Santai

Permainan Edukatif Bisa Tingkatkan Kreativitas Anak PAUD

Permainan Edukatif Bisa Tingkatkan Kreativitas Anak PAUD

 MOMSMONEY.ID - Permainan menjadi elemen yang penting di sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD), Kelompok Bermain (KB) hingga Taman Kanak-Kanak (TK). Makanya setiap sekolah sudah seharusnya menyiapkan permainan edukatif untuk menjunjung kreativitas anak. 

Firman Ramdhani,psikolog klinis dari Brawijaya Hospital Duren Tiga mengatakan pendidikan Anak Usia Dini atau yang lebih dikenal dengan istilah PAUD sangatlah penting. Karena masa awal kehidupan seorang anak merupakan periode yang sangat kritis dalam perkembangan otak dan kecerdasannya.

"Untuk itu dibutuhkan tidak hanya metode pembelajaran yang tepat, namun juga alat-alat penunjang lainnya, seperti Alat Permainan Edukatif," kata Firman. 

Baca Juga: 6 Cara Membantu Mengatasi Speech Delay pada Anak, Batasi Penggunaan Gadget

Firman mengatakan permainan edukatif bentuknya beragam. Yang pasti harus disesuaikan dengan usianya. Saran Firman : lihat bungkusnya, biasanya ada usia yang tertera misalnya untuk anak usia tiga tahun. 

"Biasanya kalau untuk anak di bawah tiga tahun yang warna warni dan terstimulasi sensori," ungkap Firman. 

Akan tetapi, anak sebaiknya jangan diberi permainan yang solitaire atau yang dimainkan sendiri. Perlu pendampingan agar anak tidak bosan. Dari pengamatan Firman, biasanya anak yang bermain ditemani perkembangan otaknya akan lebih aktif dibandingkan dengan bermain sendirian.

Alasan inilah yang mendorong Toys Kingdom menghadirkan program Toys for Kids. Adapun program ini mengajak pelanggannya menghadiahkan mainan kepada anak yang membutuhkan.  Program ini sudah ada sejak 2016 silam. 

Baca Juga: Apa Itu Motorik Kasar dan Halus? Ini Pengertian, Perbedaan, dan Fungsinya

"Biasanya program ini dihadirkan di akhir tahun. Yang mana paling banyak kiriman berasal dari Jabodetabek, karena memang toko Toys Kingdom kami banyak di daerah ini," ujar Ellen Widodo, General Manager Marketing Communication Toys Kingdom, pada acara Talk Show Membangun Kecerdasan Anak Melalui mainan di Toys Kingdom, Neo Soho, Jakarta. 

Baru-baru ini pun Toys for Kids memberikan dukungan berupa 1000 mainan lebih di 16 PAUD di Kabupaten Malaka. Hal ini sebagai wujud mengembangkan kecerdasan anak khususnya yang menempuh pendidikan usia dini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News