AturUang

Tahukah Anda Menggunakan Paylater Ternyata Mempengaruhi Skor Kredit Lo!

Tahukah Anda Menggunakan Paylater Ternyata Mempengaruhi Skor Kredit Lo!

MOMSMONEY.ID - Yuk simak cara bijak menggunakan paylater supaya skor kredit tetap bagus!

Saat ini banyak aplikasi yang menawarkan fitur paylater alias fitur beli dulu bayar nanti. Selain menawarkan fitur, mereka juga banyak memberikan promo jika melakukan transaksi dengan metode pembayaran paylater. 

Melansir Sikapi Uangmu OJK, saat ini pinjaman paylater sudah masuk dalam pencatatan riwayat kredit dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK. Ini artinya aktivitas penggunaan paylater Moms bisa memengaruhi riwayat kredit. 

Baca Juga: Cara Mute Instagram Notes Orang Lain Tanpa Harus Unfollow

Lalu bagaimana cara skor kredit tetap bagus saat Anda sudah terlanjur menggunakan fitur paylater? Tentunya setiap utang yang Anda miliki harus dilunasi secara tepat waktu. 

Berikut cara bijak menggunakan paylater menurut OJK

Membuat rekap utang

Moms perlu membuat pencatatan yang rapi soal jumlah utang yang Anda miliki. Catatan ini termasuk informasi jumlah utang pokok, biaya administrasi, biaya bunga, biaya lainnya dan jatuh tempo pelunasan. Ini membantu Anda tidak lupa utang apa saja yang perlu dibayar dan bisa membayar tepat waktu serta tepat jumlah.

Atur keuangan Anda

Cara bijak saat sudah terlanjur menggunakan paylater adalah mengatur keuangan Anda agar tetap aman dan cukup untuk melunasi paylater dan memenuhi kebutuhan hidup. Usahakan agar utang Anda tidak lebih dari 30% total pendapatan. Moms juga bisa menambah penghasilan jika dibutuhkan. 

Baca Juga: Waspada, Ini 6 Makanan Penyebab Usus Buntu yang Perlu Dibatasi

Utamakan menggunakan tabungan atau menjual barang

Cara bijak selanjutnya untuk menggunakan paylater adalah di saat darurat lunasi utang dengan menggunakan tabungan yang Anda miliki atau jual aset yang Anda miliki untuk menghindari bunga yang terus berjalan. Jangan membuka utang baru untuk menutup utang lama ya Moms!

Gunakan skala prioritas

Saat Anda banyak memiliki tagihan paylater ini saatnya menggunakan skala prioritas. Pilih paylater yang memiliki tenggat waktu paling dekat dan bunga paling besar untuk segera dilunasi. 

Demikian cara bijak menggunakan fitur paylater menurut OJK. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News