InvesYuk

Harga Emas Spot Turun Tipis, Dollar Lebih Stabil

Harga Emas Spot Turun Tipis, Dollar Lebih Stabil

MOMSMONEY.ID - Harga emas melemah tipis pada hari ini di tengah dollar yang stabil. Investor masih menantikan data inflasi AS, yang dapat memberikan petunjuk seberapa cepat Federal Reserve dapat memangkas suku bunga.

Mengacu data Bloomberg, pada perdagangan Selasa (28/5) pukul 16.10 WIB, harga emas spot dibanderol US$ 2.343,66 per troi ons, turun 7,31 poin atau 0,31% dibandingkan penutupan kemarin. Sesi kemarin, harga emas spot menanjak 1%.  

Kelvin Wong, analis pasar senior untuk Asia Pasifik di OANDA, melihat gambaran dollar yang sangat kuat didukung oleh perubahan sikap kebijakan moneter AS, di mana The Fed mulai mencari bukti untuk mulai menaikkan suku bunga alih-alih melakukan pelonggaran, bisa menjadi risiko besar. "Kita bisa melihat koreksi lebih lanjut pada emas spot," kata dia, mengutip Reuters, hari ini.

Hanya, dalam jangka pendek, menurut Wong, harga emas spot masih lebih condong ke sisi positif dibandingkan sisi negatif. Level US$ 2.310 merupakan support jangka pendek utama pada pekan ini.

Baca Juga: Harga Emas Spot Berpotensi Lanjut Menurun

Pasar menantikan indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) inti, ukuran inflasi pilihan The Fed, akan dirilis pada Jumat. Sebelumnya, risalah pertemuan The Fed yang dirilis minggu lalu, menunjukkan bahwa respons kebijakan bank sentral akan mempertahankan suku bunga acuan pada tingkat saat ini, namun juga mencerminkan diskusi mengenai kemungkinan kenaikan lebih lanjut.

Taruhan para pedagang mengindikasikan meningkatnya skeptisisme bahwa bank sentral AS akan menurunkan suku bunga lebih dari sekali pada 2024 ini. Ditaksir peluang penurunan suku bunga pada November sebesar 63%, menurut CME FedWatch Tool.

Emas dikenal sebagai lindung nilai inflasi, tapi, suku bunga yang lebih tinggi membuatnya kalah menarik sebab tidak memberikan imbal hasil.

Sedangkan, menurut analis teknikal Reuters, Wang Tao, emas spot mungkin menembus resistensi terdekat di US$ 2.357 per troi ons, dan naik menuju kisaran US$ 2.363-US$ 2.373 per troi ons.

Di dalam negeri, harga emas fisik Antam menguat pada hari ini. Mengutip logammulia.com, harga emas Antam pecahan 1 gram naik Rp 6.000 menjadi Rp 1,333 juta.

Dus, harga beli kembali atau buyback ikut naik Rp 6.000 ke level Rp 1,219 juta per gram. Ini adalah acuan harga apabila Anda menjual emas Antam pada hari ini. Namun, laju harga emas Antam rawan terjegal apabila harga emas spot pada sesi perdagangan hari ini ditutup melemah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News