Keluarga

Punya Rumah Kecil? Coba Lakukan 5 Saran Ahli ini untuk Bikin Rumah Terlihat Luas

Punya Rumah Kecil? Coba Lakukan 5 Saran Ahli ini untuk Bikin Rumah Terlihat Luas

MOMSMONEY.ID - Ingin punya rumah luas tapi tak punya biaya yang cukup? Tenang saja, Anda masih bisa menciptakan ilusi ruangan dengan mengikuti beberapa tips dan saran dari ahli.

Meski rumah yang Anda miliki sebenarnya kecil dan sempit, Anda tetap bisa menciptakan ilusi ruangan sehingga rumah terlihat lebih luas.

Ilusi ini dihadirkan dengan memainkan beberapa trik tipuan mata, mulai dari memilih warna hingga menyeleksi berbagai furnitur yang pas dengan konsep rumah Anda.

Coba ikuti saran dari ahli ini untuk bikin ruangan rumah yang sempit jadi terlihat luas, yuk! Melansir dari laman Food 52 dan Remodelista, ini dia artikelnya!

Baca Juga: 5 Teknik Dasar Memasak ala Prancis yang Bisa Moms Tiru di Rumah

Gunakan sedikit barang

Ruangan Sempit Terlihat Luas

Untuk membuat ruangan rumah yang sempit jadi terlihat luas bisa dilakukan dengan merapikan semua barang dan perabotan yang ada.

Merapikan perabotan adalah cara termudah dan tercepat yang bisa membuat ruangan terlihat lebih besar. Konsepnya, semakin sedikit barang, semakin ruangan terlihat luas. Sementara jika barang dan perabotan semakin banyak, maka ruangan terlihat semakin sempit.

Baca Juga: Promo 9.9 KFC Spesial HUT Colonel Sanders, Ada KFC Bucket Isi 10 Ayam Khusus 1 Hari

Permainan warna

Dekoruma

Trik warna juga bisa mempermainkan mata dan memberi ilusi rumah yang kecil bisa terlihat luas.

Cobalah untuk menyamakan warna cat dinding dengan warna langit-langit rumah. Ini akan memberikan efek ruangan yang terasa lebih luas.

“Ini memberi ilusi lebih banyak ruang, karena mata tidak berhenti di langit-langit yang memiliki warna berbeda, terutama jika warna dinding gelap sementara langit-langitnya berwarna terang/putih,” ucap Shavonda Gardner, seorang blogger desainer di Sacramento, California.

Warna dinding gelap dengan warna langit-langit yang terang hanya akan membuat ruangan terlihat sempit.

Baca Juga: Cerita Unik di Balik 5 Makanan Populer Asal Italia, Begini Kisahnya!

Pilih perabot rendah

Ruangan Sempit Terlihat Luas

Jika Anda memiliki rumah yang sempit dengan langit-langit rendah, ada baiknya pilih juga perabot/furnitur yang rendah.

Perabot seperti kursi & meja yang rendah hingga kasur yang menempel di lantai akan menyisakan ruang yang cukup luas pada dinding di bagian atasnya. Ini akan menghasilkan ilusi ruangan yang luas meski sebenarnya ruangan kecil.

Hindari perabot penuh seperti lemari besar yang menutupi bagian atas dinding karena hanya akan membuat ruangan terasa lebih sempit dan pendek.

Baca Juga: 8 Panduan Istilah Umum Makanan Korea yang Harus Anda Ketahui

Furnitur ramping & berkaki

Ruangan Sempit Terlihat Luas

Jika tak mau memilih opsi perabot rendah seperti pada poin sebelumnya, Anda masih bisa mencoba opsi furnitur yang ramping & berkaki untuk membuat ruangan tampak lebih luas.

Furnitur yang ramping & berkaki memungkinkan cahaya dan udara mengalir dari atas dan bawah sehingga tampak ilusi melayang dan menciptakan ruangan yang lebih terbuka.

Contoh untuk furnitur berkaki ramping adalah kursi kupu-kupu.

Baca Juga: 7 Jenis Mie yang Paling Popular dan Digemari di Seluruh Dunia

Tambahkan cermin besar

Cermin difungsikan bukan hanya untuk memantulkan cahaya saja, tapi juga memantulkan pandangan sehingga menipu mata menciptakan lebih banyak ruang.

Namun berhati-hatilah untuk menempatkan cermin ini pada ruangan. Pastikan cermin memantulkan cahaya matahari agar terlihat luas, bukan memantulkan perabotan di sekitarnya sehingga memancarkan efek berantakan pada rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News