AturUang

Moms, Bantu Anak Mencapai Kondisi Keuangan yang Sehat Sejak Dini yuk

Moms, Bantu Anak Mencapai Kondisi Keuangan yang Sehat Sejak Dini yuk

MOMSMONEY.ID - Bukan sekadar membiayai kebutuhan anak-anak saja, sebagai orang tua juga perlu membantu anak meraih kondisi keuangan yang sehat. 

Fennicia Auliantika, perencana keuangan Oneshildt, berbagi soal cara mengajarkan anak soal mengatur keuangan agar kelak kondisi keuangan mereka sehat sekaligus bisa menikamti keenangan dan kenikmatan di luar kebutuhan hidup. 

Pertama, dengan mengajarkan anak prioritas hidup. Moms perlu mengajarkan soal yang mana yang harus didahulukan dan mana yang dapat dikesampingkan. 

Kedua, coba ajarkan megelola keuangan. Bisa dengan hal-hal sederhana seperti pertimbangan menggunakan uang jajan apakah untuk membeli makanan ketika lapar atau membeli barang yang diinginkan

Baca Juga: Ajarkan Anak Mengatur Keuangan agar Siap Mandiri Finansial

Ketiga, dengan melatih kebiasaan menabung agar anak terbiasa bersikap bijak untuk membeli sesuatu.

"Sehingga, di kemudian hari terlatih menabung dahulu dan tidak berutang dalam membeli barang atau kegiatan yang bersifat konsumtif," ungkap Fennicia. 

Keempat, membuat usaha atau kegiatan kreatif seperti berdagang untuk mencari uang dalam memenuhi keinginan mereka atau membantu membersihkan rumah.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Hal ini mendorong mereka agar selalu berusaha memenuhi keinginan dengan hal yang positif dan tidak instan. Sehingga, nantinya tidak akan gampang untuk berutang

Fennnicia bilang, yang terpenting adalah mengajarkan rasa bersyukur atas apa yang dimiliki agar tidak berlebihan menginginkan sesuatu. 

"Serta orang tua juga harus dapat menjadi contoh bagi anak-anak bagaimana bersikap untuk memenuhi setiap keinginan," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News