InvesYuk

Profit Taking Buat Harga Emas Spot Menurun dari Level Tertingginya

Profit Taking Buat Harga Emas Spot Menurun dari Level Tertingginya

MOMSMONEY.ID - Aksi profit taking terjadi dan menghentikan kenaikan harga emas yang sempat sentuh level tertinggi. 

Harga emas sempat memecahkan rekor tertinggi sepanjang masa di US$ 2.450 per ons troi Senin (20/5). Mengutip riset Monex Investindo, Selasa (21/5), harga emas sempat menguat karena mendapat sentimen positif dari China yang menggelontorkan stimulus moneter senilai 1 triliun yuan. 

Selain itu, jatuhnya helikopter dan menewaskan Presiden Iran juga mendorong kenaikan harga emas, sebab ada kekhawatiran akan meningkatkan konflik di Timur Tengah. 

Namun, harga emas spot kembali menurun. Mengutip Bloomberg, Selasa (21/5), harga emas spot turun 0,46% ke US$ 2.414 per ons troi. 

Monex mengatakan penurunan tersebut terjadi akibat aksi profit taking. Apalagi, kemarin anggota dewan gubernur The Fed, Michael Barr mengatakan masih belum yakin untuk memangkas suku bunga saat ini, sebab data inflasi masih mengecewakan.

Fed Barr merupakan salah satu pejabat The Fed yang dianggap dovish, komentarnya yang masih belum yakin suku bunga akan diturunkan memberikan tekanan bagi emas dan masih akan terasa pada perdagangan sesi Eropa.

Secara teknikal Monex memproyeksikan emas sedang tertekan dan harga berpotensi tembus ke bawah US$ 2.400 per ons troi. 

Referensi Teknikal : Sell selama di bawah 2.430

  • Resistance 1 : 2.430
  • Resistance 2 : 2.444
  • Support 1 : 2.394
  • Support 2 : 2.380

Baca Juga: Harga Emas Spot Konsolidasi di Dekat Rekor Tertinggi, Ini Penyokongnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News