Bugar

Konsumsi Labu Kuning untuk Diabetes yuk, Ada 6 Manfaat Menakjubkan

Konsumsi Labu Kuning untuk Diabetes yuk, Ada 6 Manfaat Menakjubkan

MOMSMONEY.ID - Menu makanan sehat, intip manfaat labu kuning untuk diabetes di sini, yuk. Tak banyak yang tahu, lo.

Labu kuning adalah salah satu makanan super yang sering direkomendasikan untuk penderita diabetes.

Kaya akan nutrisi dan rendah kalori, labu kuning menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang dapat membantu mengelola dan bahkan mencegah komplikasi diabetes.

Momsmoney akan mengulas lebih dalam terkait manfaat labu kuning untuk diabetes.

Menyadur dari laman Dokter Sehat, berikut adalah enam manfaat menakjubkan dari konsumsi labu kuning untuk diabetes:

1. Mengontrol kadar gula darah

Labu kuning merupakan sumber yang baik dari vitamin A yang esensial dalam pengaturan gula darah. Dengan indeks glikemik yang rendah, konsumsi labu kuning secara moderat tidak menyebabkan lonjakan gula darah tiba-tiba.

Serat di dalam labu kuning juga membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam darah.

Baca Juga: Khasiat Daun Sirih Cina untuk Asam Lambung, Simak 13 Manfaatnya untuk Kesehatan

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Mengonsumsi makanan kaya beta-karoten seperti labu kuning dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini membantu dalam pengaturan gula darah dan distribusi lemak. Serat dalam labu juga membantu mencegah lonjakan gula darah setelah makan karbohidrat.

3. Mengurangi stres oksidatif

Penurunan produksi insulin pada penderita diabetes dapat mempengaruhi metabolisme lemak, karbohidrat, dan protein, yang menyebabkan stres oksidatif dan gangguan metabolik. Labu kuning, dengan kandungan antioksidannya, dapat membantu tubuh melawan stres oksidatif.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Apa Saja?

4. Mendukung kesehatan pencernaan

Penderita diabetes seringkali menghadapi masalah pencernaan dan gangguan lambung. Labu kuning dapat membantu mengurangi masalah pencernaan ini. Buah ini juga melambatkan penyerapan gula ke dalam darah.

5. Memelihara kesehatan mata

Kaya akan vitamin A, labu kuning juga mendukung kesehatan mata dan membantu mencegah kondisi seperti rabun senja, katarak, dan degenerasi makula, yang sering terjadi pada pasien diabetes jangka panjang.

Baca Juga: Pisang untuk Diabetes, Boleh Dikonsumsi atau Tidak ya? Cek Jawabannya di Sini

6. Perlindungan terhadap kerusakan pembuluh darah

Vitamin C dalam labu kuning membantu mencegah kerusakan pembuluh darah yang disebabkan oleh tingginya kadar glukosa pada diabetes tipe 2. Labu kuning juga mendukung perlambatan kerusakan insulin yang berlebihan.

Labu kuning bisa dinikmati dengan berbagai cara. Bisa dihaluskan menjadi sup, dipanggang sebagai camilan, atau dicampurkan ke dalam salad. Penting untuk memvariasikan pengolahan untuk mendapatkan manfaat maksimal tanpa menambahkan terlalu banyak kalori atau gula tambahan.

Demikianlah pembahasan terkait labu kuning untuk diabetes. Labu kuning adalah tambahan yang luar biasa dan bergizi untuk diet sehari-hari, terutama bagi mereka yang mengelola diabetes. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Pengendali Beli Lagi 7,3 Juta Saham Bumi Serpong Damai (BSDE)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News