 Tips Menggunakan WhatsApp yang Mudah dan Jarang Diketahui Pengguna

10 Tips Menggunakan WhatsApp yang Mudah dan Jarang Diketahui Pengguna

MOMSMONEY.ID - WhatsApp adalah aplikasi perpesanan sederhana, tetapi ada lebih banyak hal yang terjadi selain sekadar memungkinkan Anda mengirim pesan ke teman dan bertukar GIF. Berikut ini tips menggunakan WhatsApp. 

Ada beberapa tips menggunakan WhatsApp yang mudah dan jarang diketahui pengguna. Anda bisa mempelajari beberapa tips menggunakan WhatsApp. 

Mulai dari fitur perpesanan rahasia hingga cara mudah untuk menyesuaikan pengalaman menggunakan WhatsApp. 

Baca Juga: Tips WhatsApp Bikin Teks Format Bullet, Daftar Bernomor, Quote, Bold, Italic Dll

Semua tips menggunakan WhatsApp yang mudah ini dapat Anda simak di artikel ini. 

Berikut ini tips menggunakan WhatsApp yang mudah dan jarang diketahui pengguna. 

1. Balas Pesan Tertentu 

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menyukai di WhatsApp, menekan tombol dan menunjukkan bahwa Anda menyukai sebuah pesan adalah fitur umum di aplikasi jejaring sosial lainnya.

Anda tidak dapat melakukan itu di WhatsApp tetapi Anda dapat dengan mudah membalas pesan tertentu. Itu berfungsi seperti menunjukkan bahwa Anda 'menyukai' pesan tertentu. 

Untuk membalas pesan tertentu agar ditampilkan sebagai kutipan dalam balasan Anda, tekan lama pesan tersebut dan tap Balas. 

2. Sematkan Obrolan

Apakah ada seseorang yang Anda kirimi pesan yang paling penting bagi Anda? Teman dekat atau orang yang dicintai? 

Anda dapat menyematkan percakapan mereka ke bagian atas jendela obrolan sehingga Anda tidak perlu mencari-cari di antara obrolan lain untuk menemukannya. 

Di iOS, geser ke kanan pada pesan, lalu ketuk Sematkan Obrolan. Di Android, tekan lama percakapan obrolan, lalu ketuk paku payung di bagian atas layar.

3. Kirim Lokasi ke Teman

ilustrasi whatsapp

Jika Anda bertemu dengan teman, atau ingin memastikan mereka mengetahui keberadaan Anda, Anda dapat dengan mudah berbagi lokasi dengan seseorang hanya dengan mengetuk satu tombol. 

Cukup ketuk tanda + atau penjepit kertas di samping kotak pesan, lalu ketuk Lokasi > Bagikan Lokasi Langsung.

WhatsApp kemudian akan mengirimkan lokasi Anda kepada orang lain sehingga mereka tahu di mana Anda berada. Ini adalah fitur keamanan yang sangat berguna jika Anda ingin memberi tahu teman di mana Anda berada.

4. Mencari Obrolan

Sangat mudah untuk terbawa suasana saat mengobrol di WhatsApp, sehingga pesan menumpuk dengan cepat. 

Jika Anda terlambat menyadari bahwa Anda ingin menyimpan sesuatu untuk nanti, Anda dapat kembali dan mencari melalui obrolan Anda. 

Baca Juga: Berbagi Layar WhatsApp Mudah, Begini Cara Share Screen Video Call Lewat WA

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetuk ikon pencarian atau mengetik di bilah pencarian untuk mencari apa pun. Ini akan mencari di seluruh percakapan WhatsApp Anda dan dengan cepat menampilkan semua hasilnya. Cukup ketuk pesan yang Anda perlukan untuk langsung ke sana.

5. Penekanan pada Kata-kata 

Anda tidak dibatasi hanya mengetik pesan dengan font dasar WhatsApp. Anda juga dapat menambahkan penekanan pada pesan Whatsapp melalui huruf tebal, miring, atau dicoret. 

Jika Anda ingin membuat kata tebal, cukup tambahkan tanda bintang di kedua sisi kata yang Anda ketikkan. 

Untuk huruf miring, tambahkan garis bawah di kedua sisinya, sementara tanda gelombang di kedua sisinya memberi tanda coretan di seluruh kata.

6. Balas Pesan Obrolan Grup Secara Pribadi

Bagian dari obrolan grup dengan seluruh keluarga atau sekelompok teman? Anda pasti pernah mengalami saat-saat ketika Anda lebih suka berbicara dengan seseorang secara pribadi. 

Tentu saja, Anda dapat menggali obrolan pribadi pribadi Anda, atau membuat yang baru, namun ada cara yang lebih mudah untuk melakukan hal ini.

Di iOS, tekan dan tahan pesan dalam obrolan grup, lalu ketuk Lainnya > Balas Secara Pribadi. Obrolan pribadi terbuka dengan kotak teks di bawah. 

Di Android, Anda perlu menekan dan menahan pesan lalu ketuk tiga titik di pojok kanan atas dan ketuk Balas Secara Pribadi. 

7. Simpan Penyimpanan Data

Apakah penyedia telepon seluler Anda hanya menawarkan kuota data terbatas setiap bulannya? WhatsApp memiliki banyak cara untuk mengawasi cara WhatsApp menggunakan data Anda. 

Baca Juga: 6 Fakta Unik Perayaan Imlek, Orang Awam Jarang Tahu

Untuk melihat berapa banyak data yang telah Anda gunakan sejauh ini, buka Pengaturan > Penyimpanan dan Data > Penggunaan Jaringan. 

Untuk mengunduh media hanya saat Anda tersambung ke jaringan Wi-Fi, buka Pengaturan > Penyimpanan dan Data > Saat menggunakan data seluler dan hapus centang semua kotak.

8. Lihat Sekali Pesan

Untuk tingkat privasi lainnya, Anda dapat membuat gambar yang Anda kirim di WhatsApp “lihat sekali”. 

Menambahkan sebutan ini sebelum Anda menekan Kirim akan membuat foto atau teks hilang segera setelah penerima membacanya. Fitur opsional ini mirip dengan cara kerja di Snapchat dan berguna untuk mengirimkan hal-hal seperti kata sandi.

Dalam pesan, pilih foto atau video yang akan dikirim, lalu ketuk 1 di bidang pesan untuk mengaktifkan “lihat sekali” sebelum Anda mengirim.

9. Ubah Background

Anda tidak harus tetap menggunakan latar belakang default untuk obrolan Anda. Anda dapat mengubah latar belakang WhatsApp Anda menjadi foto favorit atau wallpaper lucu. 

Yang terbaik dari semuanya, Anda dapat memilih foto dari galeri foto ponsel Anda sehingga terlihat lebih pribadi dari biasanya. Buka Pengaturan > Obrolan > Wallpaper > Ubah untuk memilih dari berbagai latar belakang berbeda atau perubahan warna.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Garbera Daisy yang Lagi Viral, Begini Tips Paling Mudah

10. Status Online

Ingin selalu terlihat 'online' di WhatsApp? Anda tidak dapat melakukan ini di ponsel Anda, namun Anda dapat mengaturnya seperti itu jika Anda mendaftar ke aplikasi web WhatsApp. 

Ini menyinkronkan semuanya dari ponsel Anda dan membuatnya tampak seperti Anda selalu tersedia. Bagi pengguna tertentu, ini bisa sangat berguna. Selain itu, ini berarti Anda juga dapat menggunakan WhatsApp di iPad Anda. 

Nah itulah tips menggunakan WhatsApp yang mudah dan jarang diketahui pengguna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News