Keluarga

Waktunya Masuk Sekolah, Ketahui 6 Cara Mengatasi Post Holiday Blues pada Pelajar

Waktunya Masuk Sekolah, Ketahui 6 Cara Mengatasi Post Holiday Blues pada Pelajar

MOMSMONEY.ID - Simak, berikut ini cara mengatasi Post Holiday Blues pada pelajar.

Post Holiday Blues adalah sebuah sindrom yang terkadang dirasakan oleh sebagian orang dengan gejala sedih hingga malas akibat momen liburan berakhir.

Tak hanya dirasakan oleh orang dewasa, ternyata anak-anak sekolah pun dapat merasakan sindrom Post Holiday Blues, lo.

Beberapa gejala yang biasanya dialami mulai dari perasaan malas, tak bersemangat, gelisah, sedih, merasa stres, sulit tidur, hingga sakit kepala.

Melansir dari Sehat Aqua, dampak dari Post Holiday Blues ini bisa berakibat buruk pada produktivitas.

Meskipun begitu, ada beberapa cara atasi Post Holiday Blues yang dirasakan oleh anak-anak. untuk mengetahuinya, simak artikel berikut, mengutip dari PsychCentral, Motherly, Parent.com.

Baca Juga: Promo Gokana Terbaru 2023, Kotak Bekal Let’s Go Box Murah Bisa Dibawa Pulang

Terapkan penjadwalan

Anak sekolah makan

Moms dapat melakukan kesepakatan bersama anak dengan menerapkan penjadwalan rutin berbagai kegiatan yang wajib dilakukan. Cara ini cukup ampuh untuk atasi Post Holiday Blues yang mendera anak.

Salah satu kegiatan yang wajib diberi jadwal secara rutin ialah waktu tidur, bangun, hingga makan anak. Moms juga dapat menjadwalkan waktu mengerjakan PR pada anak agar anak tak kewalahan menghadapi kegiatan sekolah.

Lakukan komunikasi lisan

Melakukan komunikasi lisan (bukan tulisan) merupakan salah satu cara atasi Post Holiday Blues. Berkomunikasi secara lisan dapat membantu memulihkan energi anak yang sempat hilang saat akan memulai hari baru, seperti belajar di sekolah.

Saat melakukan komunikasi lisan, Moms bisa mencegah anak mengeluh. Alih-alih mengeluh, Moms bisa membahas momen terbaik saat liburan agar anak merasa lebih bersemangat.

Baca Juga: Dijamin BPA Free, Ikuti 5 Cara Pilih Kotak Bekal yang Aman untuk Anak

Lakukan quality time

Ajak anak melakukan kegiatan berkualitas bersama keluarga untuk atasi Post Holiday Blues yang dirasakan anak-anak.

Sederet kegiatan yang dapat dilakukan seperti makan bersama sambil bercanda, membaca buku bersama, berjalan-jalan bersama, serta menciptakan aneka momen bersama keluarga.

Jadikan momen ini terasa sakral dengan mematikan gadget agar anak bisa lebih dekat dengan keluarga.

Lakukan perawatan diri

Moms bisa membantu anak untuk merawat dirinya sendiri, memprioritaskan kebutuhan sehari-hari yang membuat anak merasa lebih rileks dalam menjalankan aktivitas.

Coba ajarkan anak beberapa hal seperti berolahraga ringan, minum cukup air, tidur yang nyenyak, hingga melakukan interaksi kepada banyak orang untuk membangun kontak sosial.

Cara-cara di atas dapat Moms terapkan pada anak untuk atasi Post Holiday Blues yang mendera anak di masa awal sekolah seperti saat ini.

Baca Juga: Musim Sekolah Tiba, Ikuti 5 Cara Agar Anak Tak Jajan Sembarangan Saat di Sekolah

Ajarkan anak bahwa rasa malas akan menghilang

Apabila perasaan sedih, gelisah, dan malas dirasakan oleh anak selama beberapa hari di masa sekolah seperti saat ini, Moms bisa ajak anak untuk bicara empat mata.

Katakan pada anak bahwa perasaan malas dan sedih ini hanya datang sementara. Ajarkan anak untuk mengetahui jika yang ia alami juga dialami oleh sebagian anak lainnya.

Dengan cara seperti ini, anak akan lebih mudah mengatasi Post Holiday Blues yang tak ia sadari.

Baca Juga: Kreasi Bento Lucu Ini Bisa Dicoba untuk Bekal Sekolah Anak

Kembali ke rutinitas sekolah

Anak sekolah

Setelah libur panjang kenaikan kelas, wajar terjadi apabila anak akan merasa malas saat kembali harus bersekolah. Tapi tak apa-apa, Moms dapat ajak anak lakukan rutinitas sekolah sedikit demi sedikit.

Moms bisa menugaskan anak beberapa hal seperti membuat pekerjaan rumah, hingga melakukan permainan edukatif untuk merangsang otak anak agar kembali aktif dan siap belajar di sekolah.

Itulah sederet cara mengatasi Post Holiday Blues yang tak disadari dirasakan anak sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News