Bugar

Jarang Diketahui, Tengok 9 Manfaat Kerang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Jarang Diketahui, Tengok 9 Manfaat Kerang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID. Simak khasiat dan manfaat kerang hijau untuk kesehatan tubuh. Pastikan Anda mengetahui kandungan gizi hewan laut yang mudah didapatkan di pasar maupun warung makan terdekat.

Kerang hijau (Mytilus edulis) merupakan sumber makanan laut yang kaya nutrisi dan dapat memberikan berbagai khasiat untuk kesehatan.

Kini makin mudah untuk masyarakat konsumsi kerang hijau dengan berbagai cara mengolahnya.

Bahkan, khasiat kerang hijau cukup banyak untuk tubuh asal dengan pengolahan yang baik dan sumber laut yang bersih.

Baca Juga: Cara Menurunkan Asam Urat dengan Alami, Cek Makanan yang Dilarang Penyakit Asam Urat

Manfaat kerang hijau untuk kesehatan

Kandungan gizi Kerang Hijau

Berikut adalah beberapa nutrisi dan manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kerang hijau:

  • Omega-3 Asam Lemak: Kerang hijau mengandung omega-3 asam lemak, yang dapat mendukung kesehatan jantung dan fungsi otak. Omega-3 memiliki efek antiinflamasi dan dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol.
  • Protein: Kerang hijau kaya akan protein, yang penting untuk pembentukan jaringan tubuh, pertumbuhan, dan fungsi yang optimal.
  • Selenium: Selenium adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Ini juga memiliki peran dalam fungsi tiroid yang sehat.
  • Vitamin B12: Vitamin B12 penting untuk fungsi sistem saraf, pembentukan sel darah merah, dan metabolisme energi.
  • Sumber Mineral: Kerang hijau mengandung mineral seperti fosfor, seng, magnesium, dan kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang, fungsi otot, dan berbagai proses metabolik lainnya.
  • Fiber: Walaupun tidak dalam jumlah besar, kerang hijau juga mengandung serat, yang penting untuk pencernaan yang sehat.
  • Zat Besi: Zat besi adalah komponen penting dalam produksi sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh.
  • Zat Antiinflamasi: Beberapa komponen dalam kerang hijau memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

Sayangnya, kerang hijau bisa saja mengandung merkuri dari laut. Meskipun sebagian besar ikan dan kerang mengandung merkuri, makan hingga 12 ons per minggu seharusnya tidak membahayakan kesehatan.

Tentu, ini tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil  dalam hal ini Anda harus menghindari kerang hijau dan olahannya. Selain itu, ada juga risiko reaksi alergi terhadap kerang sering terjadi dan dapat mengancam kesehatan.

Di samping risiko tersebut, manfaat kerang hijau yang dikonsumsi dengan tidak berlebihan dan bersih cukup banyak untuk kesehatan.

Periksa manfaat kerang hijau untuk kesehatan dengan berbagai khasiat dilansir dari Medicine Net.

Baca Juga: 3 Makanan & Minuman yang Bisa Bikin Asam Urat Kumat Parah

Manfaat kerang hijau untuk kesehatan

1. Dapat mengurangi asma

Kerang hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang telah dipelajari efeknya pada kondisi seperti asma. Dalam sebuah penelitian, penderita asma yang mengonsumsi kerang hijau mengalami penurunan yang signifikan dalam peradangan saluran napas di siang hari.

2. Dapat meredakan gejala radang sendi

Sifat anti-inflamasi kerang hijau juga dapat membantu mengurangi peradangan sendi yang terkait dengan osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. 

Penelitian ungkap bahwa masyarakat di pantai Maori Selandia Baru yang pola makannya tinggi kerang hijau memiliki tingkat artritis yang lebih rendah.

3. Pemenuhan protein

Protein bertanggung jawab atas banyak fungsi sel dalam tubuh Anda, termasuk dukungan struktural, komunikasi seluler, dan kesehatan secara keseluruhan.

Sehingga, konsumsi makanan kaya protein seperti kerang hijau mendukung tubuh menyerap asam amino sebagai bahan pembangun nutrisi dari protein.

Dalam satu porsi cangkir remis mengandung hampir 18 gram protein, yaitu sekitar 30% dari kebutuhan harian rata-rata orang.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat Kerang hijau lainnya adalah kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk otak. Kerang jenis ini kaya akan asam docosahexaenoic (DHA) dan vitamin B12, dua nutrisi penting yang melindungi fungsi kognitif dan memori seiring bertambahnya usia.

Menurut penelitian, DHA sangat menunda penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. Satu porsi 3 ons kerang hijau juga memiliki 340% dari tunjangan diet yang direkomendasikan untuk vitamin B12, yang sangat penting untuk kesehatan otak dan saraf.

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Asam lemak omega-3 dalam kerang hijau juga berperan dalam meningkatkan aliran darah dan kekuatan dinding arteri, memungkinkan sirkulasi yang sehat ke organ dan otot penting.

6. Membantu mencegah anemia

Khasiat kerang hijau lainnya adalah sumber zat besi yang sangat baik. Tercatat, satu porsi 100 gram kerang yang dimasak mengandung lebih dari 100% jumlah harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa yang berusia lebih dari 50 tahun.

Besi memainkan peran penting dalam produksi protein pembawa oksigen hemoglobin dan mioglobin.

7. Melindungi kesehatan jantung

Menurut penelitian, konsentrasi tinggi asam lemak omega-3 yang ditemukan menjadi salah satu manfaat kerang hijau untuk melindungi kesehatan jantung.

Lemak tak jenuh ini memiliki khasiat yang mengurangi risiko kolesterol tinggi, detak jantung tidak teratur, serangan jantung, dan masalah jantung lainnya.

8. Memperkuat jaringan tubuh

Satu porsi kerang mengandung 30% dari dosis harian vitamin C yang dibutuhkan, yang penting untuk perkembangan jaringan, seperti tendon dan ligamen.

Vitamin C juga membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi apabila dapat terpenuhi dengan baik.

9. Sifat anti-penuaan

Terakhir, manfaat kerang hijau juga memenuhi kebutuhan mucopolysaccharides. Zat ini cenderung menurun seiring bertambahnya usia dan bertanggung jawab untuk membantu menjaga kulit tetap halus dan kenyal.

Cara mengolah kerang hijau dengan baik?

Jika Anda ingin memasak kerang hijau atau makanan laut lainnya dengan aman, berikut adalah beberapa langkah umum:

  • Bersihkan dengan Teliti: Pastikan Anda membersihkan kerang hijau secara teliti sebelum memasak. Buang kerang yang terbuka atau rusak sebelum dimasak.
  • Masak dengan Benar: Memasak makanan laut pada suhu yang tepat dan memastikan matangnya dengan baik dapat membantu membunuh bakteri dan mikroorganisme potensial.
  • Tidak berlebihan: Pastikan Anda memasak kerang hijau dengan bumbu yang sederhana agar tidak menambah kadar kolesterol.

Selalu konsultasikan ke dokter apabila memiliki pertanyaan atau kekhawatiran saat konsumsi kerang hijau.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat kerang hijau untuk kesehatan tubuh beserta kandungan gizi yang wajib diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News