Bugar

Lakukan 4 Cara Ini untuk Menghilangkan Ketombe Kering

Lakukan 4 Cara Ini untuk Menghilangkan Ketombe Kering

MOMSMONEY.ID - Kulit kepala terasa gatal dan bau? Mulai rawat kulit kepala dan rambut Anda dengan tepat. Ketombe kering atau basah, sama-sama bisa mengganggu aktivitas Anda seharian. Munculnya ketombe bisa disebabkan oleh panas, stres, keringat dan infeksi jamur. 

Segera untuk menghilangkan ketombe dengan beberapa rangkaian perawatan berikut ini. Melansir dari headandshoulders.co.id, simak penjelasannya ya. 

1. Rutin Menyisir Rambut 

Cara pertama menghilangkan ketombe adalah dengan rutin menyisir rambut. Ini bisa mengurangi resiko ketombe dan membantu pengelupasan kulit kepala secara alami, serta membantu peredaran darah di kepala. Coba sisir rambut Anda sebelum keramas untuk membantu efektivitas shampo anti-ketombe Anda.

2. Menggunakan Shampo yang Tepat

Selanjutnya, pastikan Anda memakai produk shampo yang tepat untuk mengurangi ketombe. Banyak shampo anti-ketombe memiliki berbagai zat aktif untuk mengatasi masalah ketombe, seperti : 

  • Shampo berbasis Tar : Kandungan tar memperpanjang umur kulit kepala sebelum terkelupas dan menjadi ketombe.
  • Salicylic acid : Membantu mengatasi lapisan kulit kepala yang berminyak
  • Selenium sulfide : Mengandung zat anti jamur. Gunakan produk ini hanya sesuai petunjuk dan pastikan untuk selalu bilas hingga bersih.
  • Ketoconazole : Mengandung zat anti jamur di kulit kepala.

Baca Juga: Promo Spesial HUT Mandiri ke 24, Diskon Hotel & Tiket Pesawat PegiPegi Rp 2,4 Juta

3. Rutin Keramas Hingga Kulit Kepala

Cara menghilangkan ketombe kering berikutnya adalah rutin keramas hingga kulit kepala. Jika kulit kepala Anda berminyak, Anda harus keramas setiap hari, dengan shampo anti-ketombe yang efektif dan juga lembut. Cara mengatasi ketombe, tidak ada yang namanya keramas yang terlalu sering. Semakin sering semakin baik.

Kemudian,  Shampo Anti-Ketombe juga bekerja dengan maksimal saat bersentuhan langsung dengan kulit kepala, tidak hanya dengan rambut. Coba pijat perlahan kulit kepala saat keramas dan setelah selesai, bilas dengan air hangat.

4. Lakukan Pola Sehat Pada Rambut

Ada beberapa poin penting lainnya yang harus Anda perhatikan saat merawat rambut berketombe. Pertama, kelola stres Anda dengan benar. Hal ini karena semakin Anda sering stress, hormon Anda akan tidak terkendali dan bisa memicu timbulnya ketombe.

Kemudian, konsumsi makanan sehat. Makanan yang kaya zinc, vitamin B, dan lemak yang baik akan membantu mencegah ketombe. Terakhir, Batasi penggunaan berbagai alat dan produk perawatan rambut yang bisa membuat kondisi kulit kepala tidak sehat, yang akhirnya bisa menyebabkan ketombe dari kulit kepala yang kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News