Keluarga

Rekomendasi 6 Bumbu BBQ Korea, Rasa Daging Panggang Makin Beragam

Rekomendasi 6 Bumbu BBQ Korea, Rasa Daging Panggang Makin Beragam

MOMSMONEY.ID - BBQ Korea semakin terkenal di dunia kuliner Barat berkat aneka bumbu celupan yang menyuguhkan cita rasa beragam. Bumbu maupun saus celupan memang memegang posisi vital untuk menentukan kelezatan dari daging barbekyu yang dibuat.

Khusus untuk hidangan BBQ Korea, masyarakat Korea memang punya banyak akal untuk memadukan aneka bahan menjadi sebuah bumbu BBQ terbaik yang bisa dinikmati.

Apa sajakah bumbu BBQ Korea terbaik yang bisa Anda coba saat menyantap menu daging panggang tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya.

Gochujang

Gochujang merupakan salah satu jenis bumbu BBQ Korea terbaik yang bisa Anda coba, khususnya jika untuk penggemar berat makanan pedas.

Baca Juga: 5 Tips Mengiris Daging Super Tipis ala Koki Jepang, Cocok Bikin Shabu-shabu

Gochujang adalah bumbu berbentuk pasta yang merupakan campuran dari bahan fermentasi kedelai & beras ketan, ditambah dengan cabai dan garam, dikutip dari Spiceography.

Gochujang

Terdapat beberapa tingkat kepedasan untuk bumbu Gochujang. Ada yang ekstra pedas, ada pula klasik. Namun rata-rata bumbu BBQ Korea paling pas menggunakan Gochujang klasik.

Selain itu, gochujang juga merupakan bumbu paling terkenal dari Korea yang juga menjadi bumbu utama aneka makanan Korea lainnya seperti Tteokbokki, Bibimbap, hingga Nakji Bokkeum (gurita pedas).

Baca Juga: 8 Panduan Istilah Umum Makanan Korea yang Harus Anda Ketahui

Minyak wijen

My Korean Kitchen menyarankan bumbu campuran antara minyak wijen, garam, dan lada bubuk sebagai salah satu bumbu BBQ Korea terbaik yang bisa Anda coba.

Bumbu ini menawarkan rasa yang cukup lembut & tak setajam gochujang. Meski cukup berminyak, namun hasil campuran antara daging BBQ Korea dengan saus ini menghasilkan cita rasa gurih

Cara membuatnya cukup dengan menggabungkan 1 sendok teh (15 ml) minyak wijen, 1/8 sendok teh garam halus, dan 1/8 sendok teh lada hitam bubuk.

Baca Juga: Perbedaan Saus Tiram dan Saus Bumbu Rasa Tiram, Mana yang Lebih Enak?

Ssamjang

Bumbu BBQ Korea: Ssamjang

BBQ Korea tentu tak lengkap apabila tak menyuguhkan daun perilla untuk membungkus daging, serta saus celupannya. Nah, Ssamjang cocok melengkapi sajian ini.

Secara harfiah, Ssamjang (쌈장) berarti saus celup. Bumbu Ssamjang bisa dinikmati pedas maupun tidak, sesuai selera. Jika orang Korea menyebut “Ssamjang”, maka biasanya ini mengacu pada bumbu versi pedasnya.

Baca Juga: 4 Perbedaan Gochujang dan Gochugaru, Bumbu Pedas yang Hadir di Setiap Masakan Korea

Bahan umum pembuatan bumbu Ssamjang ialah pasta kedelai Korea (Doenjang), pasta cabai Korea (Gochujang), bawang putih cincang, bawang bombay cincang, daun bawang cincang, dan minyak wijen.

Kabar baiknya, bumbu BBQ Korea “Ssamjang” dapat dibeli di supermarket khusus yang menjual produk Korea.

Doenjang

Bumbu BBQ Korea: Doenjang

Baca Juga: Ada yang Beraroma Buah, Ini Dia 7 Jenis Sambal Unik yang Ada di Berbagai Negara

Bumbu Doenjang cukup mirip dengan pasta miso dalam masakan Jepang. Bumbu BBQ Korea yang satu ini dibuat dari kedelai yang difermentasi, sehingga rasa & aromanya cukup menyengat.

Uniknya, Doenjang menghadirkan cita rasa umami untuk berbagai hidangan, termasuk pada barbekyu Korea.

Bawang putih

Siapa sangka, bawang pputih si rempah sederhana memainkan peran penting dalam masakan BBQ Korea.

Bawang putih meninggalkan cita rasa gurih pada daging barbekyu ketika dipanggang. Rasa & aromanya juga dapat membuat daging jadi lebih nikmat daripada biasanya.

Baca Juga: 6 Jenis Rempah yang Sering Digunakan dalam Masakan China, Pedasnya Sangat Khas

Ganjang

Bumbu BBQ Korea: Ganjang (soy sauce)

Baca Juga: 6 Jenis Kimchi yang Paling Populer dan Disukai Masyarakat Korea

Ganjang (kecap khas Korea) merupakan salah satu bumbu BBQ Korea terbaik yang sangat cocok dijadikan celupan untuk daging sapi maupun daging babi.

Untuk membuat 2-3 porsi Ganjang, ada beberapa bahan yang bisa Anda tiru:

  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm air
  • 2 sdt gula putih
  • 1 sdt cuka putih
  • Bawang bombay, iris tipis
  • Setetes pasta wasabi

Anda hanya perlu mencampurkan kecap asin, gula, cuka, dan air hinga merata. Nantinya, daging barbekyu Korea akan dicelupkan ke dalam bumbu campuran tadi, lalu disantap bersama bawang bombay iris & sedikit wasabi.

Itulah sederet bumbu BBQ Korea terbaik yang bisa Anda coba.

Selanjutnya: Pengembangan PLTP di NTT Dinilai Berpotensi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News