Bugar

Gejala dan Cara Mengatasi Cedera Tulang dan Sendi

Gejala dan Cara Mengatasi Cedera Tulang dan Sendi

MOMSMONEY.ID - Sakit pada area tulang dan sendi bisa jadi karena Anda mengalami cedera. Perlu penanganan yang tepat agar tak sampai mengganggu aktivitas. 

Gejala cedera tulang dan sendi sebenarnya bervariasi tergantung pada tingkat keparahannya. Ricky Wibowo, Dokter Spesialis Ortophedi menyebutkan gejala tersebut bisa nyeri hebat atau nyeri tumpul pada area yang terkena cedera. Lantas, gejala lainnya bisa pembengkakan, kemerahan, atau memar di sekitar tulang atau sendi yang terluka.

Tak cuma itu, gejalanya bisa sampai membuat penderita esulitan atau ketidakmampuan untuk menggunakan anggota tubuh yang terkena cedera. Bahkan sebagain akan mengalami instabilitas sendi atau perubahan bentuk fisik pada area yang terkena.

Baca Juga: Bukan Cuma Baik Buat Kulit, Ini 4 Manfaat Kolagen Buat Kesehatan Tubuh

Untuk penangannya juga bervariasi tergantung dari tingkat keparahan. Ricky bilang yang utama adalah istirahat dan pemulihan. Pada cedera ringan, istirahat dan memberikan waktu bagi tubuh untuk pulih dapat menjadi langkah yang cukup. 

"Penggunaan perban atau alat bantu seperti tongkat atau penyangga mungkin juga diperlukan untuk membantu dalam pemulihan," imbuh Ricky. 

Disamping itu perlu dilakukan terapi fisik. Terapi fisik yang dimaksud meliputi latihan dan gerakan yang dirancang khusus untuk memperkuat otot dan menjaga fleksibilitas sendi. Menurut Ricky, cara ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan mengembalikan fungsi normal tulang dan sendi yang terluka.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Nangka untuk Kesehatan, Bisa Cegah Lonjakan Gula Darah

Jika memang tak tahan dengan sakitnya, obat pereda nyeri jadi cara untuk menahan rasa tersebut. Obat pereda nyeri seperti analgesik atau antiinflamasi nonsteroid (AINS) dapat direkomendasikan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Cara terarkhir adalah prosedur bedah. Dalam beberapa kasus cedera yang parah atau ketika metode pengobatan non-bedah tidak efektif, pembedahan mungkin diperlukan. 

"Prosedur ini dapat meliputi pemasangan pen, plat, atau prostesis untuk memperbaiki atau menggantikan tulang atau sendi yang rusak," jelas Ricky.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News