HOME, Keluarga

Rumah Makin Berantakan, Ini Kesalahan Decluttering yang Wajib Dihindari!

Rumah Makin Berantakan, Ini Kesalahan Decluttering yang Wajib Dihindari!

MOMSMONEY.ID - Decluttering merupakan salah satu istilah yang mulai banyak dikenal seiring dengan kepopuleran gaya hidup minimalis. Pernahkah Anda mendengar istilah ini?

Dikutip dari laman Waste4Change, decluttering adalah kegiatan menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai dan tidak berguna (clutter) yang memenuhi rumah kita.

Jadi, tidak hanya untuk merapikan rumah, decluttering juga membantu Anda menciptakan tampilan rumah yang lebih lega dan bersih dari barang-barang tidak terpakai.

Baca Juga: 4 Kesalahan Saat Menggunakan Produk Pembersih Rumah, Bisa Berbahaya!

Sekilas, melakukan decluttering mungkin terdengar mudah. Namun, pada kenyataannya, banyak orang yang melakukan beberapa kesalahan tertentu sehingga manfaat decluttering tidak bisa dirasakan dengan maksimal.

Kesalahan apa sajakah yang dimaksud? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Tidak memiliki rencana

Saat melakukan decluttering, beberapa orang kadang memulainya begitu saja tanpa perencanaan yang matang dan mendetail.

Dilansir dari Organized Living, hal ini justru akan membuat Anda merasa kewalahan dan kebingungan saat melakukan decluttering. Sebaiknya, buat perencanaan mengenai area mana saja yang perlu dibereskan terlebih dahulu supaya kegiatan decluttering lebih efisien dan tertata.

Tidak berkomitmen

Sebelum mulai melakukan decluttering, tanyakan pada diri sendiri apakah Anda siap untuk berkomitmen. Pasalnya, decluttering butuh waktu yang tidak sedikit.

Dengan memiliki komitmen, Anda akan merasa bertanggungjawab untuk menyelesaikan apa yang sudah Anda mulai. Jadi, apakah Anda siap kerepotan saat melakukan decluttering?

Baca Juga: Mudah Kotor, Ini 6 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Serba Putih

Menunda-nunda pekerjaan

Seperti hal lainnya, menunda-nunda saat melakukan decluttering malah akan semakin mengulur waktu, sehingga Anda butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan rumah yang bersih dan rapi.

Solusinya, Anda dapat memecah pekerjaan decluttering menjadi beberapa waktu. Sisihkan waktu-waktu tertentu dalam satu hari untuk melakukan decluttering, dan fokus melakukannya hingga selesai.

Baca Juga: Makin Rapi dan Bersih, Ini 4 Cara Melakukan Decluttering di Ruang Keluarga

Langsung memulai di banyak tempat sekaligus

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan orang-orang saat melakukan decluttering adalah langsung memulainya di banyak tempat sekaligus.

Melansir Houzz Australia, hal ini akan membuat Anda merasa kewalahan sehingga decluttering tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sebaiknya, mulai dari area yang kecil terlebih dahulu (misalnya laci meja), lalu lanjutkan ke area yang lebih besar jika sudah selesai.

Tidak menyingkirkan barang yang dipilah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tujuan utama decluttering adalah menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai di rumah. Sayangnya, banyak orang yang melupakan hal ini.

Ketika melakukan decluttering, bukannya menyingkirkan barang-barang yang sudah dipilah, tapi barang-barang tersebut justru hanya disimpan di tempat lain, misalnya di gudang.

Kesalahan tersebut akan membuat rumah Anda terasa makin sumpek dan berantakan, bukannya semakin lega. Selain itu, mungkin saja barang-barang tersebut kembali berceceran di dalam rumah. Jadi, pastikan Anda segera menyingkirkan barang yang tak terpakai dengan cara dibuang atau disumbangkan.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap terjadi saat melakukan decluttering. Yuk, hindari kesalahan tersebut supaya rumah Anda tidak berantakan lagi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News