Santai

Perkuat Posisi Sinema Indonesia, Delegasi Indonesia Hadiri Cannes Film Festival 2024

Perkuat Posisi Sinema Indonesia, Delegasi Indonesia Hadiri Cannes Film Festival 2024

MOMSMONEY.ID - Delegasi Indonesia hadir di Cannes International Film Festival 2024. Mereka akan melakukan berbagai upaya untuk mengenalkan dan memperkuat posisi sinema Indonesia di panggung internasional.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (19/5), tahun ini, terdapat lima produser Indonesia yang masuk dalam Producers Under the Spotlight dalam program Producers Network Marché du Film (MdF) Cannes International Film Festival 2024.

Mereka adalah Yulia Evina Bhara(KawanKawan Media), Gita Fara (Cineria Films), Ifa Isfansyah (Forka Films), Mandy Marahimin (Talamedia), dan Muhammad Zaidy (Palari Films).

Producers Network adalah program khusus untuk para produser, dan menjadi tempat pertemuan utama untuk melakukan koneksi, berkreasi, dan berkolaborasi.

Producers Under the Spotlight di Producers Network MdF ini menjadi showcase bagi kelima produser tersebut untuk mengenalkan rekam jejak karya yang telah mereka produksi ke pihak yang lebih luas di hadapan para pelaku film di internasional.

Pada 19 Mei pagi waktu Cannes, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi Republik Indonesia mempresentasikan lima produser dalam Producers Network Breakfast Meeting. Rangkaian pertemuan Producers Network berlangsung di Producers Club, yang berada di Lérins (Palais des Festivals).

Marché du Film pun akan berlangsung pada 14-22 Mei 2024, yang mana terdapat lebih dari 14.000 profesional industri film datang ke Cannes setiap tahunnya untuk mempresentasikan dan menemukan hampir 4.000 film dan proyek yang sedang dalam pengembangan di 33 tempat pemutaran film.

Baca Juga: Jangan Sembarangan! Simak Waktu Terbaik Memberi Pupuk Tanaman Hias

Tak hanya kelima produser tersebut, delegasi Indonesia juga diwakili oleh para produser dari rumah produksi Indonesia yang akan melakukan jejaring dengan pelaku film internasional di Producers Network di MdF.

Rumah produksi yang akan bergabung di MdF diantaranya adalah MD Pictures, Visinema Pictures, Miles Films, dan Rapi Films.

Delegasi Indonesia juga menghadirkan booth Indonesia, yang akan difungsikan untuk business match para produser Indonesia dan dari berbagai negara. Ini pun untuk memfasilitasi jejaring dengan pelaku film internasional dan mengenalkan sinema Indonesia di Cannes Film Festival 2024.

Delegasi Indonesia juga menghadirkan Indonesian Night yang akan digelar pada 20 Mei 2024 waktu setempat di Quinzaine Plage. Pada Indonesian Night, Delegasi Indonesia akan menjamu 300 tamu undangan kehormatan.

Adapun, terdapat film dokumenter ko-produksi Indonesia dan Filipina, “Oma” (Armin Septiexan, Lodimeda Kini dan Armi Rae Cacanindin) yang akan hadir di Cannes Docs. Dalam showcase ini, para pembuat film akan mempresentasikan film yang telah diproduksi dan presentasi di depan para tamu industri film internasional.

Film Terbaik FFI 2023 dan peraih empat Piala Citra, “Women from Rote Island” produksi Bintang Cahaya Sinema juga akan melakukan pemutaran selama masa MdF di Cannes Film Festival 2024.

Di MdF, Bintang Cahaya Sinema akan membuka booth dan membawa tujuh film mereka untuk dipasarkan di MdF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News