Bugar

Yoga untuk Mengatasi Stres, Simak Rekomendasi Pose dan Tips Melakukannya

Yoga untuk Mengatasi Stres, Simak Rekomendasi Pose dan Tips Melakukannya

MOMSMONEY.ID - Stres dapat dengan mudah mengakumulasi dan mempengaruhi kesehatan mental serta fisik kita. Yoga menawarkan solusi alami untuk meredakan stres. MomsMoney akan mengulas terkait manfaat yoga untuk mengatasi stres serta rekomendasi beberapa pose dan tips yang bisa Anda coba. Simak, ya!

Kata Peneliti Tentang Yoga untuk Mengatasi Stres

Melansir dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa yoga adalah metode yang efektif untuk mengurangi stres.

Sebuah studi pada tahun 2018 menemukan bahwa wanita yang melakukan Hatha yoga tiga kali seminggu selama empat minggu mengalami penurunan signifikan dalam tingkat stres, depresi, dan kecemasan setelah 12 sesi.

Studi lain pada tahun 2020 menunjukkan bahwa peregangan yoga dapat menurunkan kadar kortisol—hormon stres—dan memiliki efek menguntungkan pada aktivitas saraf parasimpatis yang mendorong relaksasi.

Penelitian yang sama juga menemukan bahwa meditasi yoga nidra yang dilakukan selama 11 menit setiap hari selama 30 hari dapat mengurangi stres dan memperbaiki kualitas tidur. Manfaat ini bertahan hingga enam minggu setelah latihan berakhir.

Baca Juga: Untuk Menurunkan Berat Badan, Lebih Bagus Berjalan atau Berlari?

Rekomendasi Pose Yoga untuk Mengatasi Stres

Berikut ini adalah beberapa pose yoga yang dapat membantu menghilangkan stres:

1. Marjaryasana ke Bitilasana

Pose ini menghubungkan napas dengan gerakan, menenangkan pikiran dan melepaskan stres. Mulai dari posisi merangkak dengan pergelangan tangan di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul.

Saat menarik napas, angkat kepala dan punggung bawah menuju lantai (cow pose), dan saat menghembuskan napas, bulatkan tulang belakang ke atas, menarik dagu ke dada (cat pose).

2. Balasana

Pose ini sangat baik untuk relaksasi mendalam. Dari posisi berlutut, duduk kembali pada tumit dan bungkukkan tubuh ke depan dengan dahi menyentuh matras.

Lengan bisa direntangkan ke depan atau diletakkan di samping tubuh. Pose ini membantu meredakan ketegangan di punggung, bahu, dan leher.

Baca Juga: Mau Cepat Kurus? Ini 9 Olahraga Pembakar Kalori Paling Banyak

3. Viparita Karani

Pose ini memberikan relaksasi mendalam dan meningkatkan sirkulasi. Duduk berdekatan dengan dinding, berbaringlah dan letakkan kaki Anda lurus ke atas dinding. Biarkan pinggul sedikit terangkat atau rata di lantai. Tangan bisa diletakkan di samping tubuh atau di atas perut.

4. Savasana

Ini adalah pose penutup yang ideal untuk sesi yoga yang memungkinkan relaksasi total. Berbaring telentang, biarkan kaki dan tangan terbuka secara alami, dan fokus pada napas dalam saat Anda merilis setiap ketegangan di tubuh.

Selama sesi yoga, mungkin muncul pikiran negatif. Melatih kesadaran, penerimaan, dan pemisahan diri dari pikiran ini dapat membantu Anda membentuk pola pikir yang lebih positif serta mengurangi dampak pikiran negatif terhadap Anda.

Baca Juga: Khasiat Air Kelapa untuk Diet, Intip Cara Konsumsinya!

Pertimbangkan untuk memberikan lebih banyak waktu untuk diri sendiri, mengadopsi diet sehat, atau menghabiskan waktu di alam untuk mendukung kesehatan mental dan fisik Anda.

Itulah ulasan lengkap terkait manfaat yoga untuk mengatasi stres serta rekomendasi pose dan tipsnya. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Surya Semesta (SSIA) Kasih Penjelasan ke BEI Perihal Pengalihan 55,8 Juta Saham

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News