Santai

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pariwisata Arab Saudi

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pariwisata Arab Saudi

MOMSMONEY.ID - Arab Saudi membuka pintu lebih lebar kepada dunia yang memungkinkan wisatawan menjelajah lebih dari perjalanan ziarah. Anda bisa merencanakan perjalanan untuk bersantai, petualangan, atau eksplorasi budaya.

Otoritas Pariwisata Saudi juga ingin lebih gencar memperkenalkan budaya dan destinasi pariwisata Arab Saudi ke Indonesia. Berikut 10 informasi penting yang harus diketahui setiap wisatawan dari Indonesia tentang wisata Arab Saudi.

1. Mengunjungi Arab Saudi lebih mudah dari sebelumnya

Mengunjungi Arab Saudi menjadi lebih mudah karena warga Indonesia dapat mengajukan permohonan visa untuk Umrah, Liburan, Transit, atau Visa saat kedatangan (Visa on arrival). Pemegang paspor Indonesia yang telah memiliki visa kunjungan ke Inggris, Amerika Serikat atau Schengen juga memenuhi syarat untuk mendapat visa saat kedatangan. 

Selain itu, Visa Transit 96 jam yang baru diluncurkan memungkinkan pengunjung yang bepergian dengan maskapai SAUDIA dan Flynas untuk menghabiskan waktu hingga 96 jam di Arab Saudi sebelum melanjutkan perjalanan. Hal ini menjadikan Arab Saudi destinasi transit yang sempurna bagi pengunjung Indonesia.

2. Mudah diakses dari Indonesia

Sektor penerbangan ke Arab Saudi adalah pemain kunci global. Kapasitas maskapai dari Indonesia telah meningkat lebih dari 20% antara 2019 hingga 2023 melalui tiga maskapai utama, yaitu SAUDIA, Lion Air, dan Garuda Indonesia. 

3. Semakin populer di kalangan wisatawan

Pada tahun 2023, Arab Saudi menyambut lebih dari 100 juta wisatawan, meningkat 156% dibandingkan tahun 2019, ketika negara ini memulai Visi 2030 yang ambisius. Arab Saudi juga mendapat pengakuan sebagai salah satu destinasi wisata yang paling cepat berkembang di dunia, seperti yang dilaporkan oleh Barometer Report 2024 dari World Tourism Organization  (UNWTO).

4. Keamanan bagi wisatawan wanita yang bepergian sendiri atau solo traveler

Arab Saudi menduduki peringkat keamanan tertinggi di antara negara-negara G20 menurut indikator internasional, dan untuk ketiga kalinya berturut-turut tahun ini. Sedangkan Kota Madinah mendapatkan peringkat keselamatan tertinggi untuk perjalanan wanita solo di seluruh dunia oleh InsureMyTrip.

5. Tempat berkembang bagi pengusaha wanita

Sebanyak 45% dari UKM di Arab Saudi dimiliki oleh wanita. Wanita juga ternyata menyumbang SDM 45% di sektor pariwisata Arab Saudi.

Yang Mulia Putri Haifa Bint Mohammed Al Saud saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pariwisata. Tidak hanya itu, platform sewa liburan Arab Saudi, Gathern, didirikan oleh seorang wanita Saudi. 

Berbagai karya seni juga lahir dari wanita yang menempatkan seni Arab Saudi di peta internasional. Seniman wanita Safeya Binzagr berpartisipasi di ajang Biennale Seni Kontemporer Diriyah Riyadh. Perlu diketahui, Safeya adalah satu-satunya seniman wanita di Saudi yang memiliki museum sendiri. Ada juga seniman Dana Awartani yang ahli dalam geometri, kerajinan ubin, dan parket, merupakan nominator untuk Penghargaan Seni Richard Mille yang prestisius.

6. Menjadi tuan rumah bagi 7 Situs Warisan Dunia UNESCO

Arab Saudi adalah rumah bagi lebih dari 10.000 situs arkeologi dan tujuh situs Warisan Dunia UNESCO. Antara lain, Uruq Bani Ma’arid (2023); Area Budaya Ḥimā (2021); Oase Al-Ahsa (2018); Seni Batu di Wilayah Hail (2015); Jeddah Bersejarah, Gerbang ke Makkah (2014); Distrik At-Turaif di ad-Dir'iyah (2010); Situs Arkeologi Hegra (al-Hijr / Madā 'in Ṣāliḥ) (2008).

7. Mendukung kesehatan para pengunjung

Lanskap alam Saudi yang menakjubkan menjadi destinasi yang baik untuk pemulihan. Bayangkan perairan yang masih asli, pengunungan hijau subur, oasis, padang pasir berbukit-bukit dan asupan vitamin D yang berlimpah sebagai tanda berakhirnya musim dingin. 

Pengunjung bisa menikmati pengalaman unik mulai dari yoga di situs warisan dunia UNESCO, AlUla; menikmati mata air panas di Al-Ahsa, oase padang pasir terbesar di dunia, sekaligus menikmati perawatan spa mewah khas Arab Saudi.

8. Destinasi para penyelam

Arab Saudi mengklaim sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia, dengan kualitas air yang jernih, pantai berpasir putih, keindahan terumbu karang, dan bahkan untuk melihat peninggalan kapal karam. Para perenang dan penyelam dapat menikmati air hangat sepanjang tahun. Wilayah Laut Merah memiliki iklim yang cerah, dan suhu tetap di atas 21° C.

9.  Keramahan warga

Arab Saudi mengklaim, keramahan adalah nilai tertinggi dan bagian integral dari budaya. Orang-orang Saudi memiliki sifat baik terutama terhadap wisatawan.

10. Surga Destinasi Belanja

Distrik Al Balad di Jeddah adalah situs Warisan Dunia UNESCO berasal dari abad ke-7. Arsitektur megahnya bisa membuat Anda merasa seolah-olah Anda telah kembali ke masa lalu. Di sepanjang jalan ini, Anda bisa menemukan banyak hal untuk dibeli, mulai dari rempah-rempah, perhiasan, produk tekstil, dan parfum. 

Meskipun kios-kios berjajar di jalan-jalan sempit, terdapat sejumlah tempat menarik yang patut dikunjungi, seperti Pasar Emas Al Balad  atau toko buku Our Days of Bliss berpanel kayu, di mana Anda bisa menemukan karya-karya lokal berbahasa Arab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News