HOME, Keluarga

Hati-Hati, Ini 3 Penyebab Dinding Rumah Menjadi Berjamur

Hati-Hati, Ini 3 Penyebab Dinding Rumah Menjadi Berjamur

MOMSMONEY.ID - Memiliki rumah yang bersih dan sehat tentu sudah menjadi impian semua orang. Sayangnya, ada saja hal-hal yang bisa menghalangi Anda untuk mewujudkan rumah sehat, seperti keberadaan jamur atau lumut di dinding rumah.

Selain membuat rumah terlihat kotor dan tidak enak dilihat, dinding rumah yang berjamur juga memiliki dampak yang cukup merugikan bagi kesehatan penghuninya.

Dilansir dari laman US Center for Disease Control (CDC), jamur dan lumut bisa mengakibatkan beberapa masalah kesehatan seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, hingga alergi. Bahkan, pada kasus-kasus tertentu, terpapar jamur dan lumut dapat memperparah asma, demam, dan sulit bernapas.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Jasa Bersih-Bersih Kasur, Tidur Makin Nyenyak dan Nyaman!

Supaya dinding rumah Anda terhindar dari kedatangan jamur, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memahami penyebab munculnya jamur di dinding. Dirangkum dari HomeSelfe, berikut penjelasannya.

Udara yang lembap

Kelembapan adalah penyebab utama hadirnya jamur dan lumut di dinding rumah Anda. Jadi, jika Anda tinggal di daerah yang memiliki kelembapan udara tinggi, maka dinding rumah akan semakin rentan terkena jamur dan lumut.

Solusinya, Anda bisa menggunakan dehumidifier atau alat pengurang kelembapan ruangan. Sebisa mungkin, hindari kelembapan yang berlebih di dalam rumah dengan beberapa cara berikut:

  • Pastikan pakaian yang dijemur telah kering sempurna sebelum dibawa masuk ke rumah
  • Kurangi penggunaan alat-alat yang dapat menghasilkan banyak uap, misalnya shower air panas
  • Buka pintu dan jendela lebar-lebar untuk memaksimalkan sirkulasi udara di dalam rumah

Baca Juga: Bikin Rumah Rapi, Ini 4 Alasan Anda Harus Punya Gudang di Rumah

Pengembunan di dinding rumah

Selain udara yang lembap, pengembunan di dinding rumah juga dapat menyebabkan jamur dan lumut.

Pengembunan ini biasanya terjadi secara alami di bagian luar rumah jika suhunya lebih rendah dibandingkan bagian dalam rumah. Jadi, udara yang berada di sekitar dinding luar rumah akan mengembun dan menempel di dinding.

Jika dibiarkan, embun tersebut bisa membuat dinding lembap dan menyebabkan tumbuhnya jamur dan lumut. Oleh karena itu, periksa bagian luar rumah Anda secara rutin untuk mengurangi potensi dinding yang berjamur.

Baca Juga: Hadirkan Energi Segar dan Positif, Ini Tips Menata Kamar Mandi ala Feng Shui

Kebocoran air

Kebocoran air merupakan penyebab dinding berjamur yang cukup umum terjadi. Kebocoran ini bisa terjadi melalui pipa air yang bocor, rembesan air hujan dari atap, dan masih banyak lagi.

Sama seperti poin sebelumnya, kebocoran air yang merembes ke dinding akan menyebabkan dinding menjadi lembap, sehingga berpotensi menimbulkan jamur dan lumut.

Jadi, untuk menghindari kebocoran ini, Anda perlu memeriksa pipa air, atap, dan bagian-bagian rumah lainnya secara teliti untuk memastikan tidak ada celah sehingga air tidak bisa merembes ke dinding rumah.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan dinding rumah berjamur. Yuk, segera periksa rumah Anda secara menyeluruh supaya terhindar dari jamur!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News