HOME, Keluarga

Ide Desain Dapur Minimalis Bernuansa Monokrom yang Elegan dan Cantik

Ide Desain Dapur Minimalis Bernuansa Monokrom yang Elegan dan Cantik

MOMSMONEY.ID - Dapur merupakan salah satu area di dalam rumah yang banyak didesain dengan gaya minimalis. Pasalnya, penataan dapur yang minimalis memungkinkan penghuni rumah dapat bergerak dengan leluasa di dapur, khususnya ketika sedang memasak.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghadirkan kesan minimalis adalah dengan menggunakan perpaduan warna monokrom, seperti hitam, putih, dan abu-abu. Karena warna-warna yang digunakan bersifat simpel dan netral, kesan dapur yang sederhana dan minimalis pun dapat terasa.

Namun, Anda tidak bisa sembarangan memadukan warna-warna monokrom. Karena warna yang digunakan terbatas, perlu kecermatan tersendiri untuk mengombinasikan warna-warna monokrom sehingga perpaduan warnanya tetap nyaman dipandang.

Baca Juga: Tengok Referensi Dapur Minimalis dari 5 Akun Instagram Ini

Nah, berikut ada beberapa contoh desain dapur minimalis bernuansa monokrom. Walaupun menggunakan palet warna yang terbatas, dapur-dapur ini tidak terlihat membosankan. Justru dengan kombinasi warna yang tepat, dapur minimalis bernuansa monokrom bisa terlihat elegan dan cantik.

Lemari dan meja dapur hitam 

Dalam mendesain ruangan bernuansa monokrom, pada umumnya Anda akan disarankan untuk mengurangi penggunaan warna hitam untuk menghindari kesan ruangan yang gelap dan sumpek. Namun, Anda tidak harus selalu menggunakan saran tersebut sebagai patokan.

Contohnya seperti dapur monokrom di atas, di mana pemiliknya menggunakan warna hitam dengan tekstur matte pada seluruh permukaan lemari dan sisi-sisi meja dapur sehingga warna hitam terlihat dominan.

Untuk menyeimbangkannya, gunakan warna putih atau coklat muda pada permukaan dapur yang lain, seperti dinding, langit-langit, lantai, dan permukaan meja.

Pencahayaan yang maksimal 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PLUCK Kitchens (@pluckldn)

Jika Anda ingin menggunakan warna hitam pada sebagian besar permukaan dapur, trik lain yang dapat digunakan untuk menghindari kesan sumpek dan gelap adalah dengan memaksimalkan pencahayaan di dalam ruangan.

Pada gambar di atas, sang arsitek mendesain dapur dengan warna hitam yang mendominasi sebagian besar permukaan dapur, terutama lemari.

Pada bagian atap dapur, ada panel kaca atau skylight yang dapat membantu memaksimalkan pencahayaan alami, sehingga dapur monokrom yang didominasi warna hitam tetap terasa lapang dan cerah.

Baca Juga: Inspirasi Wallpaper Motif Bata yang Bikin Rumah Terlihat Rustic

Dapur kecil yang nyaman 

Dapur kecil dan area yang terbatas bukan menjadi halangan bagi Anda untuk bisa menghadirkan nuansa monokrom. Anda cukup menggunakan dominasi warna putih atau warna terang lainnya sehingga dapur terasa lega.

Contohnya seperti gambar di atas. Walaupun memiliki area yang terbatas, dapur tersebut tetap dapat menghadirkan nuansa monokrom yang minimalis.

Kuncinya, dapur tersebut menggunakan warna putih pada sebagian besar permukaan dapur, lalu ditambah warna cerah lain seperti warna coklat muda pada lantai dan kursi dapur. Warna hitam hanya muncul sebagai aksen pada pegangan lemari, laci, dan kap lampu.

Keramik motif bata yang simpel 

Dinding yang berwarna putih seringkali terkesan terlalu polos dan biasa saja. Supaya Anda tetap bisa menggunakan warna putih tanpa kesan datar dan polos di dapur bernuansa monokrom, coba gunakan motif yang simpel pada dinding dapur.

Gambar dapur di atas menggunakan keramik yang disusun menyerupai dinding bata. Jadi, walaupun didominasi warna putih, dinding dapur tetap terlihat menarik dengan motif bata.

Untuk menambah warna, gunakan warna coklat kayu dan warna hitam sebagai pelengkap kombinasi warna di dapur.

Itulah beberapa ide desain dapur minimalis bernuansa monokrom yang tetap terlihat elegan dan cantik. Bagaimana, desain dapur di atas tidak terlihat membosankan bukan? Adakah desain dapur yang menjadi favorit Anda?

Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda, ya!

Selanjutnya: Rekomendasi Toko Furniture Online Lokal, Cocok Untuk Rumah Minimalis!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News